Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Trik Jitu Mengatasi Kejenuhan saat Bekerja dari Rumah

Trik Jitu Mengatasi Kejenuhan saat Bekerja dari Rumah

2021-06-21 12:24:51

Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Banyak orang harus membatasi rutnitas dan bekerja dari rumah (Working From Home atau WFH). Di satu sisi, bekerja dari rumah memang menyenangkan karena kamu tak perlu menghadapi kemacetan lalu lintas dan bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Namun di sisi lain, suasana rumah dapat membuatmu jenuh dan mengalami penurunan produktivitas.

Supaya fokus kerja dan produktivitasmu tidak terganggu, kamu harus mencari cara mengatasi kejenuhan bekerjaselama berada di rumah. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengembalikan semangat kerja yang hilang selama #DiRumahAja:

Video Call dengan Rekan-Rekan Kerja

Hal pertama yang mesti lakukan untuk mengatasi kejenuhan saat bekerja dari rumah adalah video call dengan rekan kerja. Video call akan membuat koordinasi dengan rekan-rekan kerja berlangsung lancar. Pekerjaanmu pun bisa selesai secara efektif dan tepat waktu. Di samping itu, kamu juga masih bisa bercanda dengan rekan kerja meskipun tidak sedang beraktivitas di kantor. Rekan-rekan kerja yang telah menjadi support system tentu membuatmu tetap bahagia saat menjalani rutinitas bekerja dari rumah.

Bermain Game Online

Rasa bosan dan kesepian saat bekerja dari rumah dapat diantisipasi dengan bermain game online. Apalagi bila kamu memang hobi bermain game online. Game online akan membuatmu terhubung dengan teman-teman di dunia maya. Kamu juga bisa menikmati aktivitas ini jika bermain bersama sahabat atau rekan-rekan kerja. Kecepatan internet yang memadai akan membuat aktivitas bermain game online jadi lancar dan menyenangkan.

Bersenang-senang dengan Para Sahabat

Waktu senggang selama bekerja dari rumah juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungi sahabat-sahabatmu. Sahabat yang melakukan rutinitas bekerja dari rumah pasti juga punya waktu senggang dan merasa penat dengan segala rutinitasnya. Jangan hanya bersenda gurau di group chat, ya. Kamu bisa menelepon sahabat atau berbagi cerita melalui video call agar suasana jadi lebih seru. Beraktivitas di rumah pun tak lagi membosankan jika kamu dapat menjalin silaturahmi dengan sahabat-sahabat. Kamu juga dapat merencanakan acara seru meskipun belum dapat bertemu langsung, contohnya pyjamas party dengan outfit yang keren dan kompak. Jangan lupa mengabadikan momen seru tersebut melalui screen capture, ya. 

Menghabiskan Banyak Waktu dengan Keluarga

Selama sibuk bekerja di luar rumah kamu pasti tak punya banyak waktu berkualitas bersama keluarga. Itulah sebabnya momen WFH mesti dimanfaatkan untuk menghabiskan banyak waktu dengan keluarga. Selain menjadi cara mengatasi kejenuhan bekerja, hubungan dengan seluruh anggota keluarga pasti semakin harmonis. Lakukanlah berbagai aktivitas menyenangkan bersama-sama, misalnya bermain board game, merawat hewan peliharaan, menonton TV, dan memasak bersama. Suasana rumah yang menyenangkan tentu turut mendukung semangat kerjamu selama beraktivitas dari rumah.

Meluangkan Waktu untuk Berolahraga

Bila kamu punya banyak waktu senggang di sela-sela kegiatan kerja, berarti tak ada alasan lagi untuk enggan berolahraga. Kamu tak harus melakukan olahraga berat supaya tetap bugar. Justru kamu harus memulai olahraga dengan intensitas ringan agar tubuhmu lebih mudah beradaptasi. Sekarang, banyak sekali tutorial olahraga ringan di Youtube yang dapat kamu coba. Olahraga ringan secara teratur di rumah sangat efektif meningkatkan daya tahan tubuh dan semangatmu. Bila sudah mulai rutin berolahraga, kamu juga bisa mencoba aneka olahraga permainan yang menyenangkan seperti futsal, badminton, atau basket. Namun, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat berolahraga di luar rumah.

Mencoba Aneka Resep Makanan Baru

Kalau selama ini kamu sering memesan makanan via ojek online, berarti sudah waktunya kamu mencoba berkreasi sendiri di dapur. Waktu luang selama bekerja dari rurmah harus dimanfaatkan untuk kegiatan bermanfaat, salah satunya adalah memasak sendiri. Kamu bisa mencari referensi resep makanan dan minuman yang istimewa dari internet. Supaya kamu tetap bugar selama WFH, berusahalah membuat resep makanan dan minuman yang sehat dan rendah kalori, ya. Jangan sampai kelebihan kalori membuat berat badanmu bertambah drastis saat #DiRumahAja. Tubuh harus tetap ideal agar kamu selalu bugar dan percaya diri.

Membaca Buku

Tak dapat dipungkiri kalau kesibukan kerja memang kerap membuatmu jadi tidak sempat membaca buku. Nah, momen WFH bisa dimanfaatkan untuk membaca buku-buku favoritmu yang belum tuntas. Kamu juga bisa memesan buku baru di toko online agar waktu senggang selama WFH jadi lebih bermanfaat. Cara mengatasi kejenuhan bekerja ini bukan cuma bikin kamu tak mudah merasa bosan tetapi juga baik untuk menambah wawasanmu. Bukan mustahil bila kamu memiliki kemampuan baru karena rajin membaca buku selama WFH.

Menikmati Me Time

Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti kamu jadi bisa bersantai dan punya banyak waktu senggang. Rutinitas kerja yang padat dan disertai distraksi di rumah malah bikin kamu penat dan kehilangan konsentrasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu harus pandai membagi waktu sehingga dapat menikmati me time. Gunakan waktu senggang selama beberapa jam untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Menjauh sejenak dari rutinitas kerja dan urusan keluarga akan membuatmu lebih rileks dan terbebas dari stres. Sehingga nanti kamu pun siap kembali melanjutkan aktivitas dengan penuh semangat.

Mengikuti Webinar, Training, atau Kursus Online

Waktu senggang selama bekerja dari rumah juga wajib digunakan untuk hal-hal bermanfaat. Salah satunya yaitu mengikuti webinar, training, atau kursus online. Cobalah mencari webinar, training, atau kursus online yang jadwalnya cocok dengan waktu luangmu. Sehingga kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru usai berpartisipasi dalam acara-acara bermanfaat tersebut. Alangkah lebih baik lagi bila kamu mengikuti event online yang disertai sertifikasi untuk menguji kompetensimu. Partisipasi dalam webinar, training, atau kursus online akan membuat wawasanmu bertambah sekaligus mendukung peningkatan kompetensi kerjamu. 

 

Beragam cara mengatasi kejenuhan bekerja bisa dilakukan secara lancar bila didukung koneksi internet berkecepatan tinggi. Jadi, pastikan kalau pulsamu cukup untuk membeli paket data internet sesuai kebutuhan. Sekarang, kamu tak perlu ke luar rumah untuk membeli pulsa jika kuota internetmu habis. Kamu bisa beli pulsa online melalui aplikasi BRImo secara praktis. 

Aplikasi BRImo tak sekadar bermanfaat untuk mengecek saldo dan melakukan transfer lho. Layanan mobile banking BRI ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan dan membeli pulsa. Caranya, login dulu di BRImo lalu pilih opsi Beli dan Bayar. Selanjutnya, pilih opsi Beli Pulsa lalu pilih sumber dana (kalau rekening BRI-mu lebih dari satu). Masukkan nomor HP yang akan diisi pulsa kemudian klik Lanjut. Bila nomor HP yang tertera di layar smartphone sudah benar, klik Konfirmasi lalu pilih Lanjut. Maka nomor HP-mu akan segera terisi pulsa dan kamu bisa segera membeli paket kuota internet lagi.

Segala kemudahan yang disiapkan aplikasi BRImo akan mendukung rutinitas kerja maupun me time di rumah. Jadi, jangan ragu menggunakan BRImo agar bisa segera merasakan beragam manfaatnya.