Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Menghemat Baterai Handphone agar Tidak Boros

Tips Menghemat Baterai Handphone agar Tidak Boros

2021-08-23 18:19:27

Baterai merupakan nyawa bagi handphone yang sangat penting untuk mendukung aktivitasmu. Seluruh aktivitas mobile pasti terlambat kalau baterai hp-mu lowbat hingga HP jadi tidak aktif. Itulah sebabnya kamu wajib mengetahui cara menghemat baterai HP supaya dayanya tidak cepat habis. 

Soal urusan pulsa, tentu saja kamu tak bingung mengatasinya bila selama ini kamu sudah menggunakan aplikasi BRImo. Aplikasi BRImo tak hanya bermanfaat untuk mengecek saldo dan melakukan transfer, melainkan juga bisa digunakan untuk membayar tagihan dan membeli pulsa. Caranya sangat mudah, login dulu ke BRImo lalu pilih opsi Beli dan Bayar. Selanjutnya, pilih opsi Beli Pulsa lalu pilih sumber dana (kalau rekening BRI-mu lebih dari satu). Masukkan nomor HP yang akan diisi pulsa kemudian klik Lanjut. Kalau nomor HP yang tertera di layar sudah benar, klik Konfirmasi lalu pilih Lanjut. Maka nomor HP-mu akan segera terisi pulsa dan kamu bisa melanjutkan aktivitas mobile lagi.

Bila proses membeli pulsa sekarang jadi praktis dengan BRImo, bagaimana dengan cara menghemat baterai HP?

Sebaiknya kamu mempraktikkan beberapa tips berikut ini supaya tak sering-sering kewalahan menghadapi baterai HP yang lekas habis:

Menonaktifkan Fitur 5G

Ketika beraktivitas di tempat yang terletak di kota-kota besar, mungkin kamu tidak mengalami masalah dengan sinyal 5G. Namun, kemungkinan besar kamu akan mengalami kendala baterai HP cepat lowbat jika mengaktifkan fitur 5G di tempat yang lokasinya terpencil. Sinyal 5G yang lemah hanya akan membuat HP-mu terus-menerus aktif mencari sinyal sehingga baterainya lekas habis. Supaya baterai HP tidak cepat lowbat karena terus mencari sinyal, alangkah lebih baik jika kamu menonaktifkan fitur 5G dan menggantinya dengan jaringan 4G. Tak hanya menjadi salah satu cara efektif menghemat baterai HP, jaringan 4G juga membuatmu leluasa mengakses koneksi internet berkecepatan tinggi.

Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Ketika kamu beraktivitas di dalam ruangan, kamu tidak membutuhkan tingkat kecerahan layar HP yang tinggi. Sebab cahaya dalam ruangan tidak sekuat cahaya matahari di luar ruangan sehingga tidak mengganggu jarak pandang ke layar HP. Jadi, alangkah lebih baik bila kamu menurunkan tingkat kecerahan layar HP selama beraktivitas di dalam ruangan. Jika kamu tidak mau repot-repot mengatur tingkat kecerahan layar secara manual, gunakan saja mode otomatis sehingga HP-mu dapat menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi di sekelilingnya.

Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kamu pasti sering tidak sadar jika banyak aplikasi HP yang terus aktif meskipun tidak digunakan. Padahal, kebiasaan sepele ini juga bisa membebani baterai HP-mu. Oleh sebab itu, kamu mesti membiasakan diri untuk mengecek aplikasi yang sedang aktif di HP. Segera matikan aplikasi yang tidak digunakan supaya daya baterai lebih hemat dan bisa digunakan untuk aplikasi yang lebih penting.

Tidak Mengaktifkan Fitur Sinkronisasi

Ternyata fitur sinkronisasi tidak hanya membuat kuota internet jadi boros. Fitur sinkronisasi yang aktif  terus-menerus juga bisa menguras baterai HP-mu. Jika kamu sedang tidak punya akses charging yang memadai, lebih baik kamu menonaktifkan fitur sinkronisasi. Maka baterai HP jadi lebih hemat dan HP bisa aktif lebih lama dari biasanya.

Mengistirahatkan HP Setelah Pemakaian

HP canggih juga membutuhkan waktu istirahat usai digunakan. Jadi, alangkah lebih baik kalau kamu tidak terus-terusan menggunakan HP sampai baterainya habis. Istirahatkan HP selama 30 menit sampai 1 jam untuk menstabilkan kondisi baterainya. Cara sederhana ini ternyata sangat ampuh menjaga ketahanan HP dan baterainya karena temperatur HP selaluberada dalam kondisi stabil ketika sedang digunakan.

Mengaktifkan Fitur Sleep Mode

HP berteknologi canggih biasanya dilengkapi dengan fitur sleep mode yang berfungsi mematikan fitur internet dan koneksi lainnya ketika layar HP berada dalam kondisi mati. Jika kamu mengaktifkan sleep mode, maka HP-mu bisa melakukan penghematan baterai secara otomatis. Penggunaan baterai HP hanya akan berlanjut ketika kamu sedang mengaktifkannya.

Menunda Aktivitas Bermain Game

Aktivitas bermain game ternyata paling menyita kapasitas baterai HP bila dibandingkan dengan percakapan telepon atau mendengarkan musik. Hal tersebut biasa terjadi karena bermain game melibatkan berbagai fitur HP, seperti grafis, suara, dan pergerakan. Jadi, sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk bermain game jika sedang tidak mempunyai akses charging yang memadai. Cara menghemat baterai HP ini akan membuat baterai tahan seharian sehingga HP biasa terus digunakan untuk kegiatan yang lebih penting daripada bermain game.

Jangan Mengaktifkan Fitur Lokasi

Fitur lokasi (Global Positioning System atau GPS) hanya dibutuhkan ketika kita sedang menggunakan fasilitas peta, aplikasi ojek online, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan update lokasi. Ketika sedang tidak membutuhkan update lokasi, sebaiknya fitur pencarian lokasi pada HP selalu dinonaktifkan. Sebab fitur lokasi yang aktif akan melakukan update terus-menerus sehingga membuat HP bekerja sepanjang waktu hingga akhirnya lowbat. Daya baterai HP bahkan akan terkuras secara cepat jika koneksi internet tidak mendukung proses pencarian lokasi.

Mengaktifkan Mode Malam (Night Mode)

Pilihan night mode pada HP modern tidak cuma bermanfaat menyesuaikan kecerahan layar untuk mendukung kenyamanan mata. Lebih dari itu, night mode juga bisa menghemat daya baterai hingga mencapai 1 jam. Sebaiknya kamu mengaktifkan fitur night mode ketika sedang beraktivitas di luar ruangan atau sedang tidak leluasa mengakses fasilitas charging HP.

Mengandalkan Aplikasi Versi Lite

Beberapa aplikasi populer menyediakan versi lite atau go yang ukurannya lebih kecil dibandingkan versi biasa, misalnya Google, Youtube, dan Facebook. Aplikasi versi lite meniadakan fitur-fitur tertentu sehingga lebih ringan dan tidak menguras daya baterai. Meskipun aplikasi tersebut dianggap kurang powerful dibandingkan versi biasa, manfaatnya tentu sebanding jika kamu sedang berusaha menghemat baterai HP.

Menonaktifkan Tampilan Layar dan Wallpaper Animasi

Layar HP yang menyala terus-menerus tentu membuat baterainya jadi boros dan cepat habis. Alangkah lebih baik bila Anda menonaktifkan tampilan layar pada kurun waktu tertentu, misalnya layar HP mati secara otomatis bila tidak disentuh selama 1 menit. Di samping itu, kamu juga harus menonaktifkan penggunaan wallpaper animasi bergerak bila ingin menghemat baterai HP secara maksimal.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tak banyak orang yang menyadari kalau tumpukan aplikasi yang tidak digunakan di HP juga jadi biang keladi penyebab baterai cepat habis. Saat kamu punya waktu senggang, sebaiknya kamu memilah aplikasi tersebut dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Selain mendukung penghematan baterai, cara ini juga efektif untuk meningkatkan kapasitas memori internal HP. Nantinya, kamu dapat memanfaatkan kapasitas memori tersebut untuk aplikasi atau dokumen yang lebih penting.

Jadi, jangan kesal dulu kalau baterai HP-mu cepat habis, ya. Lakukan cara menghemat baterai HP semaksimal mungkin agar baterai HP bisa tahan seharian. Jangan sampai aktivitasmu terganggu hanya karena masalah baterai HP lowbat yang tak kunjung teratasi.