Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Pelajari Cara Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Pelajari Cara Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

2021-09-16 12:59:11

BPJS kesehatan adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap kualitas kesehatan masyarakat. Besaran iurannya lebih terjangkau dibandingkan asuransi kesehatan swasta. Hal tersebut bisa terwujud karena BPJS kesehatan memberlakukan sistem subsidi silang untuk seluruh penggunanya.

Tak hanya meringankan masyarakat dengan iuran bulanan yang terjangkau, cara cek tagihan BPJS kesehatan dan proses pembayarannya juga sangat mudah. Ada berbagai cara bayar BPJS kesehatan online maupun offline yang bebas kamu pilih sesuai kebutuhan. Ingin tahu info lengkap seputar cara cek tagihan dan cara bayar BPJS Kesehatan? Yuk, simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini!

Berbagai Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Website Resmi BPJS

Proses cek tagihan BPJS Kesehatan di website resminya bisa dilakukan melalui beberapa langkah berikut ini:

- Mulailah dengan mengakses URL https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ melalui browser di smartphone, laptop, atau PC.

- Kemudian, pilih opsi Cek Iuran.

- Masukkan data-data pribadi seperti nomor BPJS kesehatan, tanggal lahir, dan kode keamanan (captcha).

- Jika data-data pribadi sudah lengkap, klik opsi Cek.

- Tunggu sampai proses loading selesai dan website memunculkan daftar tagihanmu, termasuk info tentang denda bila ada keterlambatan pembayaran.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi JKN Mobile

Informasi tagihan BPJS kesehatan juga bisa diakses melalui aplikasi JKN Mobile dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Kamu harus mengunduh aplikasi JKN Mobile di smartphone terlebih dahulu.

- Jika sudah berhasil mengunduh, lakukan registrasi menggunakan nomor BPJS Kesehatanmu.

- Klik submenu Cek Tagihan lalu pilih premi untuk melihat jumlah tagihan dan denda (bila ada) yang patut dibayar.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui SMS Getaway

Tak banyak yang tahu kalau cara cek tagihan BPJS kesehatan juga bisa dilakukan melalui SMS Getaway kalau kamu sedang tidak terhubung dengan koneksi internet. Caranya, kamu tinggal mengirimkan SMS dengan format TAGIHAN (spasi) Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA) ke nomor 087775500400. Setelah SMS berhasil terkirim, kamu akan mendapatkan SMS balasan tentang jumlah tagihan dan denda (jika ada).

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Chat Assistant

Satu cara praktis lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan BPJS kesehatan melalui smartphone yaitu mengandalkan chat assistant. Kamu hanya perlu mengirim pesan WhatsApp ke nomor 08118750400. Masukkan nomor BPJS kesehatan supaya chat assistant bisa memproses dan menampilkan informasi tagihan yang kamu butuhkan.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Call Center

Selain melalui SMS Getaway, kamu juga bisa melakukan cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui call center. Kamu tinggal menghubungi nomor telepon 1500400. Nantinya, operator akan meminta info mengenai nomor BPJS kesehatanmu. Berikan informasi tersebut lalu tunggu sejenak hingga info tagihanmu diberitahukan operator.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Mesin ATM

Saat kamu sedang melakukan transaksi di mesin ATM BRI, kamu juga bisa mengecek tagihan BPJS kesehatan sebelum mempraktikkan cara bayar BPJS kesehatan offline. Ikuti beberapa langkah ini untuk membayar BPJS Kesehatan di mesin ATM:

- Masukkan kartu ATM dan pin.

- Pilih opsi Transaksi Tunai atau Paket Tunai

- Kemudian, pilih Pembayaran

- Lalu, pilih Lainnya

- Masukkan nomor virtual account BPJS kesehatan (ketik kode 88888 dan 11 angka nomor BPJS Kesehatan kamu)

- Layar ATM akan menunjukkan informasi rincian nama dan cek keseuaian data. Lalu masukkan jumlah nominal yang sesuai dengan kelas pelayanan kesehatan yang kamu pilih

Cek Tagihan Melalui Mobile Banking

Kalau kamu memiliki aplikasi mobile banking di smartphone, kamu juga bisa cek tagihan BPJS kesehatan secara praktis dengan cara berikut ini:

- Buka aplikasi mobile banking lalu pilih opsi M-payment.

- Lalu, pilih opsi BPJS kemudian opsi BPJS Kesehatan.

- Klik Input No. Bayar lalu masukkan Nomor BPJS Kesehatanmu.

- Beberapa saat kemudian, aplikasi mobile banking akan menunjukkan informasi tagihan yang mesti kamu bayar.

Cek Tagihan Melalui E-commerce

Ternyata cara cek tagihan BPJS kesehatan juga dapat dilakukan melalui e-commerce lho. Hal ini tentu memudahkan kamu karena bisa melakukannya sambil berbelanja online. Langkah-langkah mengecek tagihan BPJS Kesehatan via e-commerce adalah sebagai berikut:

- Mulailah dengan mengakses website atau aplikasi e-commerce terlebih dahulu.

- Kemudian, login menggunakan username dan password seperti biasa.

- Pilih menu Tagihan lalu submenu BPJS Kesehatan.

- Masukkan nomor BPJS kesehatan lalu tunggu sejenak sampai informasi tagihan muncul.

- Jika kamu ingin langsung membayar, kamu tinggal memilih metode pembayaran lalu klik Bayar.

Cek Tagihan Melalui E-wallet

Keberadaan e-wallet di smartphone memang efektif mempermudah berbagai transaksi, termasuk mengecek dan membayar tagihan BPJS kesehatan. Proses pengecekan tagihan BPJS kesehatan melalui e-wallet dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

- Pastikan bahwa kamu sudah mengunduh aplikasi e-wallet dan melakukan login.

- Pilih opsi Lainnya kemudian pilih opsi Bayar Tagihan.

- Selanjutnya, pilih opsi BPJS Kesehatan dan masukkan nomor BPJS Kesehatanmu.

- E-wallet akan segera menampilkan informasi tagihan BPJS kesehatanmu serta jumlah denda yang wajib dibayar (bila ada).

Cek Tagihan Melalui Kantor Cabang BPJS Kesehatan Terdekat

Kamu juga dapat melakukan pengecekan tagihan BPJS kesehatan dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Cara ini sebaiknya kamu lakukan bila rumahmu dekat dengan kantor cabang BPJS kesehatan dan kamu telah menunggak pembayaran selama beberapa waktu. Jangan lupa membawa kartu BPJS kesehatan dan KTP agar proses pengecekan tagihan berlangsung cepat dan lancar. Di samping itu, sebaiknya kamu juga langsung menyiapkan uang tunai yang jumlahnya mencukupi agar bisa lekas membayar tagihan BPJS kesehatan.

Metode Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan

Kini, cara bayar tagihan BPJS kesehatan online maupun offline dapat dilakukan secara praktis melalui BRImo dan ATM loh. Menggunakan aplikasi BRImo memang sangat praktis dan bisa dilakukan siapa saja. Selain dapat membantumu melakukan transfer antar bank dan pengecekan saldo, BRImo juga mempermudah kamu untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan secara online. Pembayaran BPJS kesehatan via BRImo juga bisa dilakukan secara praktis melalui beberapa langkah berikut ini:

- Login di aplikasi BRImo seperti biasa.

- Pilih menu BPJS.

- Selanjutnya, masukan nomor pembayaran BPJS (11 Digit terakhir). Kode pembayaran BPJS kesehatan adalah 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS untuk iuran yang tidak terlambat atau 88881 + 11 digit nomor kartu BPJS untuk keterlambatan pembayaran. Contohnya, jika nomor peserta BPJS di kartu BPJS adalah 0002439104425, maka yang harus kamu masukkan ke kolom nomor pembayaran adalah 8888802439104425.

- Pilih opsi Lanjut lalu perhatikan informasi yang tertera di layar smartphone. Bila informasi tersebut sudah tepat, pilih opsi Konfirmasi lalu pilih opsi Lanjut.

- Masukkan PIN transaksi lalu pilih opsi Lanjut. Proses pembayaran BPJS Kesehatan pun akan segera berhasil.

- Bila pembayaran selesai dilakukan, kamu akan mendapatkan bukti pembayaran.

Nah, sekarang kamu tahu kan kalau cara cek tagihan dan bayar BPJS kesehatan ternyata sangat praktis karena bisa dilakukan dengan berbagai metode. Jadi, tak ada alasan lagi untuk terlambat membayar iuran BPJS kesehatan hingga dendanya jadi menumpuk, ya. Yuk, buka aplikasi BRImo dan bayar tagihan BPJS kesehatan sekarang juga.