Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Contoh Simulasi Pinjaman KTA BRI

Contoh Simulasi Pinjaman KTA BRI

2020-08-03 13:30:49

Kredit tanpa agunan (KTA) menjadi solusi tepat untuk mendapatkan dana tunai secara cepat. Ingin tahu seperti apa simulasi jika mengajukan pinjaman KTA BRIguna? Simak terus penjelasannya berikut ini. 

Dalam kehidupan, terkadang kita memiliki kebutuhan tak terduga dan mendadak. Misalnya perlu biaya pengobatan, perlu segera merenovasi rumah, atau mungkin juga perlu untuk biaya pendidikan. BRI menyediakan pinjaman serbaguna BRIguna. Dengan produk pinjaman ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

Ketika Anda ingin melakukan pinjaman KTA, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. 

1. Suku bunga

Suku bunga pinjaman KTA BRI berbeda bergantung dari besaran jumlah pinjaman serta jangka waktu. Sebagai contoh untuk kredit KTA antara Rp10 juta sampai Rp500 juta dengan jangka waktu 12 bulan sampai 24 bulan, diberikan bunga sebesar 1,45%. Sementara untuk pinjaman sebesar Rp10 juta sampai Rp500 juta dengan jangka waktu 36 bulan sampai 60 bulan terdapat bunga 1,54%.

Mengenai besaran bunga kredit di bank BRI ini bisa berubah, bergantung waktu Anda melakukan pengajuan. 

2. Jangka Waktu

Seperti disinggung di atas, jangka waktu pinjaman dapat mempengaruhi bunga kredit pinjaman Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan dengan bijak agar bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah. 

Adapun untuk jangka waktu pinjaman KTA BRIguna dapat berlangsung hingga 15 tahun atau sesuai masa maksimal usia debitur yakni 75 tahun. Waktu pinjaman yang diberikan memang cukup panjang. Anda dapat memilih jangka waktu pinjaman yang tepat 

3. Biaya KTA

Saat mengajukan KTA, ada sejumlah biaya yang muncul, seperti berikut ini.

  1. Biaya administrasi
  2. Biaya provisi
  3. Biaya pelunasan dipercepat
  4. Biaya keterlambatan pembayaran cicilan
  5. Biaya asuransi
  6. Biaya lain-lain

4. Keuntungan

Tak hanya mendapatkan dana segar dari pinjaman KTA, Anda pun akan mendapatkan keuntungan lain jika mengajukan pinjaman BRIguna, yakni berupa adanya asuransi perlindungan jiwa tanpa medical check up. Nilai yang diberikan besar yakni hingga Rp500 juta. 

Dengan adanya asuransi tersebut, jika misal nantinya debitur meninggal dunia, maka pinjaman akan di-cover oleh asuransi.  

Simulasi Pinjaman KTA BRI

Seperti disebutkan di awal, ada beberapa hal yang menjadi penentu berapa jumlah cicilan pinjaman per bulan, yaitu, besar pinjaman, jangka waktu, dan suku bunga.

Sebagai contoh jika Anda melakukan pinjaman BRiguna sebesar Rp 50.000.000,, dengan jangka waktu 1 tahun (12 bulan), dan mendapatkan suku bunga (flat 1,49%, maka estimasi cicilan per bulan adalah Rp 4.911.667.

Mari kita coba lakukan simulasi lainnya. Contoh Anda mau melakukan pinjaman KTA sebesar Rp 100 juta dalam jangka waktu 4 tahun. Jika suku bunga flat adalah 1,49%, maka perkiraan cicilan per bulan adalah Rp3.573.333.

Itulah beberapa contoh simulasi perhitungan pinjaman KTA. Bank pun memiliki patokan tersendiri mengenai berapa maksimal pinjaman yang dapat diberikan. Hal tersebut tergantung besaran penghasilan bersih yang Anda peroleh setiap bulan,. 

Makin besar penghasilan bersih yang Anda miliki, maka akan makin besar jumlah pinjaman KTA yang dapat Anda peroleh. 

Tips Penting Meminjam KTA

Saat melakukan pinjaman dana KTA, perhatikan beberapa hal berikut ini agar cicilan Anda nantinya lancar.

1. Kemampuan Bayar

Hitung berapa kemampuan membayar cicilan Anda per bulan. Sebaiknya tidak melebihi kemampuan karena dikhawatirkan nantinya dapat merepotkan Anda sendiri. 

Bank pun akan melakukan penilaian terhadap kemampuan finansial Anda. Oleh karena itu, saat mengisi data penghasilan, lakukan secara jujur agar nantinya pinjaman Anda bisa lancar dibayarkan. 

2. Selalu Tepat Waktu Membayar

Hindari telat dalam membayar cicilan KTA BRiguna, karena nantinya ada denda biaya keterlambatan yang harus Anda bayarkan. Sebisa mungkin satu minggu sebelum waktu pembayaran cicilan, dana tersebut sudah ada agar Anda bisa membayarnya tepat waktu. 

3. Riwayat Kredit Baik

Selalu jaga riwayat kredit Anda dengan baik. Sebab nantinya bank akan selalu melakukan pengecekan sebelum meng-approve permohonan pinjaman Anda. 

Jika selama ini riwayat kredit Anda baik, bahkan Anda akan sering menerima penawaran pinjaman dari bank. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengajukan pinjaman kta BRIguna. Kunjungi Bank BRI terdekat untuk melakukan pinjaman cepat cair ini.