Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Cek 3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membayar Tagihan Kartu Kredit

Cek 3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membayar Tagihan Kartu Kredit

2021-12-10 08:42:00

Di era saat ini metode transaksi bisa bermacam macam, mulai dari tunai, transfer bank, dompet digital, kartu kredit dan lain lain. Semua cara transaksi ini tentu saja akan memudahkan kita dalam menjalani keseharian, karena kita tiap harinya akan melakukan transaksi keuangan, seperti bepergian menggunakan transportasi umum, belanja online, atau membeli baju di pusat perbelanjaan. 

 

Maka dari itu penting bagi kamu mengetahui berbagai metode pembayaran yang ada saat ini dan cara menjadi penggunanya, salah satu metode pembayaran yang perlu diperhatikan adalah kartu kredit. 

Ketika menjadi pengguna kartu kredit, kamu akan memiliki komitmen untuk selalu melakukan pembayaran tagihan kartu kredit tiap bulannya, jika kartu tersebut digunakan untuk melakukan transaksi. 

 

Ketika ingin melakukan pembayaran pembayaran kartu kredit, selain menyiapkan dana ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui juga. Berikut ini 3 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membayar tagihan kartu kredit:

 

1. Bayar Penuh Tagihan

Bank yang menerbitkan kartu kredit pada umumnya menerapkan minimum pembayaran yang bisa dilakukan dari total tagihan yang harus dibayar. Misalnya kamu memiliki total tagihan sebesar Rp 5 juta, maka pembayaran minimum yang bisa dilakukan adalah Rp 500 ribu. 

 

Akibatnya banyak pengguna yang merasa cukup melakukan pembayaran minimum saja. Padahal cara pembayaran minimum ini memiliki resiko yang lebih besar. total tagihan kamu akan semakin bertambah di bulan berikutnya.

 

Sebab ketika melakukan pembayaran tagihan minimum, di bulan berikutnya kamu diharuskan membayar sisa tagihan kartu kredit ditambah bunga berjalan yang ada. Jika tagihan tidak bayar penuh maka tiap bulannya tagihan kamu akan berbunga terus dan semakin menambah besar total tagihan yang kamu harus bayar. 

 

Sebaiknya selalu melakukan pembayaran penuh ketika sudah muncul tagihan kartu kredit.

 

2. Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Cara berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum membayar kartu kredit adalah dengan memperhatikan tanggal jatuh tempo tagihan. Tanggal jatuh tempo merupakan tanggal akhir atau batas akhir dimana kamu harus melakukan pembayaran. Jika sampai berakhirnya tanggal jatuh tempo tidak ada pembayaran maka akan dinyatakan ada keterlambatan pembayaran.

 

Pada umumnya, tanggal jatuh tempo kartu kredit yang diterbitkan oleh bank adalah 15 - 20 hari setelah tanggal cetak tagihan atau tanggal terbitnya tagihan kartu kredit. Jika tanggal cetak tagihan di tanggal 5 tiap bulannya makan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan adalah di antara tanggal 20 -25 pada bulan yang sama. Ketentuan tanggal cetak tagihan dan tanggal jatuh tempo merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh bank, jadi untuk setiap bank mungkin saja berbeda. 

 

Ketika lewat tanggal jatuh tempo tidak ada pembayaran maka akan dikenakan bunga sekaligus denda keterlambatan pada tagihan kartu kredit bulan berikutnya. Jadi sudah pasti tagihan kartu kredit di bulan berikutnya akan membengkak dan akan memberatkan keuangan kamu nantinya. Maka dari itu selalu melakukan pembayaran tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Biasakan diri dengan disiplin melakukan pembayaran tagihan kartu kredit.

 

Sebagai tips dalam membayar tagihan kartu kredit, lakukan pembayaran tagihan seminggu sebelum tanggal jatuh tempo tiba atau rubah cara pembayaran kartu kredit dengan autodebet langsung ke rekening kamu. Dengan cara ini maka tidak ada kata lupa atau terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit dan terhindar dari resiko bunga berjalan serta denda keterlambatan pembayaran kartu kredit.

 

3. Bayar Secara Online

Cara terakhir yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembayaran tagihan kartu kredit adalah cara melakukan pembayaran tagihan. Saat ini melakukan pembayaran kartu kredit bisa dilakukan secara offline maupun online.

 

Untuk pembayaran offline kamu bisa datang langsung ke bank penerbit kartu kredit kamu dan menuju teller bank. Namun, yang perlu diperhatikan adalah saat ini sedang ada pandemi covid-19. Menjadikan layanan bank akan semakin terbatas dan jam operasional bank juga dipersingkat demi mencegah penyebaran virus covid-19.

 

Karena melakukan pembayaran secara offline memiliki resiko terpapar virus covid-19 lebih tinggi. Maka ada cara lain dalam membayar kartu kredit, yaitu dengan melakukan pembayaran tagihan secara online. 

 

Untuk pembayaran tagihan secara online ada banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan. Seperti internet banking, sms banking, mobile banking, melalui fintech atau e-commerce bisa menjadi pilihan pembayaran tagihan secara online. Namun, ada cara yang lebih mudah yang bisa kamu pilih untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, yaitu dengan menggunakan aplikasi BRImo dari bank BRI. 

 

Dengan menggunakan aplikasi BRImo, kamu bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit baik itu pembayaran tagihan secara penuh ataupun membayar cicilan kartu kredit. Untuk cara pembayaran kartu kredit pun sangat mudah, kamu bisa ikuti cara berikut ini:

 

- Buka aplikasi BRImo dan lakukan login.

- Pilih menu Beli dan bayar.

- Pilih tab menu Pembayaran.

- Lalu pilih Kartu kredit BRI.

- Isi sumber dana rekening.

- Masukan nomor kartu kredit yang ingin dibayar.

- Selanjutnya tentukan tipe pembayaran.

- Konfirmasi pembayaran dan klik lanjut.

- Terakhir isi password.

- Yey! Tagihan kartu kredit kamu sudah berhasil dibayar.

 

Setelah mengetahui beberapa tips melakukan pembayaran kartu kredit, diharapkan kamu bisa lebih memahami penggunaan kartu kredit secara bijak dan mengetahui cara pembayaran yang mudah, yaitu dengan mengunduh aplikasi BRImo melalui google playstore di android dan appstore di iOS. 

 

Kini pembayaran kartu kredit bisa semakin praktis serta bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Ayo unduh aplikasi BRImo untuk kemudahan dalam membayar tagihan kartu kredit.