Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Cara Mengatur Keuangan untuk Milenial

Cara Mengatur Keuangan untuk Milenial

2021-12-02 16:25:19

Generasi milenial saat ini dihadapkan pada berbagai macam perubahan, mulai dari perkembangan teknologi yang begitu pesat selama 20 tahun terakhir ini, kemudian bertambahnya jumlah penduduk yang begitu pesat yang dapat dilihat dari angka kelahiran bayi tiap tahunnya. 

 

Jika melihat angka kelahiran bayi di jakarta saja menurut https://statistik.jakarta.go.id/ per tahun 2020 berjumlah 137,161 kelahiran bayi. Bisa dibayangkan dengan luas dki jakarta 661,5 km² dan total populasi 10,56 juta jiwa per tahun 2020 bagaimana cara mengatur keuangan di tengah padatnya populasi yang otomatis meningkatkan biaya hidup.

 

Untuk itu diperlukan cara mengatur keuangan supaya apa yang sudah diperoleh saat ini tidak terbuang sia sia dan bisa bermanfaat dimasa depan. Namun, tidak semua orang pandai dalam mengatur keuangan dengan baik. Khususnya pada generasi milenial di usia 18 tahun sampai 30 tahun.

 

Gaya hidup serta kebiasaan konsumtif memberikan pengaruh besar pada generasi milenial, seperti makan di restoran dan jajanan kekinian, nongkrong di cafe, belanja online yang bukan kebutuhan, menonton konser serta hiburan hiburan lainnya. Kegiatan ini bisa menjadi fakta yang cukup mengkhawatirkan, mengingat banyak biaya untuk kebutuhan yang terus meningkat seperti kebutuhan akan tempat tinggal, kebutuhan pokok dan kebutuhan lain. 

 

Meskipun sudah bekerja bertahun tahun, rasanya masih kurang saja untuk mencukupi kebutuhan sehari hari. Cara mengatur keuangan memang tidak mudah dan butuh pengetahuan serta kesabaran dalam menjalaninya, untuk itu dibutuhkan tekad yang kuat menjalani kebiasaan mengatur keuangan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, bagi generasi milenial yang masih belum mengetahui cara mengatur keuangan bisa simak tips berikut ini:

1. Sisihkan penghasilan

Ketika kita mendapatkan penghasilan akan lebih baik menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk tabungan. Dibutuhkan konsistensi yang tinggi untuk bisa melakukan menyisihkan penghasilan. Besaran penghasilan yang disisihkan bisa disesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan pengeluaran kamu. Pada umumnya penghasilan yang disisihkan berkisar pada 10% sampai 30% namun ini bukanlah acuan, karena kembali lagi pada kebutuhkan kamu tiap bulannya. Selalu ingat untuk menyisihkan penghasilan secara berkala atau setiap periode tertentu misal sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Menyisihkan penghasilan merupakan salah satu cara mengatur keuangan supaya kamu memiliki dana di masa mendatang.

2. Gunakan Kartu Kredit dengan bijak

Saat ini sudah banyak bank yang menawarkan fasilitas penggunaan kartu kredit, jenis kartu kredit pun ada beragam, mulai dari yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan dengan benefit poin penerbangan atau jenis kartu kredit yang bekerjasama dengan toko retail yang bisa mendapatkan benefit ketika berbelanja dan ada banyak lagi jenis penawaran kartu kredit yang digunakan bank. Cara ini digunakan bank untuk menarik hati konsumennya. Namun, kita sering menemukan cerita seseorang yang terbelit hutang kartu kredit dan pengalaman tidak menyenangkan lainnya ketika menggunakan kartu kredit. Untuk itu perlu kedewasaan ketika menggunakan kartu kredit, jangan sampai kita menjadi korban hutang kartu kredit kita sendiri. Penggunaan kartu kredit sangat bisa digunakan untuk mengatur keuangan. Kita bisa memanfaatkan kartu kredit untuk kebutuhan produktif, seperti membeli laptop untuk kebutuhan kerja atau menggunakan fasilitas cicilan untuk memenuhi kebutuhan penunjang bisnis skala rumah tangga.

3. Mulai Investasi

Cara mengatur keuangan yang berikutnya dengan memulai investasi, pada umumnya sewaktu kecil generasi milenial di ajakan cara menabung. Namun, seiring perkembangan zaman menabung saja tidaklah cukup dalam mempersiapkan keuangan di masa depan. Diperlukan strategi baru dalam mengatur keuangan seperti memulai investasi. Saat ini sudah banyak pilihan investasi, mulai dari investasi dalam bentuk mata uang, emas, saham bahkan properti. Sebenarnya masih banyak pilihan investasi lainnya, silahkan pilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan pemahaman kamu.

4. Buat list pengeluaran

Tips terakhir dalam mengatur keuangan yaitu dengan cara membuat list pengeluaran, hal ini sangat membantu kamu dalam mengontrol keuangan tiap bulannya. Jangan lupa untuk selalu membuat secara rinci pengeluaran kamu. Tujuannya adalah supaya kamu mengetahui apa saja pengeluaran kamu tiap bulannya. Supaya pengeluaran kamu semakin tertata dengan baik, kamu bisa memanfaatkan Personal Financial Management (PFM) dari aplikasi BRImo. Dengan menggunakan PFM kamu dapat memantau jumlah transaksi selama menggunakan BRImo. Selain itu keunggulan PFM adalah kamu dapat mencatat transaksi manual beserta tanggalnya di aplikasi BRImo.

 

Yuk manfaatkan Personal Financial Management dengan download aplikasi BRImo di Google Playstore pada Android dan Appstore pada iOS. Dengan menerapkan tips cara mengatur keuangan menggunakan Personal Financial Management dari aplikasi BRImo tentunya akan mempermudah generasi milenial dalam mempersiapkan keuangan baik di masa sekarang serta di masa depan.