Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Berapa Jangka Waktu Maksimal Kredit KPR BRI?

Berapa Jangka Waktu Maksimal Kredit KPR BRI?

2020-08-03 13:26:25

Sudah tahu berapa lama jangka waktu kredit KPR BRI yang ingin diambil? Simak beberapa pertimbangan dalam artikel ini agar bisa menentukan tenor kredit yang tepat. 

Memiliki rumah pribadi merupakan impian semua orang. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengambil kredit perumahan. 

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah "berapa lama sebaiknya masa kredit KPR diambil?"

Setiap orang mungkin memiliki kondisi yang berbeda-beda. Karena itu kemudian ada yang mengambil KPR dalam jangka waktu 3, 5, 10, 15, atau 20 tahun. 

Kredit KPR di BRI Bisa Sampai 20 Tahun

Ya, tenor kredit KPR BRI tersedia hingga jangka waktu 20 tahun. Keuntungan memilih tenor panjang adalah cicilan KPR per bulan yang lebih terjangkau. 

Sebagai contoh, misalnya jika Anda mengambil kredit KPR sebesar Rp150 juta dengan tenor 20 tahun dan suku bunga 5%, maka perkiraan angsuran per bulan adalah Rp989.933.61. 

Sebaliknya, jika jangka waktu kredit lebih singkat berimbas pada besaran cicilan per bulan yang lebih tinggi. Dengan contoh di atas, jika jangka waktu dipersingkat menjadi 10 tahun, maka cicilan per bulan adalah sebesar Rp1.590.982.73 

Tips Menentukan Masa Kredit KPR yang Tepat

Tentu saja keputusan untuk menentukan jangka waktu KPR sepenuhnya ada di tangan konsumen. Namun sebagai pertimbangan, Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. 

1. Penghasilan

Berapa penghasilan yang dapat Anda kumpulkan setiap bulannya. Idealnya, jumlah cicilan tersebut maksimal adalah 30% dari jumlah penghasilan. 

Sebagai ilustrasi, jika penghasilan Anda adalah Rp3 juta per bulan, maka idealnya cicilan KPR tersebut adalah Rp1 juta. 

Namun mungkin saja penghasilan Anda tidak hanya berasal dari gaji kantor. Mungkin Anda memiliki pemasukan lainnya dari bisnis sambilan. Nah, hal itu harus Anda pertimbangkan juga sehingga Anda tahu berapa kemampuan membayar cicilan per bulannya. 

2. Usia

Berapa usia Anda saat ini? Hal ini patut juga menjadi pertimbangan. Sebab umumnya bank akan menetapkan batas usia maksimal nasabah adalah antara 55 sampai 65 tahun. 

Jika Anda misalnya mengambil KPR pada usia 30 tahun, dengan tenor sampai 20 tahun pun tidak jadi soal. Namun jika usia sudah mencapai 40 tahun, maka biasanya maksimal bank akan memberikan persetujuan KPR jika tenornya adalah antara 10 sampai 15 tahun saja. 

Sebaiknya memang melakukan KPR itu lebih baik dilakukan di saat usia muda. Dengan begitu Anda bisa memiliki keleluasaan untuk memilih jangka waktu yang panjang. 

3. Rencana Mendatang

Setiap orang tentu memiliki rencana keuangan tersendiri. Ada misalnya yang ingin tidak berlama-lama mengambil kredit KPR, karena mungkin memiliki rencana ingin mengambil kredit mobil atau mewujudkan impiannya lainya. Dengan kondisi tersebut, mungkin mereka berani untuk mengambil KPR dalam jangka waktu misalnya hanya 3 atau 5 tahun saja. 

4. Utang lainnya

Sangat mungkin orang memiliki beberapa pinjaman, mungkin kredit kendaran, kredit usaha rakyat (KUR), kredit tanpa agunan, dan yang lainnya. Nah, semua itu perlu menjadi pertimbangan agar Anda bisa memilih tenor KPR yang tepat. 

Pastikan kondisi keuangan keluarga tetap terjaga. Jangan sampai karena salah dalam memperhitungkan kemampuan, justru akan mengorbankan keluarga.  

Mengenai jangka waktu ideal kredit KPR BRI ini bisa berbeda-beda setiap orang. Namun jika Anda memiliki kemampuan finansial yang kuat, sangat baik jika mengambil kredit dalam waktu singkat misalnya 1, 3, atau 5 tahun. Sebaliknya jika Anda merasa hanya sanggup untuk membayar cicilan paling rendah, maka Anda bisa mengambil kredit sampai 20 tahun. 

Nah, jadi coba perkirakan kembali kemampuan Anda saat hendak mengambil kredit KPR BRI. Yang pasti BRI siap melayani Anda dengan setulus hati.