Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Menghemat Air Rumah supaya Tagihan Tidak Membengkak

Tips Menghemat Air Rumah supaya Tagihan Tidak Membengkak

2021-11-23 11:12:07

Air merupakan salah satu kebutuhan utama semua makhluk hidup di bumi. Namun, perlu kamu ketahui jumlah air terus berkurang tiap tahunnya, hal ini menyebabkan kekeringan di berbagai belahan bumi.

 

Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk terus menjaga kelestarian lingkungan alam baik saat ini maupun dimasa mendatang, supaya terjaga ketersediaan air di masa mendatang. Oleh sebab itu kita harus pandai pandai melakukan penghematan air supaya terjaga ketersediaannya, untuk itu apa saja tips yang bisa kita lakukan demi menghemat air? Yuk, simak terus artikel ini!

Matikan Keran Air

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat air adalah dengan mematikan keran air yang tidak terpakai. Memang terdengar klise namun hal ini sering terjadi di lingkungan sekitar kita. Jika sedang mengisi tempat penampungan air kemudian tempat tersebut sudah mulai penuh ada baiknya segera mematikan keran air, supaya air tidak terbuang sia-sia dan tagihan air atau listrik tidak membengkak.

 

Gunakan Air dengan Bijak

Cara berikutnya untuk menghemat penggunaan air dengan memantau penggunaan air dirumah. Misalnya ketika musim penghujan kamu bisa mengurungkan niat untuk mencuci mobil atau motor jika memang tidak terlalu kotor, karena dengan mencuci kendaraan akan menggunakan jumlah air yang tidak sedikit.

 

Gunakan Air Berulang

Tips selanjutnya bisa kamu terapkan tiap harinya, yaitu menggunakan air secara berulang. Sebagai contoh kamu bisa menampung air sisa mencuci buah kemudian campurkan air tersebut dengan cairan pembersih lantai dan gunakan untuk membersihkan lantai. 

 

Setelah selesai membersihkan lain bisa kamu gunakan untuk menyiram jalan supaya tidak berdebu. Jadi dengan air yang sama kita bisa menggunakannya untuk beberapa kegiatan yang memerlukan air. Cara ini tentu saja dapat meminimalisir tagihan air yang membengkak.

 

Jangan Tunda Perbaikan

Pengecekan pipa air rumah selain penghematan air juga merupakan salah satu cara dalam merawat rumah. Lakukan pengecekan pipa pipa air dirumah secara berkala, kita tidak akan mengetahui bagaimana kondisi pipa air dirumah apa masih dalam kondisi baik atau sudah perlu perawatan. Untuk itu perlu tenaga profesional untuk melakukan pengecekan secara berkala. 

 

Selain memberikan rasa aman dengan pengecekan secara berkala kita dapat meminimalisir kebocoran pada pipa air dirumah yang tentu saja, jika mengalami kebocoran terjadi pemborosan air dan tagihan air meningkat.

 

Gunakan Shower

Tips menghemat air selanjutnya adalah menggunakan shower saat mandi, karena jika kamu menggunakan gayung akan menggunakan air lebih banyak untuk itu mulailah beralih menggunakan shower. Dengan menggunakan shower kamu akan menggunakan jumlah air lebih rendah yang tentu saja dapat menghemat penggunaan air rumah.

 

Mandi Secukupnya

Cara selanjutnya masih tidak jauh dari poin sebelumnya. Karena ketika kamu sedang mandi, akan menggunakan jumlah air yang banyak maka kita harus bijak dalam penggunaan air ketika mandi. Misalnya, ketika menggosok gigi atau sedang keramas, sering terjadi kita lupa untuk mematikan keran air atau shower yang mengakibatkan keran air dan shower terus menyala dan membuang air secara percuma yang menjadikan ini sebagai pemborosan.

 

Jika hal ini terjadi selama bertahun-tahun tentu saja tagihan air dirumah akan membengkak. Ada baiknya untuk menghemat penggunaan air rumah dengan mematikan keran air dan shower ketika menggosok gigi atau keramas, kemudian dihidupkan kembali shower atau keran air untuk membilas tubuh, rambut dan mulut.

 

Filter Air Minum

Jika kamu terbiasa menggunakan galon air minum, kamu bisa menggunakan filter air minum untuk menghemat biaya membeli galon air minum tiap minggunya. Dengan filter air minum ini kamu bisa menggunakan air keran yang sudah di filter untuk di minum atau di konsumsi.

 

Setelah mengetahui cara menghemat air rumah, kamu juga jangan lupa untuk melakukan pembayaran PDAM tepat waktu. Saat ini sudah ada aplikasi yang bisa membantu kamu membayar tagihan air yaitu, lewat aplikasi BRImo. Caranya pun sangat mudah, untuk mengetahuinya kamu bisa ikuti langkah berikut:

 

  1. Buka aplikasi BRImo kamu
  2. Masuk ke aplikasi dengan memasukan username dan password. Atau jika ponsel kamu mendukung data biometrik bisa gunakan fingerprint dan face id untuk masuk ke aplikasi.
  3. Setelah berhasil masuk aplikasi. selanjutnya bisa pilih menu PDAM.
  4. Berikutnya masukan nomor tagihan PDAM dan data wilayah kamu.
  5. Setelah itu di layar ponsel kamu akan ditampilkan total tagihan yang harus dibayarkan.
  6. Pastikan data detail tagihan sudah sesuai dan benar, kemudian klik bayar.
  7. Masukan PIN BRImo kamu.
  8. Tunggu beberapa saat prosesnya dan transaksi kamu berhasil!

 

Jadi sekarang tagihan air kamu sudah terbayar dan kamu tidak perlu lagi takut telat membayar tagihan air karena dengan bantuan aplikasi BRImo kamu bisa membayar tagihan air PDAM dimanapun dan kapanpun. Selain itu bagi kamu yang belum menggunakan aplikasi BRImo bisa langsung mengunduh di Playstore dan Appstore ya. Dengan menggunakan aplikasi BRImo segala transaksi perbankan kamu menjadi lebih aman dan praktis.