Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun

Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun

2021-12-30 15:52:22

Akhir tahun sudah tiba, saat nya mengalokasikan dana untuk liburan akhir tahun. Momen yang datang setahun sekali ini tidak boleh dilewatkan. Namun, kita juga harus ingat masa pandemi ini belum berakhir. Perlu menyiasati liburan tetap menyenangkan walaupun di tengah pandemi yang masih berlangsung di seluruh penjuru negara. Oleh karena itu kamu perlu mempersiapkan berbagai hal sebelum hari liburan tiba. Berikut ini tips aman mempersiapkan liburan akhir tahun selama pandemi:

 

1. Alokasi dana liburan dengan matang

Liburan merupakan cara kita melakukan relaksasi dari pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang membuat lelah dan memakan energi. Jangan sampai setelah melakukan liburan malah membuat kita menjadi stres di karenakan budget yang dikeluarkan melebihi kemampuan kita. Oleh karena itu, melakukan perencanaan yang matang harus dilakukan sebelum liburan.

Untuk persiapan di awal kamu perlu menyiapkan kebutuhan utama selama liburan. Seperti tiket perjalanan, penginapan makanan dan transportasi selama liburan. Berikutnya kebutuhan untuk mengisi kegiatan selama liburan, seperti biaya masuk ke objek wisata, perlengkapan pendukung selama liburan seperti kacamata surya, tabir surya atau jaket bisa kamu sesuaikan tergantung kemana tujuan liburan. Kadang kebutuhan pendukung ini yang memakan biaya yang besar dan menghabiskan budget liburan kamu.

Kemudian, karena kamu liburan di masa pandemi tentu saja kamu perlu mempersiapkan tes PCR atau antigen ketika ingin bepergian. Karena tes tersebut menjadi syarat wajib yang sudah ditetapkan oleh pemerintah ketika ingin bepergian

 

2. Tentukan Jadwal Liburan

Tips berikutnya dalam mempersiapkan liburan akhir tahun adalah dengan menentukan jadwal liburan. Mulai tentukan tanggal liburan beberapa bulan sebelumnya dan tentukan kamu ingin pergi liburan berapa lama, karena dengan menentukan berapa hari kamu ingin liburan dapat membantu kamu menentukan budget selama liburan. 

Jangan lupa saat ini masih terjadi pandemi sehingga banyak ketidakpastian dan peraturan perjalan yang dikeluarkan oleh pemerintah sering terjadi perubahan. Jadi kamu perlu mengantisipasi lebih dulu atau menentukan rencana liburan cadangan.

 

3.Menentukan Tujuan Liburan

Setelah menentukan estimasi biaya dan menentukan jadwal liburan, sekarang saatnya menentukan tujuan liburan dan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Mulailah mencari referensi melalui orang terdekat, cari informasi di internet bahkan di sosial media. Saat ini sudah semakin mudah untuk mencari informasi dari tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Bahkan kamu bisa mengetahui gambaran langsung tempat tersebut melalui foto atau video perjalanan yang diunggah di internet. Kamu juga akan mengetahui pengalaman yang dirasakan pengunjung objek wisata tersebut dari ulasannya di internet. 

Jika kamu sudah menentukan destinasi wisata yang cocok maka saatnya kamu melakukan perhitungan budget yang dibutuhkan supaya bisa sesuai dengan estimasi biaya yang sudah direncanakan sebelumnya. 

Perlu diketahui juga ada beberapa tempat wisata yang tutup dikarenakan pandemi, maka dari itu ada baiknya kamu memastikan dahulu tempat wisata tersebut apakah beroperasional dengan normal atau tidak.

 

4. Selalu Menjaga Tubuh agar Selalu Sehat

Jangan sampai liburan kamu terganggu karena kondisi tubuhmu tidak sehat. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga rutin, jenis olahraga bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Tidak perlu olahraga terlalu berat, kamu bisa coba jenis olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda. 

Tidak lupa untuk selalu menjaga pola tidur supaya tubuh kamu fit setiap hari dan konsumsi banyak air putih agar tubuh kamu terhindar dari dehidrasi. Menjaga pola makan juga dibutuhkan supaya kesehatan tubuh menjadi lebih optimal, konsumsi sayur dan buah secara rutin cukup untuk menyeimbangkan pola makanmu. Dengan menjaga tubuh agar selalu sehat kamu bisa memaksimalkan stamina ketika liburan nanti.

 

5. Lakukan Reservasi dan Bayar di Awal

Tips terakhir untuk mempersiapkan liburan akhir tahun adalah dengan melakukan reservasi dan pembayaran di awal. Ketika kamu sudah mempersiapkan segala rencana untuk liburan dan sudah memastikan biayanya, selanjutnya kamu bisa melakukan reservasi dan melakukan pembayaran. Cara ini dapat kamu lakukan supaya memudahkan ketika kamu sampai di tempat liburan. Kamu tidak perlu memusingkan biaya yang dikeluarkan saat tiba disana, karena sudah melakukan pembayaran sebelum berangkat ke tempat tujuan. 

Salah satu cara pembayaran yang praktis untuk menunjang liburan akhir tahun kamu adalah menggunakan metode pembayaran BRIVA. Buat kamu yang belum mengetahui, BRIVA merupakan metode pembayaran virtual account yang dimiliki oleh  BRI. Dengan menggunakan BRIVA kamu bisa dengan mudah melakukan pembayaran untuk tempat penginapan, tiket perjalanan, sewa kendaraan selama di tempat wisata, atau melakukan pembayaran ke agen perjalanan. Untuk pembayaran menggunakan BRIVA kamu bisa ikuti cara berikut ini:

- Buka aplikasi BRImo dari ponselmu

- Login dengan cara memasukan User ID dan password.

- Pilih BRIVA kemudian klik Pembayaran baru.

- Masukan nomor virtual account tujuan lalu klik Lanjutkan.

- Cek data pembayaran lalu pastikan nomor virtual account, rekening asal dan jumlah nominal dana sudah sesuai.

- Jika semua data telah benar selanjutnya klik opsi benar.

- Masukan PIN BRImo kamu dan proses transfer BRIVA telah berhasil.

 

Setelah mengetahui tips mempersiapkan liburan akhir tahun yang aman selama pandemi, kamu bisa memulai segala persiapan menuju liburan mulai dari sekarang, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur BRIVA di aplikasi BRImo. Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi BRImo, kamu bisa mengunduhnya melalui Google playstore di android dan App Store di iOS. Dengan persiapan yang matang, liburan akhir tahun kamu bisa semakin nyaman dan tenang.