Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Kuota Boros saat Streaming Film? Berikut Tips Menghemat Kuota Ponsel

Kuota Boros saat Streaming Film? Berikut Tips Menghemat Kuota Ponsel

2021-11-23 11:01:53

Perkembangan internet dari waktu ke waktu semakin meluas, hal ini juga merubah pola konsumsi media yang dilakukan oleh pengguna internet. Perkembangan internet sendiri dipengaruhi oleh pertumbuhan pengguna smartphone yang tinggi. Dikutip dari okezone.com Saat ini 79% pengguna internet mengakses internet melalui smartphone. Selanjutnya dari sumber yang sama menurut studi nielsen pada tahun 2018 rata- rata pengguna internet di indonesia memiliki durasi mengakses internet yaitu 3 jam 14 menit per harinya. Melihat durasi akses internet yang telah menghabiskan waktu 3 jam lebih tersebut, tentu banyak media yang telah di konsumsi, salah satunya dengan menonton film. 

 

Saat ini sudah banyak aplikasi media streaming di indonesia, dengan menawarkan layanan dan konten menarik baik dari dalam maupun luar negeri. konsumen bisa bebas memilih aplikasi mana yang diinginkan sesuai dengan preferensi atau kesukaan mereka. Dengan banyaknya aplikasi media streaming yang bermunculan menjadikan konsumen berpikir sejenak untuk memilih aplikasi yang tepat dan bisa menyajikan konten favorit mereka. Tidak jarang terjadi seseorang menggunakan aplikasi media streaming lebih dari satu demi menonton konten favorit. Eksklusivitas konten yang dimiliki aplikasi media streaming tersebut yang sering menjadikan seseorang berlangganan aplikasi media streaming lebih dari satu, bahkan ada yang mencapai tiga atau empat. Karena dengan eksklusivitas konten menjadikan konten tersebut tidak hanya dimiliki oleh satu aplikasi media streaming dan tidak dimiliki oleh aplikasi media streaming lainnya. Hal ini menjadikan konsumen selalu mendapatkan konten yang menarik sesuai kegemarannya. Namun, di sisi lain harus membayar biaya lebih karena berlangganan lebih dari satu aplikasi.

 

Karena konsumen mendapatkan banyak konten menarik tentu saja akan menambah waktu untuk menonton konten tersebut. Oleh karena itu dengan semakin tingginya waktu konsumsi media maka, akan meningkatkan juga penggunaan konsumsi kuota internet. Tidak jarang kuota internet habis ketika sedang asik menonton film. 

 

Namun tidak perlu khawatir, saat ini sudah ada cara menghemat kuota meskipun kamu suka berlama-lama menonton film. Mari simak tips berikut ini:

 

Gunakan versi light

Jika penyedia layanan media streaming menyediakan aplikasi dalam versi ringkas atau light, kamu bisa menggunakan versi aplikasi ini. Karena dengan aplikasi versi ringkas ini memakan lebih sedikit data dari versi aplikasi reguler. Tentu saja dengan aplikasi versi light ini akan lebih menghemat penggunaan kuota.

 

Unduh sebelum menonton

Sudah banyak penyedia aplikasi media streaming memiliki fitur download atau unduh pada aplikasi mereka. Hal ini bertujuan supaya kamu tetap bisa menonton konten meskipun tidak ada jaringan internet disekitar kamu. Untuk caranya ketika sedang terhubung dengan jaringan wifi, kamu bisa coba unduh konten yang diinginkan sampai seluruh konten berhasil di unduh. Sekarang kamu bisa menonton konten yang diinginkan tanpa risau akan memakan kuota.

 

Browser hemat data

Ada beberapa browser pada smartphone yang mengedepankan penghematan data dan baterai sebagai fitur unggulan. Browser seperti ini bisa mengurangi penggunaan data dari aplikasi yang terdapat pada smartphone kamu. Jadi ketika kamu mengakses menggunakan browser maka secara otomatis jumlah data yang digunakan akan lebih sedikit.

 

Menurunkan kualitas video

Cara menghemat kuota kuota pada saat streaming film adalah dengan menurunkan kualitas resolusi video tersebut menjadi lebih kecil. Jika kamu biasa menonton film dengan kualitas HD 1080p atau 720p, tentu saja akan mengkonsumsi banyak kuota internet. Untuk itu supaya kuota internet tidak termakan banyak, kamu bisa coba menurunkan kualitas resolusi film yang biasa kamu saksikan menjadi resolusi 480p atau dibawahnya. Memang kualitas resolusi film yang akan kamu saksikan tidak sebagus HD 1080p atau 720p namun jika kamu mau berkompromi dengan menurunkan resolusi cara ini akan menghemat kuota internet kamu. 

 

Namun, saat ini kamu tidak perlu khawatir lagi kehabisan kuota internet saat menonton film favorit. Karena kamu bisa mengandalkan aplikasi BRImo untuk keperluan paket data, dengan aplikasi BRImo kamu bisa beli paket data secara praktis serta menghemat waktu tanpa harus keluar rumah. Untuk cara membeli pulsa dengan cukup install aplikasi BRImo pada smartphone kamu lalu login, kemudian pilih fitur pulsa atau data. Selanjutnya isi nomor HP yang ingin diisi pulsa lalu klik lanjut. Jika nomor HP sudah benar dan tertera pada layar smartphone berikutnya pilih nominal, pilih sumber dana (jika rekening lebih dari satu) dan masukan PIN. Selesai, saat ini nomor kamu sudah berhasil terisi pulsa dan kamu bisa melanjutkan untuk membeli paket data yang sesuai keinginan.

 

Jadi sebagai penggemar streaming film tentu kamu bisa menerapkan cara menghemat kuota supaya pengalaman streaming film kamu tidak terganggu dengan kehabisan kuota internet, dengan cara ini kamu bisa menonton film lebih banyak dari sebelumnya. Kemudian bagi kamu yang belum memiliki aplikasi BRImo bisa langsung download melalui Google Playstore dan Appstore pada iOS. Menonton film memang menyenangkan namun pastikan kamu selalu ingat waktu untuk mengerjakan hal lainnya ya.