Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Gampang Cara Mengajukan Kredit Pinjaman untuk Modal Menikah

Gampang Cara Mengajukan Kredit Pinjaman untuk Modal Menikah

2020-08-02 23:36:31

Butuh dana cepat untuk menikah? Coba ikuti cara mengajukan kredit pinjaman BRIGuna berikut agar acara penting Anda bisa terselenggara dengan lancar. 

BRIGuna merupakan produk pinjaman dari Bank BRI. Produk pinjaman ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan dana cepat. Dengan dana yang diperoleh, Anda bisa menggunakannya untuk biaya menikah, renovasi rumah, pengembangakn usaha, atau yang lainnya. 

Mengenai biaya pernikahan memang memerlukan dana yang besar. Saat ini untuk sekali pesta pernikahan bisa membutuhkan dana di atas Rp100 juta. Apalagi jika jumlah tamu undangan banyak, angka tersebut bisa membengkak. Biaya tersebut terutama untuk biaya makan dan minuman, biaya sewa tempat, dan kebutuhan lainnya. 

Meski begitu, tentu Anda tidak akan menyerah begitu saja untuk mewujudkan pernikahan idaman Anda. Jika kekurangan modal menikah, Anda bisa coba ajukan pinjaman KTA BRIguna. 

Keuntungan mengambil kredit ini adalah tidak memerlukan jaminan aset fisik seperti BPKB Motor, Sertifikat rumah, atau BPKB mobil. Namun Anda hanya perlu menyertakan Surat Keterangan (SK) Pengangkatan Anda sebagai pegawai misalnya. Tentu dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan dana cepat ini. 

Nah, berikut ini langkah-langkah pengajuan kredit pinjaman KTA ini. 

1. Siapkan persyaratan

Selain SK pegawai, Anda bisa siapkan dokumen sebagai berikut: 

  1. KTP 
  2. NPWP 
  3. Kartu Keluarga
  4. Slip Gaji
  5. Fotocopy Buku Tabungan BRI
  6. Pas Photo Suami Istri bagi yang sudah menikah)
  7. Surat Rekomendasi atasan 

Sedangkan untuk pensiunan, dapat menyertakan SK asli pensiun. 

2. Ketahui Kebutuhan Dana

Anda perlu mengetahui berapa kekurangan dana Anda untuk modal menikah. Mungkin saat ini Anda sudah memiliki dana Rp 50 juta, sementara estimasi biaya penrikahan itu dapat mencapai Rp100 juta. Berarti nantinya Anda akan mengajukan pinjaman untuk menikah ini sebesar Rp100 juta. 

3. Datang ke BRI Terdekat

Bawa persyaratan lengkap tadi ke bank BRI terdekat. Anda bisa menuju meja customer service dan mengutarakan niat Anda untuk mengajukan pinjaman KTA. 

CS BRI nantinya akan mengecek kelengkapan persyaratan tersebut. Jika ada yang kurang, Anda akan diminta untuk melengkapinya. Jika Syarat tersebut sudah lengkap, nNda pun akan diminta untuk menunggu. Aplikasi pinjaman KTA Anda pun akan diproses. 

4. Survei 

Saat tahap menunggu ini, bank akan melakukan verifikasi dan survei. Fungsinya adalah untuk mencocokan data yang telah Anda serahkan dengan kondisi nyata. Mereka akan datang ke rumah atau kantor untuk melakukan survei tersebut. 

5. Disetujui 

Setelah proses survei selesai dan tidak ada lagi masalah, maka pinjaman KTA Anda ini pun akan disetujui. Selanjutnya Anda akan dikabari oleh pihak BRI mengenai waktu pencairan dana tersebut. 

Tips Memilih KTA untuk Modal Menikah 

Mungkin sebagian orang berpandangan hal yang tabu jika meminjam ke bank untuk modal menikah. Namun sebetulnya hal itu lumrah saja seperti kebutuhan yang lain, misalnya untuk biaya pengobatan atau renovasi rumah. Ketika misalnya waktu resepsi pernikahan sudah ditetapkan dan ternyata ada hal-hal tak terduga yang luput dari perkiraan awal. Misalnya biaya catering membengkak.

Otomatis hal tersebut akan membuat Anda kekurangan dana. Solusi paling tepat adalah mencari dana cepat agar kebutuhan dana tersebut segera terpenuhi. Produk KTA dapat menjadi salah satu solusinya. 

Saat melakukan pengajuan KTA, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa waktu berikut.

1. Pilih Jangka Waktu Pinjaman yang Tepat 

Tentukan masa pinjaman (tenor) yang sesuai kemampuan. Hindari memilih jangka waktu pinjaman yang terlalu panjang. Sebab tentu Anda yang baru menikah tak ingin berlama-lama dengan pelunasannya. 

Namun tetap harus diperhatikan kemampuan membayar. Misalnya Anda bisa pilih waktu 1 sampai 3 tahun untuk tenor KTA tersebut. 

2. Jangan Tutup Lubang gali Lubang

Saat Anda mulai melakukan pembayaran cicilan KTA nantinya, sebaiknya tidak tutup lubang dengan membuka utang baru. Dengan begitu harapannya pinjaman KTA Anda ini cepat lunas. 

3. Lakukan Perbandingan KTA

Maksudnya adalah Anda bisa minta kepada petugas bank untuk membuat simulasi KTA misal untuk tenor 1 hingga 5 tahun. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih pas perihal angsuran per bulan maupun nilai total pinjaman yang harus dikembalikan. 

4. Komunikasi dengan Pasangan

Ada baiknya jika Anda berkomunikasi dengan pasangan sebelum mengambil kredit tersebut. Dengan begitu Anda dan pasangan sama-sama tahu bahwa ini merupakan langkah tepat untuk  diambil. 

Apalagi saat ini juga makin banyak pasangan yang mandiri. Untuk biaya pernikahan tidak lagi bergantung pada orang tua. Tentu saja hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. Namun yang pasti Anda dan pasangan harus saling mendukung atas keputusan mengambil dana pinjaman untuk menikah ini.