Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Cara Mengajukan Kredit Pinjaman Gampang Disetujui

Cara Mengajukan Kredit Pinjaman Gampang Disetujui

2020-04-16 00:30:53

Sering ditolak ketika hendak mengajukan kredit pinjaman? Mungkin penyebabnya ada di bawah ini. Anda harus segera mengetahuinya agar pengajuan kredit berikutnya bisa tembus. 

Memang mengajukan pinjaman ke bank itu boleh dibilang gampang-gampang susah. Terlebih bagi Anda yang baru pertama kali mau mengajukan. Belum ada riwayat kredit yang tercatat, sehingga mungkin saja pengajuan kredit Anda ini tidak mudah disetujui. 

Biar lebih mudah dicerna, ceritanya anggap saja Anda berniat pinjam uang ke bank untuk membuka usaha. Kebutuhan modal Anda adalah Rp25 juta. Rencananya modal tersebut akan digunakan untuk membuka usaha toko kelontong di rumah. Bagaimana trik agar pengajuan kredit pinjaman usaha ini gampang tembus?

Mudah! Anda bisa ikuti cara mengajukan kredit pinjaman agar disetujui berikut ini.

 

1. Penuhi Persyaratan 

Meminjam uang di lembaga keuangan itu dibutuhkan persyaratan. Anda harus memenuhi persyaratan tersebut. Melalui dokumen persyaratan tersebut,  bank melakukan identifikasi awal calon nasabah. 

Anda bisa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Lagi pula umumnya persyaratan itu cukup mudah dan bisa Anda penuhi. Biasanya syarat tersebut sebagai berikut:

Menyiapkan dokumen fotokopi seperti identitas diri (KTP, SIM), fotocopy akta nikah, fotokopi akta keluarga, fotokopi buku tabungan. 

Syarat Lainnya, misalnya berupa daftar gaji, surat rekomendasi dari atasan, atau yang lainnya.

Isi formulir pengajuan kredit. Saat melakukan pengajuan ke BRIGuna, sudah disiapkan formulir yang bisa Anda isi. Anda isi secara lengkap dan jelas agar nantinya memudahkan ketika dibaca. 

Semua persyaratan tersebut mudah untuk Anda penuhi. Anda tinggal cari dokumen yang diperlukan, lalu pergi ke tukang fotocopy terdekat untuk menyiapkannya. Lalu kumpulkan dalam satu map khusus agar Anda mudah ketika hendak mengajukannya nanti. 

 

2. Ajukan Kredit

Setelah itu, Anda bisa datang ke kantor cabang BRI terdekat. Sampaikan bahwa Anda ingin mengajukan pinjaman BRIguna. 

Nantinya Anda akan antri sebentar. Setelah itu, Anda akan menyerahkan dokumen yang diperlukan tersebut kepada karyawan BRI yang menangani kredit. Mungkin juga Anda akan ditanya beberapa hal seperti misalnya untuk tujuan penggunaan pinjaman KTA tersebut. Anda sampaikan secara jujur apa niat Anda mengajukan kredit BRIguna.

 

3. Menunggu Persetujuan

Selanjutnya Anda tinggal menunggu saja. Pihak bank akan memproses pengajuan kredit pinjaman Anda ini. 

Perlu diketahui, sebelum meloloskan aplikasi pinjaman, bank akan melakukan pengecekan berdasarkan 5C yaitu character, capacity, capital, collateral, dan condition

Character artinya karakter calon debitur akan ditelisik. Pihak bank akan mencari tahu seperti apa karakter Anda. Mereka akan melakukan survei ke tetangga terdekat untuk mengetahui karakter Anda lebih jauh. 

Capacity artinya adalah kemampuan calon peminjam untuk mengembalikan pinjaman. Hal ini dinilai bank dari aset yang dimilikinya. Sekalipun pinjaman KTA tidak memerlukan agunan fisik, namun tetap akan dilakukan penilaian terhadap kemampuan dalam pengembalian pinjaman agar nantinya kredit tersebut dapat berjalan lancar. 

Capital artinya adalah kondisi finansial calon peminjam saat ini. Apakah kondisi capital orang tersebut dalam keadaan baik atau buruk. 

Collateral artinya adalah benda jaminan. Untuk produk BRIGuna Anda hanya tidak perlu memberikan jaminan seperti rumah atau BPKB, namun Anda cukup bisa memberikan SK pegawai sebagai jaminannya. 

Condition adalah kondisi ekonomi yang terkait dengan bidang calon peminjam. Sebagai contoh, misalnya Anda berniaga di bidang ritel dan kondisi ritel saat ini tengah bagus. Bank pun akan menilai kalau kondisi Anda itu bagus sehingga akan lebih mudah untuk meng-approve permohonan kredit tersebut. 

Itulah hal-hal yang dinilai oleh bank saat Anda melakukan pinjaman. Jika kelima hal itu tidak ada masalah, besar kemungkinan permohonan pinjaman kredit BRI Anda disetujui. 

Mudah kan cara mengajukan kredit pinjaman di Bank BRI? Anda dapat menerapkan langkah-langkah tadi agar proses meminjam di bank lebih gampang tembus.