Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

9 Hobi yang Menghasilkan Uang Walau Hanya Dilakukan di Rumah Saja

9 Hobi yang Menghasilkan Uang Walau Hanya Dilakukan di Rumah Saja

2021-06-07 10:26:01

Pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Memang senang sekali ya rasanya bila bisa menekuni hobi yang disukai sambil menghasilkan uang. Kamu pasti menjalaninya dengan enjoy dan tertantang untuk menyelesaikan setiap masalah yang muncul. Beda banget deh kalau kamu mengerjakan hal-hal yang tidak kamu sukai, rasanya jadi kurang bersemangat, gampang stres, dan mudah menyerah.

Sekarang, banyak lho hobi yang menghasilkan uang meskipun hanya dilakukan di rumah saja. Kalau kamu memiliki satu dari beberapa hobi berikut ini, berarti kamu harus menekuninya secara serius agar bisa menambah pundi-pundi tabungan:

Membuat Konten Medsos

Hobi membuat konten medsos tidak selalu buruk lho. Jika kamu memang hobi eksis di media sosial seperti Instagram, Youtube, atau Tiktok, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan banyak uang. Mulailah konsisten membuat konten yang menarik dan bermanfaat. Jika jumlah followers-mu semakin banyak, maka kamu berkesempatan menjadi influencer dengan honor besar. Tak hanya bisa mendapatkan produk endorse, kamu akan mendapatkan tawaran kerja sama dari brand yang tertarik dengan personal branding-mu di media sosial.

Menciptakan Karya Tulis

Membahas tentang hobi yang menghasilkan uang tentu tak lengkap tanpa menyebut karya tulis. Menciptakan karya tulis memang tidak mudah karena butuh kreativitas dan daya imajinasi. Selain itu, tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa yang baik dalam menulis. Itulah sebabnya hobi membuat karya tulis dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Kamu bisa bekerja sebagai penulis lepas atau ghost writer dengan sistem kerja remote. Sehingga kamu tidak harus keluar rumah untuk menghasilkan uang dari hobi yang satu ini. Hobi menciptakan karya tulis yang didukung kemampuan bahasa asing juga membuatmu berkesempatan membuka jasa penerjemahan yang kini semakin dibutuhkan banyak orang.

Membuat Konten Desain Grafis

Bukan hanya hobi menciptakan karya tulis yang dapat menghasilkan uang. Kepiawaianmu dalam membuat konten desain grafis juga berpeluang mendatangkan pemasukan tambahan. Kamu wajib menguasai berbagai software desain untuk mendukung hobi yang satu ini. Jangan malas mencari referensi desain dari berbagai sumber agar kamu bisa mempelajari seluk-beluknya sebelum menemukan gaya desainmu sendiri. Jika sudah memiliki banyak pengalaman, kamu dapat mencoba peruntungan dengan mengikuti kontes desain atau melamar pekerjaan remote untuk posisi desainer grafis.

Mempelajari Bahasa Pemrograman

Orang-orang yang hobi mempelajari bahasa pemrograman biasanya memiliki masa depan cemerlang karena keterampilan tersebut sangat dibutuhkan di masa kini dan masa depan. Jangan malas menekuni hobi di bidang bahasa pemrograman agar kemampuanmu semakin baik, ya. Bukan mustahil bila nanti kamu bisa menciptakan program atau aplikasi mutakhir yang bermanfaat bagi semua orang. Saat ini, banyak perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing yang sedang merekrut para ahli bahasa pemrograman untuk bekerja dari jarak jauh. Jika kamu berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu bisa menghasilkan uang meskipun hanya beraktivitas di rumah saja.

Merawat Hewan Peliharaan

Banyak orang menganggap bahwa hobi merawat hewan peliharaan hanya membuang uang dan waktu. Padahal, hobi ini juga potensial menghasilkan uang bila kamu menjalaninya secara tepat. Misalnya, kamu mengembangbiakkan kucing ras untuk dijual kembali. Harga kucing ras tentu jauh lebih mahal daripada kucing biasa. Dengan demikian, uang yang kamu dapat dari hasil ternak hewan peliharaan dapat dimanfaatkan untuk hobi maupun kepentingan lainnya. Selain itu, kamu juga berpeluang mendapatkan hadiah besar jika berhasil memenangkan kontes hewan peliharaan.

Berkebun

Hampir sama seperti hobi merawat hewan peliharaan, berkebun juga sangat menyenangkan. Mengurus tanaman-tanaman kesayangan bisa membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari stres. Di samping itu, membudidayakan tanaman juga membuatmu berpeluang menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Cobalah mencari tahu tentang tren tanaman yang sedang digandrungi masyarakat. Biasanya tanaman yang sedang populer bisa dijual dengan harga tinggi sehingga kamu dapat memperoleh keuntungan berlipat ganda.

Memasak

Jangan menganggap remeh hobi memasak yang identik dengan kaum perempuan. Faktanya, memasak adalah life skill yang harus dikuasai semua orang, termasuk para pria. Hobi memasak bisa menjadi jalan untuk menghasilkan uang. Kamu bisa merintis bisnis catering atau usaha kue secara online. Semua prosesnya bisa dilakukan di rumah tanpa harus memiliki lokasi usaha khusus. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil karena persiapannya tidak terlalu rumit. Jangan malas mencari referensi resep-resep makanan terbaru agar hidangan buatanmu lebih bervariasi, ya.

Koleksi Diecast

Koleksi miniatur kendaraan atau diecast kini tak lagi identik dengan anak-anak. Hobi yang disukai kaum pria ini memang bisa memberikan kepuasan tersendiri. Kamu pasti senang mengamati koleksi diecast kesayangan yang berbaris rapi di lemari pajangan. Selain untuk kesenangan pribadi, hobi mengoleksi diecast juga bisa menghasilkan uang. Kamu hanya perlu berburu koleksi diecast langka yang dicari banyak kolektor. Bila kamu punya lebih dari satu diecast langka dengan tipe yang sama, kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi sehingga keuntunganmu makin berlipat ganda. Di sela-sela kesibukan merawat dan berburu diecast, kamu bisa mencoba merintis toko online yang menjual diecast di beberapa marketplace populer.

Bermain Game

Hobi bermain game tidak selalu identik dengan hal-hal negatif. Kalau kamu menekuninya secara serius, bermain game juga tak kalah menguntungkan dibandingkan hobi lainnya. Namun, kamu harus berlatih secara maksimal agar bisa menjadi seorang gamer profesional. Sebelum menjadi seorang profesional, kamu dapat memperoleh uang dengan menjual hero atau item unik yang kamu miliki di akun game. Bermain game dengan intensitas tinggi akan mengasah kemampuanmu sehingga kamu bisa menjadi seorang profesional. Kamu juga patut mengikuti berbagai turnamen secara rutin untuk meningkatkan kemampuanmu secara signifikan.

Melakukan berbagai aktivitas hobi di rumah tentu membutuhkan dukungan energi listrik yang memadai. Tak perlu khawatir soal urusan pulsa listrik yang habis ketika kamu beraktivitas di rumah. Proses membeli pulsa listrik dapat dilakukan secara praktis melalui aplikasi BRImo. Caranya, login dulu di aplikasi BRImo lalu pilih opsi Beli dan Bayar. Kemudian, pilih menu Tagihan PLN dan sumber dana (bila rekening BRI-mu lebih dari satu). Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran dan perhatikan informasi yang muncul di layar smartphone. BRImo akan menampilkan pilihan nominal token mulai dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah. Kalau sudah memilih nominal token listrik yang kami inginkan, klik Lanjut dan lalu klik Konfirmasi. Terakhir, masukkan Pin dan pilih lanjut. Jika transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan 20 digit kode token yang bisa segera dimasukkan ke meteran listrik.

Kemudahan yang disediakan BRImo membuatmu tak perlu repot pergi ke luar rumah untuk membeli token listrik. Kamu bisa fokus menekuni hobi dan mengembangkannya secara maksimal agar lekas menghasilkan uang. Bukan mustahil bila nanti kamu mempunyai bisnis besar yang berawal dari hobi.