Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Dompetmu Hilang. Jangan Panik Ya!

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Dompetmu Hilang. Jangan Panik Ya!

2021-06-07 10:16:03

Musibah memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Salah satu yang paling sering dialami banyak orang adalah kehilangan dompet. Meskipun cara tarik tunai tanpa kartu ATM kini bisa kamu lakukan secara mudah, tetap saja kamu butuh dompet untuk menyimpan uang tunai dan kelengkapan identitas. Entah itu karena dompet tak sengaja terjatuh atau dicopet di tempat umum, kehilangan dompet memang selalu meresahkan, ya. Namun, jangan panik dulu. Kamu harus tetap tenang agar bisa menentukan langkah yang tepat ketika kehilangan dompet.

Memblokir Kartu ATM dan Kartu Kredit

Dompet yang hilang rentan menyebabkan penyalahgunaan ATM dan kartu kredit oleh oknum tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, kamu wajib memblokir kartu ATM dan kartu kredit sesaat setelah dompetmu hilang. Segera hubungi pihak bank untuk memberi tahu bahwa kartu ATM atau kartu kreditmu raib bersama dompet yang hilang. Nanti, pihak bank akan membantumu memblokir kartu-kartu tersebut agar tidak disalahgunakan orang lain. Proses aktivasi kartu dapat dilakukan setelah suasana mulai kondusif dan kamu bisa menyempatkan waktu untuk mengurusnya di bank.

Melaporkan Kehilangan pada Pihak Kepolisian

Ketika kamu sadar kalau dompetmu hilang (terutama bila kamu yakin dompetmu dicuri), kamu harus lekas mencari pos polisi terdekat untuk melaporkan kondisi kehilangan tersebut. Tindakan ini memang tidak menjamin dompetmu akan segera kembali. Namun, laporan kehilangan penting untuk membantu mengurus kelengkapan identitas, kartu ATM, dan kartu kredit yang ikut hilang dalam insiden tersebut. Kamu akan diminta menyebutkan isi dompet dan nominal uang yang hilang untuk mempermudah proses pembuatan laporan. Jika oknum yang mengambil dompetmu menyalahgunakan identitasmu untuk melakukan tindak kriminal lainnya, kamu tidak perlu bertanggung jawab sebab kamu sudah mendapatkan surat laporan kehilangan.

Menghubungi Keluarga, Sahabat, dan Kerabat Dekat

Usai melaporkan kehilangan pada pihak polisi dan memblokir ATM serta kartu kredit, kamu bisa menghubungi keluarga, sahabat, atau kerabat dekat lainnya. Mintalah orang-orang terdekat untuk datang dan menghampirimu dalam proses pencarian dompet. Selain itu, kamu juga harus mengingatkan orang-orang terdekat untuk tidak mudah percaya dengan oknum yang menggunakan namamu demi kepentingan semata. Banyak kasus penyalahgunaan identitas oleh pelaku kriminalitas yang meminjam uang atau meminta transfer dana dengan mengatasnamakan pihak lain. Jangan sampai orang-orang terdekatmu menjadi korbannya karena tidak tahu kalau kamu baru saja kehilangan dompet.

Mengunjungi Kantor Kedutaan Bila Sedang Berada di Luar Negeri

Musibah kehilangan dompet memang bisa terjadi di mana saja, termasuk ketika kamu sedang berada di luar negeri. Jika kamu mengalaminya saat berada di negeri orang, kamu harus segera mengunjungi kantor kedutaan untuk membuat laporan kehilangan. Kantor kedutaan akan membantumu mengurus laporan di kantor polisi terdekat serta menghubungi orang-orang terdekat untuk meminta bantuan.

Mengawasi Transaksi pada Akun Finansialmu

Memblokir kartu ATM dan kartu kredit setelah kehilangan dompet memang bisa membuatmu tenang sejenak. Namun, jangan sampai lengah karena bisa saja ada orang yang berupaya membobol rekening bank-mu. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu menggunakan internet banking atau mobile banking untuk mengatasi transaksi pada akun finansialmu. Jangan ragu untuk segera melapor pada pihak bank bila kamu menemukan transaksi mencurigakan pasca kehilangan dompet.

Mengurus Semua Dokumen Penting Sesegera Mungkin

Sesaat setelah kehilangan dompet, kamu harus meluangkan waktu untuk mengurus semua dokumen penting sesegera mungkin. Jangan sampai aktivitasmu terhambat karena kehilangan dokumen penting yang akan digunakan dalam waktu dekat. Proses mengurus dokumen penting harus dimulai dengan kelengkapan identitas (KTP, SIM, NPWP, atau STNK) lalu dilanjutkan dengan urusan di bank (kartu ATM dan kartu kredit). Kalau semua dokumen penting sudah rampung, kamu bisa beraktivitas kembali seperti biasa.

Menarik Saldo Tanpa Kartu ATM

Jika kamu butuh uang dalam keadaan mendesak setelah dompet hilang, kamu bisa melakukannya secara praktis tanpa butuh kartu ATM. Cara tarik tunai tanpa kartu ATM dapat dilakukan dengan mudah kalau kamu menggunakan BRImo, aplikasi mobile banking persembahan BRI. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah ini agar dapat melakukan penarikan saldo tanpa kartu ATM:

· Gunakan aplikasi BRImo versi terbaru kemudian login dengan username dan password seperti biasa. Pastikan kalau koneksi internetmu memadai agar proses tarik tunai berlangsung lancar.
· Setelah berhasil login dan masuk ke halaman home, carilah menu Tarik Tunai. Jika sudah menemukan menu tersebut, pilih opsi Sumber Rekening Dana, masukkan nominal tarik tunai, lalu klik Lanjut. Kalau transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan kode unik yang bisa digunakan di mesin ATM.
· Carilah mesin ATM BRI terdekat lalu klik tombol kiri bawah di sekitar layar ATM.
· Pilih menu Tarik Tunai lalu masukkan kode unik yang sudah kamu dapatkan dari BRImo. Kode tersebut harus tepat dan segera digunakan agar tidak perlu melakukan request ulang, karena kode tersebut hanya berlaku selama 5 menit jika ingin melalukan Tarik Tunai.
· Selanjutnya, masukkan nomor HP yang terdaftar di BRImo.
· Tunggu beberapa saat sampai mesin ATM selesai memproses penarikan saldo dari rekeningmu. Maka kamu pun akan segera mendapatkan uang sesuai dengan nominal yang kamu butuhkan.
· Proses tarik tunai tanpa kartu ATM yang praktis dengan aplikasi BRImo membuatmu tak akan kesulitan memenuhi kebutuhan meskipun kartu ATM sedang diblokir untuk sementara waktu.

Tips Mengantisipasi Risiko Kehilangan Dompet

Kehilangan dompet memang menjadi pengalaman menyebalkan. Namun, hal tersebut akan membuatmu lebih cermat dan waspada dalam mengantisipasi risiko kejadian yang sama. Alangkah lebih baik jika kamu melakukan beberapa hal ini sebelum dompet hilang atau dicuri lagi:

· Mengurangi ketebalan dompet saat membawanya ke luar rumah. Jangan malas menyingkirkan lembaran struk dan benda-benda tak penting lainnya dari dompet.
· Membatasi jumlah uang tunai dari dompet sehingga kamu tidak mengalami kerugian besar jika dompetmu hilang.
· Memotret semua kelengkapan identitas, kartu ATM, dan kartu kredit untuk mempermudah proses laporan kehilangan. Simpanlah foto-foto penting tersebut di smartphone atau laptop agar mudah diakses setiap saat.
· Menyiapkan fotokopi kelengkapan identitas (KTP, SIM, NPWP, atau STNK) di rumah untuk berjaga-jaga.
· Menyimpan informasi kontak pribadi berbentuk emergency card dalam dompet. Emergency card biasanya memuat informasi tentang nama, nomor telepon, dan alamat pemilik dompet yang dilaminating agar tahan lama dan tulisannya tidak memudar. Kalau dompetmu ditemukan oleh orang baik, kemungkinan besar orang tersebut akan mengembalikan dompetmu setelah melihat emergency card di dalamnya.
· Mengubah PIN ATM secara berkala untuk mengurangi risiko pembobolan rekening saat dompetmu hilang dan ditemukan oknum pelaku kriminalitas.
· Menghentikan kebiasaan menyimpan informasi bersifat pribadi dan rahasia di dompet, misalnya meletakkan catatan berisi PIN ATM di dompet.

Kesimpulannya, sudah bukan zamannya deh panik setengah mati bila dompet hilang. Cara tarik tunai tanpa kartu ATM bisa dilakukan dengan mudah sehingga kamu tak akan kekurangan uang saat dompet hilang. Kamu hanya perlu bertindak sigap untuk memblokir kartu ATM dan kartu kredit serta mengurus laporan kehilangan. Mudah-mudahan pengalaman kehilangan dompet membuatmu jadi lebih teliti dan bijak, ya.