Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

10 Cara Mengembangkan Potensi Diri Agar Hidup Penuh Makna

10 Cara Mengembangkan Potensi Diri Agar Hidup Penuh Makna

2021-06-21 12:12:48

Berbahagialah orang-orang yang telah menemukan potensi dalam diri sendiri dan berhasil mengembangkannya. Setiap orang memiliki potensi istimewa yang berbeda dengan orang lain. Sayangnya, tak semua orang tahu cara mengenali potensi diri sehingga menganggap diri sendiri tidak memiliki kelebihan. Pengenalan terhadap potensi diri sendiri harus dilakukan sejak dini supaya kamu dapat berkembang menjadi pribadi yang berkualitas dan percaya diri.

Tak ada kata terlambat untuk mengembangkan potensi diri. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar potensimu berkembang dan hidup pun semakin penuh makna:

Tes Minat dan Bakat

Biasanya tes minat dan bakat memang diperuntukkan bagi anak-anak. Namun, kamu juga bisa mencobanya bila selama ini belum menemukan minat dan bakat dalam diri sendiri. Tes minat dan bakat akan menguji kesukaan serta kompetensi yang ada pada dirimu. Meskipun sifatnya tidak mutlak, hasil tes minat dan bakat bisa dimanfaatkan untuk mencari kegiatan atau jurusan pendidikan yang berpengaruh besar bagi masa depanmu.

Berdiskusi dengan Orang-Orang Terdekat

Jangan menutup diri dari orang-orang terdekat kalau kamu belum mengenali potensi dirimu sendiri. Cara mengembangkan potensi diri juga patut mendapat dukungan dari orang-orang terdekat. Cobalah menanyakan pendapat orang-orang terdekatmu mengenai potensi yang mereka lihat dalam dirimu. Misalnya, bila orang-orang terdekat menganggapmu unggul dalam bidang menggambar, berarti kamu punya bakat di bidang visual dan kecerdasan spasial yang tinggi. Bukan mustahil bila nanti orang-orang terdekat akan memberikan saran dan kritik yang bermanfaat bagi dirimu.

Jangan Ragu Mencoba Hal-Hal Baru

Kamu tak akan pernah mengenali potensi besar dalam dirimu bila kamu ragu mencoba hal-hal baru. Itulah sebabnya kamu mesti lebih proaktif melakukan hal-hal baru, misalnya pindah tempat kerja atau pindah kuliah, bergabung dengan komunitas baru, atau mengikuti kegiatan baru di lingkungan sekitar. Tak hanya meningkatkan kemampuan komunikasi dengan orang lain, kamu akan lebih mengenal diri sendiri bila selalu tergugah menaklukkan tantangan baru.

Bila kamu punya waktu senggang, manfaatkan untuk mengikuti kursus, webinar, atau training sesuai minat. Belajar hal-hal baru akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih kreatif dan peka terhadap perubahan zaman. Sehingga kamu tak akan tertinggal dibandingkan generasi yang lebih muda meskipun usia terus bertambah.

Tak Perlu Terpengaruh dengan Pandangan Negatif Orang Lain

Banyak orang mengalami kegagalan karena terlalu terpengaruh dengan pandangan negatif orang lain. Faktanya, hanya kamu yang berhak menentukan jalan hidupmu sendiri. Saran dan kritik orang lain memang patut ditampung sebagai bahan evaluasi diri. Namun, bukan berarti hal tersebut boleh membuatmu minder dan meragukan kemampuan diri sendiri. Justru kamu harus membuktikan bahwa kamu berhasil menemukan cara mengembangkan potensi diri sehingga kamu dapat menjadi pribadi yang sukses.

Bergaul dalam Lingkungan yang Positif

Pengaruh lingkungan turut memberikan andil besar dalam proses pengembangan potensi dirimu. Jadi, sebaiknya kamu bergaul di lingkungan yang positif dan mampu mendukung kemajuanmu. Kamu tak perlu ragu meninggalkan lingkungan pergaulan yang memandang rendah terhadap dirimu atau membuatmu tergoda melakukan hal-hal yang kurang baik (suka bermalas-malasan, hedon, dan dipenuhi hubungan tak sehat). Kamu berhak menjadi pribadi yang lebih bahagia di lingkungan yang bermanfaat bagimu.

Menambah Jumlah Relasi

Jalinan relasi yang luas merupakan kesempatan baik untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri sendiri. Bila kamu memiliki relasi yang luas, kamu bisa belajar mengenali karakter banyak orang dan bisa mendapatkan banyak pelajaran baru dari setiap orang. Berteman dengan siapa saja akan membuatmu menjadi pribadi yang open minded sehingga tidak memandang sesuatu dari satu perspektif saja. Bukan mustahil bila relasi yang baik dengan orang lain membuatmu semakin mengenali potensi dalam diri sendiri. Kesempatan belajar, berbisnis, maupun peluang kerja yang lebih baik juga kerap berasal dari jalinan relasi yang kamu miliki.

Berani Keluar dari Zona Nyaman

Zona nyaman sering kali membuat seseorang gagal mengembangkan potensi diri. Contohnya, seseorang terlalu nyaman dengan lingkungan kerjanya sehingga tak berani pindah ke tempat kerja yang lebih potensial atau merintis bisnis sendiri. Peningkatan kualitas diri sendiri dapat dicapai kalau kamu berani keluar dari zona nyaman. Namun, tentu saja kamu harus melakukannya dengan persiapan matang. Bila nanti kamu berhasil beradaptasi di zona yang baru, kemungkinan besar potensi dirimu semakin maksimal karena kamu dapat memanfaatkannya dengan baik.

Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Rasa minder memang rentan muncul saat melihat keberhasilan orang lain. Padahal sebenarnya kamu tak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap orang memiliki fase perkembangan dan pencapaian yang berbeda. Jadi, kamu hanya perlu fokus mengembangkan diri sendiri tanpa terpengaruh pencapaian orang lain. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi yang membuatmu tergugah mencapai keberhasilan yang sama. Niscaya kamu akan berhasil mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin tanpa bayang-bayang orang lain.

Menjalin Persahabatan dengan Orang-Orang yang Beda Usia

Kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran baru bila bergaul dengan orang-orang yang berbeda usia. Orang yang lebih muda membuatmu belajar tentang teknologi dan hal-hal bersifat kekinian lainnya. Sementara itu, orang yang lebih tua memiliki banyak pengalaman hidup yang bisa kamu jadikan bekal di masa kini dan masa depan. Pergaulan yang positif membuatmu tak sekadar bersenang-senang tetapi juga bisa mengambil banyak manfaat sehingga kamu akan berkembang menjadi pribadi yang lebih matang dan dewasa.

Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Selain fokus menemukan cara mengembangkan potensi diri, kamu juga harus sadar bahwa setiap orang memiliki kekurangan. Kamu harus mampu berdamai dengan kekurangan tersebut supaya tidak merasa rendah diri. Kekurangan dalam dirimu akan tertutupi jika kamu bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan mahir mengembangkan potensi diri sendiri. Jadi, jangan hanya menyesali kekurangan yang kamu miliki. Ingatlah bahwa orang lain pun memiliki kekurangan tetapi banyak yang sukses dan berhasil menaklukkan kekurangan tersebut. 

 

Salah satu hal yang wajib kamu kuasai selama berupaya mengembangkan potensi diri sendiri adalah cara mengelola finansial yang efektif. Mengelola finansial adalah life skill yang harus dimiliki semua orang. Pengelolaan finansial yang baik akan membuat masa depanmu dan keluarga jadi terjamin. 

Mulai sekarang, kamu bisa mengandalkan fitur Personal Financial Management (PFM) di aplikasi BRImo untuk membantu menata kondisi finansialmu. Personal Financial Management (PFM) adalah fitur canggih yang dapat menginformasikan jumlah pemasukan dan pengeluaran selama bertransaksi menggunakan channel BRI. PFM di aplikasi BRImo memuat rincian transaksi bisnis beserta tanggalnya secara rinci yang dapat mencatat pengeluaran otomatis di BRImo sedangkan pendapatan Nasabah bisa dicatat dalam fitur Personal Financial Management (PFM) tersebut. Kehadiran fitur PFM tersebut akan mempermudah kamu mencatat anggaran pribadi sehingga kamu bisa meminimalkan pengeluaran yang kurang penting. Mari mengunduh dan mengaktifkan aplikasi BRImo di smartphone agar kamu bisa memanfaatkan Personal Financial Management dan fitur-fitur lainnya semaksimal mungkin.