Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

10 Tips Jitu Mencegah Pencuri Membobol Rumah

10 Tips Jitu Mencegah Pencuri Membobol Rumah

2021-09-14 14:06:46

Lingkungan yang aman dan nyaman akan membuatmu betah beraktivitas di rumah. Itulah sebabnya kamu harus cermat memilih lingkungan tempat tinggal yang sistem keamanannya terjamin. Selain itu, kamu juga harus memiliki persiapan yang memadai untuk mengantisipasi risiko pembobolan rumah. Cara mengatasi pencurian sebenarnya tidak sulit asalkan kamu mau melakukannya secara telaten.

Mulai sekarang, jangan malas meningkatkan sistem keamanan di rumahmu, ya. Lakukan 8 tips jitu ini untuk mencegah pencuri membobol rumah:

Memilih Pagar Rumah yang Kokoh

Pagar rumah yang kokoh dan sulit dipanjat merupakan salah satu cara mengatasi pencurian yang efektif untuk rumahmu. Pastikan bahwa kamu selalu memperhatikan kualitas pagar secara berkala. Kamu harus lekas memperbaiki atau mengganti pagar yang rusak. Jangan sampai pagar rusak membuatmu lengah sehingga rumah rentan kebobolan maling. Gunakan engsel yang kokoh serta kunci pintu dan jendela yang kuat untuk melindungi rumah dan seisinya secara maksimal. Alangkah lebih baik lagi bila pagar rumahmu dilapisi lembaran fiber agar interior rumah tidak langsung terlihat dari luar.

Memasang Teralis Jendela

Salah satu cara mengatasi pencurian yang bisa kamu lakukan ketika renovasi rumah adalah memasang teralis jendela. Keberadaan teralis jendela membuat maling tak mudah masuk ke rumah. Pilihlah teralis yang ukuran jerujinya kecil dan berbahan dasar kokoh supaya tidak gampang dirusak maling. Tak hanya efektif meningkatkan keamanan rumah, teralis jendela yang estetik juga akan membuat rumahmu semakin sedap dipandang.

Memperhatikan Sistem Pencahayaan Eksterior dan Interior

Pencahayaan rumah yang memadai akan membuat rumah jadi terang dan aman. Oleh sebab itu, kamu mesti memasang sistem pencahayaan alami dan buatan terutama yang memadai. Di siang hari, rumah harus didesain sedemikian rupa supaya interiornya terang karena cahaya matahari. Sementara itu, cahaya lampu yang memadai harus menerangi bagian interior dan eksterior pada malam hari. Sehingga aktivitas maling yang berada di luar rumah bisa dipantau dengan mudah.

Menjalin Hubungan Baik dengan Tetangga

Pernahkah kamu mendengar sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa tetangga adalah saudara yang paling dekat dengan kita?

Ungkapan tersebut memang benar sebab tetangga akan langsung menolongmu bila sedang membutuhkan bantuan. Hubungan baik dengan tetangga juga akan membuat kondisi rumahmu lebih aman. Para tetangga tidak segan memberi tahu kamu bila ada sesuatu yang mencurigakan di sekitar rumah atau bahkan langsung menangkap maling yang sedang berusaha membobol rumah. Selain itu, para tetangga juga pasti memahami kebiasaanmu sekeluarga sehingga gampang mendeteksi keadaan tak lazim di rumah, misalnya para tetangga tahu bahwa rumahmu selalu kosong di siang hari karena seluruh anggota keluarga beraktivitas di luar. Hubungan yang kurang akrab akan membuat tetangga sekitar lebih cuek terhadap kondisi keamanan rumahmu sehingga risiko kemalingan jadi semakin besar.

Memberi Informasi kepada Petugas Keamanan di Lingkungan Rumah

Jika kamu sekeluarga akan meninggalkan rumah selama beberapa hari atau bahkan lebih lama lagi, sebaiknya kamu menitipkan pesan terlebih dahulu kepada petugas keamanan di lingkungan rumah. Sehingga petugas keamanan tersebut dapat memberikan perhatian ekstra terhadap situasi di sekeliling rumahmu. Tindakan sederhana ini sangat efektif mengamankan rumah dari risiko kasus pencurian, terutama saat musim mudik tiba.

Mengunci Pintu dan Jendela Setiap Hari

Keamanan rumah juga berkaitan dengan kebiasaan mengunci pintu dan jendela. Kamu patut mengunci pintu dan jendela setiap hari, terutama pada siang dan malam hari. Kasus pencurian bukan hanya rentan terjadi di malam hari, melainkan juga bisa terjadi di siang hari ketika lingkungan rumah sedang sepi. Di samping itu, kamu juga mesti mengunci semua pintu dan jendela dengan benar jika berencana mudik atau menginap ke tempat lain. Untuk menyempurnakan keamanan rumah, tak ada salahnya bila kamu memasang kunci ganda pada pintu dan jendela.

Meletakkan Tanaman Berduri di Sekitar Jendela

Salah satu cara mengatasi pencurian sekaligus melindungi rumah adalah meletakkan tanaman berduri di dekat jendela. Tanaman berduri dapat mengecoh dan melukai maling yang masuk ke rumah sehingga kamu atau tetangga bisa lekas mendeteksi kedatangan maling. Mulai sekarang, kamu tak perlu ragu merawat tanaman hias berduri untuk mempercantik interior rumah sekaligus melindungi rumah supaya tetap aman. Jangan malas merawat tanaman tersebut secara telaten agar penampilannya menarik dan memperindah rumah.

Memelihara Anjing Penjaga Rumah

Anjing merupakan hewan peliharaan kesayangan yang sangat. Memelihara anjing bukan sekadar jadi hiburan bagi kamu sekeluarga, melainkan juga bisa membantu meningkatkan keamanan rumah. Jenis anjing penjaga seperti german shepherd, rottweiler, dan pitbull dapat diandalkan untuk menjaga rumah karena peka menanggapi kehadiran orang asing. Anjing penjaga rumah juga dapat dilatih secara khusus untuk menyerang maling dalam situasi genting. Kalau kamu dan keluarga termasuk pencinta anjing, tak ada salahnya memelihara seekor anjing penjaga sebagai teman sekaligus pelindung rumah. Rawatlah anjing penjaga rumah dengan penuh kasih saya supaya kondisinya selalu sehat dan senantiasa siap menjaga rumah.

Memasang Kamera CCTV dan Alarm Canggih Selama 24 Jam

Risiko kasus pencurian di rumah juga dapat diminimalkan kalau ada fasilitas kamera CCTV dan alarm 24 jam. Rumah yang memiliki kamera CCTV biasanya tidak rentan mengalami pencurian karena maling khawatir akan tertangkap saat beraksi. Sekarang, kamera CCTV yang canggih juga bisa diintegrasikan dengan smartphone sehingga kamu bisa memantau rumah selama 24 jam penuh meskipun sedang bepergian. Sedangkan untuk pemilihan alarm, sebaiknya kamu menggunakan sistem alarm keamanan yang dilengkapi panic button agar kamu dapat meminta pertolongan dengan mudah ketika terjadi kasus pencurian di rumah. Jadi, siapkan bujet yang memadai untuk mendapatkan kamera CCTV dan sistem alarm berkualitas, ya.

Menyalakan Lampu Teras dan Garasi

Jangan pelit menyalakan lampu teras dan garasi agar rumah selalu aman. Kondisi teras dan garasi yang gelap membuat maling lebih leluasa membobol rumah dan mengambil barang berharga. Oleh karena itu, kamu harus sigap memasang lampu yang terang dan menyalakannya setiap saat, terutama pada malam hari.

Kamu tak perlu khawatir soal urusan token listrik karena sekarang kamu bisa melakukan isi ulang token dengan mudah melalui aplikasi BRImo. Aplikasi BRImo tidak cuma dapat digunakan untuk mengecek saldo dan transfer antar bank, melainkan juga dapat membantumu melakukan pembelian token listrik tanpa harus ke luar rumah. Caranya, login dulu di aplikasi BRImo lalu pilih Listrik, pilih tagihan / token, masukkan id pelanggan. Kemudian, pilih menu Tagihan PLN dan sumber dana (bila rekening BRI-mu lebih dari satu). 

Selanjutnya, BRImo akan menampilkan pilihan nominal token mulai dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah. Kalau sudah memilih nominal token listrik yang kami inginkan, klik Lanjut dan lalu klik Konfirmasi. Terakhir, masukkan password dan pilih lanjut. Jika transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan 20 digit kode token yang bisa segera dimasukkan ke meteran listrik.

 

Kehadiran aplikasi BRImo membuat segala aktivitas jadi lebih mudah dan menyenangkan. Kamu pun bisa meningkatkan proteksi rumah semaksimal mungkin jika token listrik di rumah senantiasa terisi penuh.