Back to top

BERITA DETAIL BANK BRI

BRI Perkuat Citilink dengan Layanan Cash Solution

2015-12-04 16:43:29

Denpasar - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bersama maskapai berbiaya murah/ Low Cost Carrier (LCC)  Citilink Indonesia kembali melanjutkan kerjasama untuk memperluas layanan perbankan BRI dalam rangka memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penumpang ataupun nasabah kedua perusahaan yang dilaksanakan di Denpasar (09/10).  Citilink telah menaruh kepercayaan penuh pada kualitas layanan perbankan yang dimiliki oleh Bank BRI, khususnya jangkauan layanan yang tersebar hingga pelosok negeri.  BRI dan Citilink sebelumnya pada April 2015 telah melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) bersama untuk memperkuat dan meningkatkan akselerasi jaringan bisnis BRI dan Citilink. Hal tersebut juga merupakan sebuah lompatan besar bagi Citilink untuk mendorong ekspansi bisnis yang lebih baik lagi ke depannya. Dalam kerjasama tersebut, telah disepakati kerjasama perbankan meliputi fasilitas Cash Management System dan e-Tax, fasilitas transaksi valas, BRI Virtual Account (BRIVA), co-branding card, pinjaman pegawai (KPR, KKB, dan kartu kredit), serta pengelolaan dana pensiun.

“Kami menyambut baik penguatan kerjasama bersama Citilink kali ini. Hal ini tentunya akan mendorong pengembangan bisnis bagi kedua belah pihak baik BRI maupun Citilink ke arah yang lebih baik dan lebih kuat lagi. Terlebih kami melihat Citilink sebagai maskapai yang sangat fokus dalam memberikan kepuasan dalam layanan bisnis penerbangan di Indonesia, ” tutur Corporate Secretary BRI, Budi Satria.   

Melalui kerjasama ini, Citilink yakin BRI dapat memberikan layanan dan kemudahan perbankan yang optimal dalam proses penyediaan dana tunai di seluruh unit kerja BRI ketika weekend banking. Terlebih hingga saat ini berdasarkan data per 31 Juli 2015, BRI telah memiliki 10.496 unit kerja dan 175.482 jaringan kerja e-channel yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga sangat memungkinkan dalam optimalisasi layanan weekend banking yang sangat dibutuhkan oleh Citilink.

President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan mengatakan, melalui sejumlah layanan perbankan dan jaringan kantor yang dimiliki BRI, membuat Citilink tetap mampu memberikan kemudahan dalam penyediaan uang tunai/cash meski di hari libur atau akhir pekan saat perbankan tidak beroperasi. Hal ini sangatlah membantu kantor-kantor cabang Citilink misalkan pada saat terjadi pembatalan penerbangan akibat bencana alam seperti erupsi Gunung Raung, Gunung Sinabung, dan bencana asap yang menimpa sebagian besar Pulau Sumatera, di mana cukup banyak permintaan proses refund dalam bentuk uang tunai/cash pada hari libur. 

Untuk mendukung hal tersebut, BRI juga memberikan layanan Total Cash Solution dalam bentuk cash card dan cash pick-up di cabang-cabang Citilink serta layanan passenger services on ticket (PSC). Cash card adalah kartu ATM yang diterbitkan oleh BRI yang diserahkan ke Citilink untuk kemudian digunakan oleh kantor cabang Citilink untuk melakukan transaksi melalui ATM dan Unit Kerja Operasional BRI. Sementara itu, layanan cash pick-up  adalah layanan yang disediakan oleh BRI kepada Citilink untuk penjemputan uang fisik dari kantor cabang Citilink ke Unit Kerja Operasional BRI untuk disetorkan ke rekening Citilink yang ada di BRI.

"Guna memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kepuasaan penumpang Citilink, kami bekerjasama dengan BRI untuk kebutuhan uang tunai di kantor cabang Citilink melalui fasilitas weekend banking BRI dan layanan penyediaan uang tunai di hari libur yang didukung oleh cabang-cabang BRI,” ungkap Albert Burhan.

Adapun kerjasama lain yang sedang dijajaki oleh kedua-belah pihak adalah kerjasama card acquiring e-commerce, yang memberikan kemudahan bagi nasabah BRI untuk melakukan pembelian tiket melalui website Citilink. Di samping itu, BRI dan Citilink juga tengah melakukan pengembangan kerjasama co-branding menggunakan kartu BRIZZI yang merupakan uang elektronik atau e-money BRI. BRIZZI dapat digunakan untuk membeli tiket Citilink, di mana nasabah BRI ataupun penumpang Citilink yang akan melakukan pembayaran dapat menikmati benefit dari penggunaan kartu BRIZZI ini.

"Citilink mengambil langkah ini untuk menyesuaikan diri di tengah industri penerbangan yang kompleks dan kompetitif serta memiliki risiko krisis yang tiba-tiba. Kerjasama ini menjadi strategis sebagai langkah antisipasi yang memang senantiasa diperlukan,” jelas Albert.

"Kerjasama ini nantinya akan lebih meningkatkan kemudahan akses para calon penumpang untuk melakukan proses pembelian tiket Citilink melalui fasilitas kartu e-money BRI, yaitu BRIZZI. Selain itu, melalui layanan perbankan yang menyeluruh dari BRI untuk Citilink, kami sangat yakin akan mampu secara signifikan meningkatkan kepuasan para penumpang dan nasabah BRI itu sendiri,” tutup Budi Satria.