Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Pintar dan Bijak Mengelola dan Mengalokasikan Gaji Bulanan

Tips Pintar dan Bijak Mengelola dan Mengalokasikan Gaji Bulanan

2021-06-21 11:43:04

Penghasilan selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi tidak pernah cukup untuk gaya hidup. Cara mengelola gaji bulanan yang keliru bukan hanya membuatmu selalu merasa kurang, tetapi juga bikin kamu boros dan kesulitan menahan nafsu sesaat. Oleh sebab itu, kamu harus belajar mengelola dan mengalokasikan gaji bulanan sejak dini supaya gajimu tidak habis begitu saja. 

Setelah menyimak ulasan tips berikut ini, niscaya kamu akan semakin pintar dan bijak mengelola gaji bulanan:

Mengecek Saldo Tabungan secara Teratur

Jangan meremehkan kebiasaan mengecek saldo tabungan secara teratur. Kebiasaan yang satu ini akan membuatmu lebih perhatian terhadap sisa uang di rekening tabungan. Usahakan untuk tidak membiarkan saldo tabungan dalam keadaan kosong. Sebaiknya kamu mengunduh dan mengaktifkan aplikasi mobile banking atau internet banking di smartphone agar bisa mengecek saldo tabungan secara mudah.

Memprioritaskan Gaji untuk Kebutuhan Utama

Ketika menerima gaji, kamu mesti segera menyisihkan sebagian uang tersebut untuk berbagai kebutuhan penting. Kamu pasti punya kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi setiap bulan, misalnya kebutuhan rumah tangga, uang makan, biaya bahan bakar atau ongkos transportasi umum, dan lainnya. Jadi, jangan biarkan gaji telanjur habis sebelum kamu menyisihkannya untuk kebutuhan utama. Justru kebutuhan utama harus didahulukan agar kamu tidak perlu menggunakan uang tabungan.

Menyiapkan Rekening Khusus untuk Menabung

Kalau kamu hanya punya satu rekening, kemungkinan besar kamu lebih mudah tergoda untuk boros menggunakan uang di tabungan tersebut. Untuk menyiasati risiko ini, sebaiknya kamu menyiapkan satu rekening khusus untuk menabung. Setelah memenuhi seluruh kebutuhan rutin bulanan, segera sisihkan uang tabungan ke rekening khusus tersebut. Sebaiknya jumlah uang yang disisihkan untuk ditabung terus meningkat seiring berjalannya waktu, terutama bila kamu sudah naik gaji. Cara mengelola gaji bulanan ini akan membuat uangmu tak habis begitu saja dan pundi-pundi tabungan pun terus bertambah.

Melunasi Utang Sesegera Mungkin

Selain memprioritaskan kebutuhan utama, kamu juga harus segera melunasi utang setelah menerima gaji. Jangan lupa mencatat utang berupa tagihan kartu kredit, cicilan, atau jenis lainnya yang wajib kamu bayar. Sehingga utangmu tidak semakin bertumpuk dan menyebabkan kamu kesulitan melunasinya di kemudian hari. Idealnya, rasio utang tidak boleh lebih desar dari 30% gaji bulananmu. Usahakan agar semua utang dan cicilan bisa lunas tepat waktu sehingga nanti kamu lebih leluasa mengatur kondisi finansial tanpa utang.

Mengumpulkan Dana Darurat Secara Teratur

Dana darurat kerap dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal, dana darurat penting untuk mendukung kestabilan kondisi finansiamu. Kamu bisa menggunakan dana darurat untuk kebutuhan yang bersifat mendesak dan tidak dapat diprediksi, contohnya kecelakaan lalu lintas, anggota keluarga sakit parah atau meninggal dunia, dan lainnya. Jadi, sebaiknya kamu menyisihkan dana darurat dengan jumlah tetap setiap bulan agar masalah yang terjadi secara mendadak tidak menjadi beban finansial di kemudian hari.

Menyisihkan Dana Investasi

Tak pernah ada kata terlalu dini untuk berinvestasi. Sejak kamu mendapatkan gaji pertama, kamu sudah bisa menyiapkan dana investasi. Sekarang, investasi tak harus dimulai dengan modal yang besar. Kamu bahkan bisa mulai berinvestasi di bidang logam mulia atau reksadana yang berkisar di angka ratusan ribu rupiah. Kebiasaan berinvestasi akan membuatmu lebih konsisten menyisihkan dana investasi secara teratur. Sehingga nilai investasi yang kamu miliki akan terus berlipat ganda seiring berjalannya waktu. Pada tahap awal berinvestasi, pilihlah jenis investasi minim risiko sambil mempelajari berbagai jenis investasi dan profil risikonya. Jika kamu memiliki rezeki berlebih, kamu juga bisa berinvestasi dengan nilai yang lebih besar di bidang properti atau saham. 

Berbagi Rezeki dengan Orang Tua

Jangan hanya fokus menggunakan gaji untuk kepentingan diri sendiri, ya. Alokasi gaji sebaiknya juga disisihkan untuk berbagi dengan orang tua. Mungkin orang tuamu tidak mengharapkan hal tersebut, apalagi bila orang tuamu masih aktif bekerja atau berbisnis. Namun, menyisihkan gaji untuk orang tua adalah cara terbaik untuk menunjukkan baktimu sebagai anak. Orang tuamu pasti merasa bahagia menerima pemberian tersebut. Karena rezeki yang kamu berikan kepada orang tua menunjukkan bahwa kamu sudah menjadi pribadi dewasa yang bertanggung jawab.

Berbelanja Secara Bijak

Cara mengelola gaji bulanan yang bijak juga mencakup berbelanja secara hemat. Faktanya, kamu tak butuh merek branded saat menggunakan sebuah produk. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mencari produk serupa lainnya yang harganya lebih terjangkau daripada barang branded yang harganya selangit. Kalau kamu tak malas membandingkan harga produk suatu toko dengan toko lainnya, tentu saja kamu berkesempatan memperoleh produk dengan harga yang lebih terjangkau. 

Menghindari Jebakan Diskon

Mungkin kamu berpikir kalau kamu akan lebih hemat jika membeli sejumlah barang yang sedang diskon. Padahal kenyataannya tidak demikian lho. Diskon besar-besaran malah membuatmu tergoda untuk bersikap konsumeristis. Kamu jadi tergiur membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Kesimpulannya, kamu tak harus berburu diskon untuk mendapatkan sejumlah barang yang hanya memenuhi nafsu belanja sesaat. Kamu harus memanfaatkan diskon secara maksimal untuk membeli produk-produk kebutuhan rumah tangga yang digunakan setiap hari. 

Memulai Bisnis Sampingan

Mungkin selama ini kamu tidak terpikir untuk memulai bisnis sampingan karena kendala modal. Namun kamu bisa mewujudkannya jika sudah memiliki tabungan yang jumlahnya cukup. Banyak sekali bisnis sampingan yang bisa dimulai dengan modal kecil. Kamu dapat memulai bisnis catering, toko kelontong, pulsa elektrik, les privat, atau jenis bisnis lainnya. Tentukan bisnis sampingan sesuai minat dan bakat agar kamu lebih bersemangat saat menjalankannya. Bisnis sampingan yang berkembang pesat seiring berjalannya waktu akan membuat penghasilanmu berlipat ganda sehingga kamu tak cuma mengandalkan gaji saja.

Membuat Rencana Pengeluaran

Rencana pengeluaran adalah hal penting yang kerap diabaikan oleh banyak orang saat mengelola gaji bulanan. Perencanaan finansial yang rinci membuatmu bisa mengetahui alokasi gaji bulanan. Jangan lupa memasukkan sejumlah bentuk pengeluaran seperti pembayaran utang dan kebutuhan hiburan dalam rencana pengeluaran yang kamu buat.Pastikan kalau pengeluaran bulanan tidak lebih besar daripada gajimu sehingga kamu masih bisa mengalokasikan gaji untuk dana darurat, tabungan, dan investasi.

 

Cara mengelola gaji bulanan kini semakin mudah bila kamu sudah mengenal BRImo, aplikasi keuangan digital terbaru dari BRI yang berbasis data internet. BRImo memiliki banyak fitur baru dengan user interface yang mempermudah berbagai transaksi keuangan.

Salah satu fitur BRImo yang dapat membantumu mengelola gaji bulanan adalah Personal Financial Management (PFM). Fitur tersebut dapat menginformasikan jumlah pengeluaran selama bertransaksi menggunakan channel BRI. Personal Financial Management dari BRImo akan mempermudah kamu dalam mencatat anggaran pribadi setiap bulan dan mengontrol pengeluaran. Sehingga kamu bisa berhemat secara maksimal demi alokasi gaji bulanan yang efektif. Kalau kamu belum pernah menggunakan aplikasi BRImo, mari segera mengunduh dan melakukan registrasi supaya kamu bisa segera memanfaatkan PFM dan fitur-fitur penting lainnya untuk mendukung kelancaran finansial.