Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Persiapan Mudik Agar Nyaman di Perjalanan

Tips Persiapan Mudik Agar Nyaman di Perjalanan

2019-05-17 15:13:02

Lebaran merupakan momen bagi banyak orang untuk mudik dan berkumpul bersama sanak saudara. Salah satu transportasi yang populer digunakan adalah mobil. Bagi Anda yang ingin mudik dengan menggunakan mobil pribadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Yuk, simak tips persiapan mudik di bawah ini!

1. Cek Kondisi Kendaraan

Hal pertama yang harus Anda pastikan sebelum memulai perjalanan adalah dengan mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Pasalnya, hal ini merupakan faktor penting dalam berkendara. Untuk memastikan keadaan kendaraan aman, lakukan pengecekan di bengkel terdekat paling tidak seminggu atau beberapa hari sebelum berangkat.

2. Hindari Kapasitas Berlebih

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan secara berulang saat mudik dengan mobil adalah membawa banyak barang untuk dibagikan kepada keluarga di kampung. Sayangnya, kondisi ini berbahaya bagi keselamatan Anda dan penumpang lain selama perjalanan karena setiap kendaraan didesain untuk membawa beban dalam jumlah tertentu. Sebelum berangkat, ketahui berapa beban maksimal yang dimiliki mobil Anda dan patuhi angkanya.

3. Selalu Aktifkan GPS

Bagi mereka yang tidak hafal jalan atau ingin mencoba jalur alternatif lain untuk menghindari kemacetan, ada satu tips yang penting untuk diperhatikan yakni selalu mengaktifkan GPS (Global Positioning System) atau Google Maps.

Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan jalan terbaik sehingga tidak lagi kebingungan selama perjalanan. Yang tak kalah penting, pastikan baterai ponsel Anda dalam keadaan mencukupi. Tidak ada salahnya jika membawa power bank untuk berjaga-jaga.

4. Bawa Makan dan Minuman

Kemacetan yang panjang dan lama yang sering terjadi di jalan atau gerbang tol tentunya mengakibatkan rasa jenuh dan lapar. Maka, persiapkan makanan, camilan, dan minuman yang cukup. Potensi stres saat berkendara juga seringkali tinggi sehingga persediaan makanan yang dapat mengurangi rasa stres harus selalu terpenuhi. Siapkan roti, snack, buah-buahan, dan air minum di mobil sebelum berangkat.

5. Istirahat Saat Lelah

Dalam banyak kasus, kelelahan saat mengemudi sering kali berdampak negatif pada keselamatan diri dan keluarga yang sedang dalam perjalanan mudik. Mengambil jeda untuk beristirahat menjadi solusi terbaik.

Carilah tempat peristirahatan atau pom bensin terdekat untuk beristirahat atau tidur sejenak. Jangan pernah memaksakan diri untuk mengemudi dalam kondisi lelah agar Anda tetap aman dan nyaman dalam berkendara, sehingga selamat sampai di titik tujuan.

6. Pastikan Uang Elektronik Terisi

Selain uang tunai, uang elektronik yang Anda miliki wajib dipastikan terisi. Pasalnya, Anda akan melewati gerbang-gerbang tol yang saat ini hanya menggunakan uang elektronik sebagai sistem pembayaran. Salah satu uang elektronik yang dapat Anda gunakan adalah BRIZZI dari Bank BRI.

Kartu ini manfaatnya banyak. Selain bisa digunakan untuk membayar tol, juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar biaya parkir, SPBU Pertamina, makan di restoran dan food court, Indomaret, Alfamart, Hypermart, Carrefour, juga wahana hiburan serta berbagai merchant lainnya. Masa berlaku yang tidak terbatas serta minimum jumlah top up Rp. 20.000 merupakan salah satu kelebihan BRIZZI yang dapat Anda manfaatkan.

Saat saldo habis, top up BRIZZI dapat Anda lakukan di mana saja. Mulai dari aplikasi BRI Mobile di smartphone, melalui EDC BRI atau Agen BRILink, hingga ATM BRI/bank lain. Dengan kartu BRIZZI di tangan, perjalanan mudik Anda tahun ini pasti jadi lebih praktis, aman, dan nyaman.