Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Mudah Menabung untuk Biaya Menikah

Tips Mudah Menabung untuk Biaya Menikah

2020-09-05 15:18:05

Sedang mempersiapkan diri untuk menikah? Seberapa jauh persiapan yang sudah Anda lakukan? Ikuti tips mudah menabung untuk mempersiapkan biaya menikah. 

Momen pernikahan adalah salah satu titik terpenting dalam fase hidup manusia. Oleh karena itu, banyak orang ingin mempersiapkan acara pernikahan dengan meriah.

Namun tentu pesta pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, bagi Anda yang sedang dalam fase belum menikah, sebaiknya melakukan persiapan sedini mungkin agar dapat mempersiapkan momen ini dengan baik.

Guna membantu Anda, berikut ini sejumlah  tips mudah menabung untuk persiapan pernikahan. 

 

1. Ketahui Berapa Biaya Menikah

Untuk biaya menikah sebetulnya bergantung dari bujet. Anda bisa menyiapkan dana Rp 100 juta, Rp 150 juta atau bahkan hanya Rp50 juta saja. 

Namun yang jelas, untuk rincian biaya menikah ini bisa diketahui dari jumlah tamu yang hendak diundang. Setelah itu perkirakan biaya untuk katering. 

Biaya lain yang akan dikeluarkan adalah untuk membuat undangan, souvenir pernikahan, baju pengantin dan perias, serta jasa fotografi dan video. 

Anda dapat coba rinci semua item tersebut sehingga didapatkan total biaya menikah yang diperlukan. Setelah tahu berapa kisaran biaya yang diperlukan, barulah Anda memikirkan cara untuk untuk mendapatkan dana tersebut. 

 

2. Cari Dana untuk Mendapatkannya 

Bagi yang sudah bekerja tentu akan mendapatkan gaji. Penghasilan tersebut bisa menjadi salah satu sumber untuk mengumpulkan dana pernikahan. 

Anda dapat estimasikan berapa dana yang bisa disisihkan dari gaji Anda per bulannya. Misalnya Anda dapat menyisihkan gaji sebesar Rp1,5 juta per bulan, maka dalam setahun akan terkumpul uang sebesar Rp18 juta. 

Masih kurang? Jika begitu Anda bisa coba cari sumber penghasilan lainnya. Sebagai contoh, Anda dapat mencari pekerjaan sampingan atau memulai bisnis. Dari aktivitas lain tersebut Anda akan mendapatkan sumber penghasilan baru untuk menambah modal menikah. 

 

3. Kapan akan Menikah?

Perkirakan kapan Anda akan menikah. Bisa 3 tahun atau mungkin 4 tahun lagi. Setelah itu, Anda bisa bagi antara dana yang dibutuhkan dengan waktu yang tersedia. 

Sebagai contoh misalnya Anda membutuhkan dana sebanyak 100.000.0000 untuk biaya menikah. Targetnya Anda akan menikah dalam 5 tahun mendatang. Berarti setiap tahunnya Anda harus mengumpulkan sekitar Rp 20 juta. 

 

4. Buka Rekening Khusus Menikah

Sebaiknya Anda memiliki rekening tabungan khusus untuk persiapan menikah. Tujuannya adalah agar dana tersebut bisa fokus dialokasikan untuk kepentingan tersebut,. 

Anda dapat membuka tabungan BRItama. Keuntungan menabung di tabungan ini adalah nasabah mendapatkan asuransi kecelakaan diri serta juga akan diikutkan dalam program undian berhadiah. Siapa tahu nantinya Anda termasuk yang beruntung mendapatkan hadiah menarik tersebut. 

Namun saat membuka rekening BRItama sebaiknya Anda meminta untuk tidak dibuatkan kartu ATM. Tujuannya adalah agar dana tersebut tidak mudah untuk diambil. Sebab Anda sudah berkomitmen untuk mengalokasikan dana tersebut khusus untuk persiapan pernikahan. 

 

5. Disiplin Menabung

Berikutnya tinggal Anda berdisiplin dalam menabung. Anda harus secara ketat mengelola keuangan agar impian Anda ini bisa cepat tercapai.