Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar dan Tahan Lama

2021-06-21 10:52:55

Kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan yang harus ada di rumah. Kalau kamu memiliki kulkas yang berkualitas dan kapasitasnya sesuai kebutuhan, kamu tak akan kesulitan menyimpan bahan makanan maupun sisa makanan yang belum habis disantap. Berbagai bahan makanan pun jadi tahan lama dan tetap segar bila disimpan di kulkas selama beberapa hari.

Memiliki kulkas saja ternyata belum cukup untuk menjaga kesegaran bahan makanan maupun makanan siap santap. Kamu patut memahami berbagai tips menyimpan makanan di kulkas supaya bisa menjaga kesegaran makanan semaksimal mungkin. Ulasan tips berikut ini pasti bikin kamu makin mahir memaksimalkan fungsi kulkas di rumah:

Meletakkan Minuman dan Bahan Cair Lain Secara Teliti

Minuman dan bahan makanan cair yang kemasannya sudah dibuka tetapi belum habis tentu sering disimpan di kulkas. Menutup wadah minuman dan bahan makanan cair yang dilakukan dengan teliti supaya cairannya tidak tumpah dan mengotori kulkas. Tak cuma bikin kotor, tumpahan cairan bisa membuat aroma seisi kulkas jadi tidak sedap. Usahakan agar tak ada minuman dan bahan makanan cair yang tercecer dan mengotori isi kulkasmu, ya.

Menyimpan Telur Agar Tahan Lama

Hampir semua orang menyimpan telur pada bagian rak di pintu kulkas. Bagian tersebut memang diperuntukkan untuk telur. Namun, tak banyak yang tahu kalau kesegaran telur akan lebih terjaga jika kamu menyimpannya beserta kemasan kartonnya. Kemasan karton tersebut memang dirancang khusus untuk membuat telur jadi lebih tahan lama. Niscaya persediaan telur di kulkas jadi tak gampang busuk kalau kamu menyimpannya dalam kemasan karton.

Membungkus Sayuran yang Disimpan di Kulkas

Pada umumnya orang sering merasa kesal jika menyimpan sayuran segar di kulkas karena sayuran tersebut jadi cepat layu dan busuk. Sayuran segar sebaiknya tidak dicuci ketika hendak disimpan. Sebab air yang terkandung pada sayuran justru membuat sayur tersebut jadi mudah busuk. Bungkuslah sayuran dengan kemasan aslinya atau kertas koran yang lapisannya agak tebal. Tips menyimpan makanan di kulkas ini berlaku untuk semua jenis sayuran berdaun dan aneka jamur. Membungkus sayuran dengan koran atau kertas lainnya yang agak tebal akan membuat sayuran lebih awet bahkan hingga 1 minggu. Bila sayuran terlanjur dicuci, maka kamu harus mengeringkan sayuran tersebut terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kulkas.

Meletakkan Makanan dalam Wadah Tertutup

Aneka jenis makanan matang yang disimpan di kulkas sebaiknya selalu diletakkan dalam wadah tertutup. Hal ini bertujuan menjaga kesegaran makanan tersebut dalam waktu beberapa hari sejak disimpan. Selain itu, meletakkan makanan matang di wadah terbuka hanya akan membuat aroma seisi kulkas jadi kurang sedap. Kamu tentu tidak mau kan aroma kulkas jadi tak sedap karena beragam aroma makanan bercampur menjadi satu?

Mengenal Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kamu bukan cuma harus teliti memilih kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan. Lebih dari itu, kamu juga mesti cermat mengenal jenis-jenis makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak ditaruh di kulkas, antara lain:

Tomat: Meski tumbuh di daerah dingin, buah tomat justru tidak tahan dengan hawa dingin kulkas yang berlebihan. Menyimpan tomat di kulkas bisa membuat tomat keriput, kadar airnya berkurang, dan rasanya berubah saat diolah.

Kentang: Kentang yang disimpan di kulkas menjadi lebih mudah busuk dan rasanya pun berubah. Solusinya, simpanlah kentang di wadah kertas dan letakkan di tempat kering.

Aneka Jenis Bawang: karena membutuhkan sirkulasi udara yang lancar, maka bawang juga tak cocok disimpan di kulkas. Bawang yang disimpan di kulkas malah cepat berubah warna dan membusuk.

Madu Murni: superfood ini merupakan salah satu bahan makanan paling awet di dunia. Asalkan disimpan di wadah yang bersih dan tertutup, madu bisa bertahan dalam waktu lama. Menyimpan madu di kulkas malah membuat nutrisinya berkurang dan bentuknya mengkristal sehingga sulit diolah.

Alpukat: sayang sekali jika buah favorit yang satu ini jadi cepat membusuk hanya karena diletakkan di kulkas. Sebaiknya kamu meletakkan alpukat pada kondisi temperatur ruangan. Sementara itu, alpukat yang ingin segera dimakan bisa diletakkan di kulkas selama 1 jam saja.

Kemangi: aroma harum daun kemangi bisa hilang karena menyerap aroma bahan makanan lain di dalam kulkas. Di samping itu, helai-helai daunnya pun jadi cepat layu karena hawa dingin kulkas.

Bubuk Kopi: hal istimewa yang paling disukai dari kopi adalah aromanya. Sayangnya, aroma kopi yang khas bisa menghilang jika kamu menyimpan bubuk kopi di kulkas. Bubuk kopi hanya perlu ditempatkan di wadah tertutup dalam temperatur ruangan.

Saus: hawa dingin kulkas rupanya juga tidak baik untuk menyimpan saus, terutama saus yang mengandung aneka rempah. Ternyata hawan dingin tersebut dapat membuat rempah-rempah dalam saus jadi cepat membusuk.

Roti: ada anggapan bahwa roti yang disimpan di kulkas akan lebih tahan lama. Padahal meski tahan lama, roti justru akan mengeras dan kehilangan kelembapan. Akibatnya, roti jadi terasa kurang lezat meskipun sudah dihangatkan di microwave.

Memaksimalkan Fungsi Freezer Kulkas

Banyak orang yang belum tahu kalau freezer kulkas juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai makanan, mulai dari sayuran, daging, hingga makanan matang. Kamu mesti mengikuti beberapa tips berikut ini bila ingin menyimpan beraneka ragam makanan di freezer:

- Membersihkan dan memotong-motong daging atau ikan mentah. Selanjutnya, daging dan ikan mentah harus dikemas dalam kemasan-kemasan kecil sebelum menyimpannya di freezer. Saat ingin mengolah daging atau ikan mentah, kamu tinggal mengambil jumlah kemasan tersebut sesuai kebutuhan sehingga daging dan ikan yang belum diolah tetap segar di dalam freezer.

- Mencuci dan memotong-motong sayuran dan mengolahnya dengan teknik blanch sebelum menyimpannya di freezer. Beberapa jenis sayuran yang bisa dibekukan di freezer antara lain brokoli, asparagus, buncis, dan kubis.

- Sama seperti cara menyimpan daging mentah, kamu juga dapat menyimpan lauk siap santap dalam kemasan-kemasan kecil di freezer. Nanti, kamu tinggal mengambil jumlah kemasan lauk yang kamu butuhkan lalu memanaskannya di kompor atau microwave. Jenis lauk yang cocok disimpan di freezer misalnya rendang, empal setengah matang, dan ayam teriyaki.

 

Jika kulkas selalu menyala selama 24 jam, kamu bisa menyimpan aneka makanan dengan leluasa tanpa mengkhawatirkan kualitasnya. Jadi, pastikan kalau token listrikmu selalu mencukupi untuk mendukung kebutuhan daya listrik kulkas di rumah, ya. Proses membeli token listrik sekarang dapat dilakukan secara praktis melalui aplikasi BRImo. Caranya, login dulu di aplikasi BRImo lalu pilih menu listrik. Selanjutnya, pilih menu beli token atau bayar tagihan. Masukkan nomor id pelanggan dan pilih sumber dana (jika rekening sumber kamu lebih dari satu) lalu pilih nominal token dan masukan PIN.

BRImo akan menampilkan pilihan nominal token mulai dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah. Kalau sudah memilih nominal token listrik yang kami inginkan, klik Lanjut dan lalu klik Konfirmasi. Terakhir, masukkan PIN dan pilih lanjut. Kalau transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan 20 digit kode token yang bisa segera dimasukkan ke meteran listrik. Kemudahan transaksi melalui BRImo akan membantumu memenuhi kebutuhan rumah tangga secara praktis dan cepat.