Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Menghemat Kuota Internet Selama Masa Pandemi

Tips Menghemat Kuota Internet Selama Masa Pandemi

2021-04-13 16:20:45

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan perubahan gaya hidup bagi mayoritas masyarakat. Selain membuat semua orang lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan, pandemi juga membuat sebagian besar aktivitas dilakukan dari jarak jauh. Rutinitas bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH) dan sekolah online tentu akrab denganmu sejak Maret 2020.

WFH dan sekolah online memang membuat konsumsi kuota internet meningkat selama masa pandemi. Banyak provider yang menyediakan paket kuota internet murah untuk memfasilitas berbagai aktivitas mobile. Kendati demikian, kamu tetap harus melakukan beberapa tips ini untuk menghemat kuota internet agar tak lekas habis:

Memanfaatkan Fasilitas Wifi di Tempat Umum

Hal pertama yang patut kamu lakukan untuk menghemat kuota internet adalah memanfaatkan fasilitas wifi di tempat umum. Saat kamu berada di pusat perbelanjaan, kafe, atau tempat umum lainnya, kamu bisa menonaktifkan paket data dan menggunakan fitur wifi di smartphone. Gunakan akses wifi untuk mengunduh dokumen pekerjaan, materi pelajaran, mengirim email, mengunggah dokumen berukuran besar, dan hal-hal penting lainnya. Cara ini tak hanya menghemat kuota internet tetapi juga membuat waktu akses internet berlangsung singkat karena kecepatan wifi lebih tinggi daripada paket data.

Mengaktifkan Fitur Penghemat Data pada Web Browser

Tak banyak yang menyadari kalau web browser versi desktop memiliki fitur pendukung berupa penghemat data. Saat kamu melakukan aktivitas browsing di desktop, kuota data internet lebih cepat terkuras habis. Itulah sebabnya kamu harus mengaktifkan fitur penghemat data untuk meminimalkan penggunaan kuota sebanyak 70% hingga 80%. Bukalah opsi setting pada browser lalu pilih fitur data saving agar kuota internetmu jadi lebih hemat.

Menurunkan Resolusi Layar saat Melakukan Streaming atau Meeting Online

Aktivitas streaming film atau meeting online ternyata juga menyita kuota internet bila kamu melakukannya dengan layar beresolusi Full High Definition (Full HD). Kalau ingin menghemat kuota internet, kamu harus menurunkan resolusi layar ketika melakukan dua aktivitas mobile tersebut. Meskipun kualitas gambar pada layar jadi sedikit menurun, cara ini sangat efektif menghemat kuota internet, terutama jika kamu melakukan streaming atau meeting online setiap hari.

Membatasi Penggunaan Kuota Internet di Smartphone Android

Mayoritas HP Android kini dilengkapi fitur Data Usage Warning dan Limit System untuk membatasi penggunaan kuota internet. Kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut agar penggunaan kuota internet di HP jadi lebih terkontrol. Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal masuk ke menu Setting, pilih Data Usage, Celular Data, lalu Set Celular Data Limit. Ketika penggunaan kuota internet sudah melebihi batas yang kamu tetapkan, maka HP Android akan memunculkan notifikasi sehingga kamu bisa menghentikan penggunaan internet atau melanjutkannya setelah beli pulsa online untuk mengisi paket data.

Membatasi Penggunaan Data pada Background

Aplikasi yang beroperasi pada background smartphone rupanya juga bisa menguras kuota internet bila diaktifkan terus-menerus. Untuk menyiasati hal ini, kamu dapat menghentikan penggunaan data pada background (restrict background data). Caranya, masuklah ke menu Setting lalu pilih Data Usage, klik tiga garis vertikal di kanan atas layar, pilih Restrict Background Data, lalu klik OK. Konsekuensinya, notifikasi dari aplikasi smartphone-mu akan terlambat muncul karena penggunaan datanya dibatasi. Sebaiknya kamu mencoba tips ini di luar jam kerja, usai jam sekolah, atau saat kamu sedang senggang sehingga kamu tidak melewatkan notifikasi yang penting.

Menghentikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis memang penting untuk mendukung kelengkapan data smartphone, misalnya kontak di WhatsApp selalu diperbarui saat kamu memasukkan kontak telepon baru jika kamu mengaktifkan sinkronisasi otomatis. Sayangnya, sinkronisasi otomatis juga tergolong boros kuota internet. Alangkah lebih baik bila kamu menghentikan sinkronisasi otomatis agar sistem smartphone tidak melakukannya secara berkala. Sebagai gantinya, kamu harus lebih cermat melakukan sinkronisasi ketika kuota internetmu sedang banyak atau saat smartphone terhubung dengan jaringan wifi.

Menyudahi Update Otomatis

Selain sinkronisasi otomatis, fitur update otomatis juga turus membuat kuota internet jadi boros. Semua aplikasi biasanya langsung melakukan update otomatis saat mempunyai versi terbaru hingga menyita kuota internet dalam jumlah sangat besar. Jadi, sebaiknya kamu menyudahi update otomatis bila smartphone sedang terhubung dengan paket data. Caranya, masuk ke menu Setting, klik Auto Update Apps, lalu pilih Auto Update Apps over Wifi Only. Pilihan setting ini membuat aplikasi akan melakukan update otomatis saat terhubung dengan jaringan wifi saja. Paket datamu akan tetap aman dan tak mudah habis bila kamu melakukan tips yang satu ini.

Mengidentifikasi Aplikasi yang Boros Kuota

Banyak orang belum menyadari jika ada beberapa aplikasi yang menjadi biang keladi boros kuota internet. Kalau kamu belum tahu aplikasi apa saja yang menyebabkan hal tersebut di smartphone-mu, coba masuk ke menu Setting dan pilih Data Usage. Pada submenu Data Usage, kamu bisa melihat penggunaan kuota semua aplikasi yang ada di smartphone-mu. Sebaiknya kamu lebih sering menonaktifkan aplikasi yang boros kuota atau langsung melakukan uninstall jika aplikasi tersebut tidak terlalu bermanfaat.

Membatasi Intensitas Penggunaan Smartphone

Kebiasaan menggunakan smartphone secara terus-menerus juga membuat kuota internet jadi boros. Kamu tentu kerap mengisi waktu senggang di sela rutinitas dengan mengakses media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, atau Youtube. Hal tersebut bukan hanya mengganggu produktivitas kerja tetapi juga turut membuat penggunaan kuota internet jadi boros. Sebaiknya kamu lebih disiplin membatasi intensitas penggunaan smartphone, terutama ketika sedang bekerja atau sekolah online, misalnya hanya mengecek smartphone saat jam makan siang, ketika akan mengirim email, atau saat ada notifikasi penting. Cara sederhana ini akan membuat kamu lebih produktif, bisa menyelesaikan kewajiban tepat waktu, sekaligus menghemat kuota internet.

Mengunduh Film dan Menontonnya Secara Offline

Menonton film secara streaming juga berisiko membuat penggunaan kuota internet jadi boros. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengunduh film saat mendapatkan akses wifi. Unduhlah beberapa film sekaligus supaya kamu bisa menontonnya secara offline. Agar bisa melakukan hal ini, kamu harus menggunakan smartphone dengan kapasitas memori penyimpanan yang besar.

Kini, kamu tak perlu repot bila kuota internet habis saat akan digunakan untuk hal-hal penting. Kamu bisa beli pulsa online melalui aplikasi BRImo secara praktis. Aplikasi BRImo tak hanya bermanfaat untuk mengecek saldo dan melakukan transfer. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan pascabayar dan membeli pulsa atau paket data.

Caranya, login dulu ke BRImo lalu pilih opsi Pulsa/Data untuk membeli pulsa atau paket data dan Fitur pascabayar untuk melakukan pembayaran. Selanjutnya, pilih opsi Beli Pulsa lalu pilih sumber dana (kalau rekening BRI-mu lebih dari satu). Masukkan nomor HP yang akan diisi pulsa kemudian klik Lanjut. Bila nomor HP yang tertera di layar smartphone sudah benar, klik Konfirmasi lalu pilih Lanjut.

Kemudahan yang disiapkan BRImo membuat aktivitas mobile berlangsung praktis dan menyenangkan. Jadi, jangan lupa mengunduh aplikasi BRImo sekarang juga agar kamu bisa lekas merasakan berbagai manfaatnya.