Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

2021-12-21 08:54:46

Ketika memasuki fase kehidupan berumah tangga, tentunya tidak akan lepas dari masalah dan kendala yang bisa saja datang secara tiba-tiba, terutama masalah keuangan. Oleh karena itu mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara mudah. Diperlukan strategi yang baik guna memenuhi seluruh kebutuhan keuangan rumah tangga.

 

Mengelola keuangan rumah tangga sendiri memerlukan banyak faktor. Mulai dari kebutuhan harian rumah tangga yang sifatnya wajib untuk dipenuhi dahulu sampai keinginan yang bisa atau konsumsi yang bisa ditunda dan bisa dilakukan jika ada kelebihan dana.

Peran suami dan istri haruslah selaras ketiga mengatur keuangan rumah tangga, tidak bisa hanya mengandalkan hanya satu orang saja. Bagaimanapun juga suami dan istri memiliki peranan yang vital dalam pengaturan keuangan rumah tangga. 

Bila terjadi kesalahan dalam mengelola keuangan rumah tangga, maka dampaknya akan signifikan mengganggu keharmonisan rumah tangga. Lalu bagaimana tips mengelola keuangan rumah tangga secara efektif? Kamu bisa pelajari informasi berikut ini:

1. Pisahkan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tips pertama dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah mulai memisahkan antara kebutuhan yang wajib dipenuhi dan keinginan yang bisa dipenuhi setelah kebutuhan utama sudah cukup. 

Buatlah list kebutuhan rumah tangga seperti biaya belanja kebutuhan pokok, biaya pendidikan anak, biaya listrik, air, internet, pulsa, kemudian kebutuhan yang sifatnya tahunan seperti pajak rumah dan kendaraan. Jika memiliki hutang kartu kredit atau hutang lainnya bisa dimasukan dalam biaya kebutuhan rumah tangga

Kemudian untuk list keinginan bisa dimasukan seperti, liburan keluarga, pakaian baru, gadget atau kendaraan baru. Namun, pastikan dahulu sebelum memasukan dalam list keinginan barang, kamu benar benar membutuhkan barang tersebut dan barang tersebut bisa menunjang dari segi pekerjaan dan membuat pekerjaan lebih efisien atau bahkan menambah jumlah pendapatan. Jangan membuat list keinginan hanya untuk pemborosan saja atau untuk sesuatu yang tidak penting dan tidak memberikan efek apapun untuk kamu dan keluarga.

 

2. Hitung Seluruh Pendapatan

Tips kedua dalam mengelola keuangan adalah dengan menghitung pendapatan yang ada. Yang dimaksud pendapatan disini bukan hanya gaji atau keuntungan bulanan saja. Namun, seluruh pendapatan yang masuk, seperti insentif bulanan, bonus tahunan, tunjangan hari raya, upah lembur, pembagian hasil keuntungan perusahaan, keuntungan investasi dan pendapatan lainnya yang bisa menambah saldo dalam rekening kamu.

Hal ini penting untuk dilakukan karena dengan mengetahui seluruh pendapatan yang masuk, maka kamu bisa membuat alokasi untuk pengeluaran kebutuhan utama rumah tangga. Cara ini harus dilakukan supaya pengelolaan keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah untuk di pantau.

 

3. Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Melanjutkan dari poin sebelumnya dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan. Dengan membuat daftar pengeluaran bulanan kamu bisa menentukan pengeluaran prioritas dan seterusnya. 

Daftar pengeluaran bulanan yang bisa menjadi prioritas seperti belanja kebutuhan pokok, belanja keperluan dapur, pelunasan tagihan bulanan seperti listrik, air, internet, pulsa, asuransi dan kartu kredit (jika ada). Selanjutnya jangan lupa untuk membayar hutang bulanan seperti cicilan rumah dan kendaraan. Serta biaya pajak tahunan untuk rumah dan kendaraan. Biaya pendidikan untuk anak juga perlu kamu masukan dalam daftar prioritas.

Daftar pengeluaran ini selain dapat mengatur kebutuhan rumah tangga, juga dapat sebagai pengingat biaya apa saja yang sudah dibayar ataupun belum dibayar.

 

4. Menabung Dana Cadangan

Tip berikutnya dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan mempersiapkan dana cadangan. Cara menabung dana cadangan bisa kamu lakukan dengan menyisihkan sebagian pendapatan bulanan kamu untuk pos dana cadangan, yang dananya bisa kamu gunakan jika terjadi keadaan darurat seperti jatuh sakit, kecelakaan, atau terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK)

 

Untuk dana cadangan yang harus dialokasikan akan berbeda beda tergantung jumlah pendapatan dan jumlah anggota keluarga yang dimiliki. Akan tetapi pada umumnya alokasi dana cadangan yang harus dipersiapkan untuk bisa mencukupi kebutuhan pengeluaran bulanan keluarga dari 6 sampai 12 bulan. Kamu juga perlu memperhitungkan faktor eksternal seperti pandemi yang sedang terjadi, akan lebih baik jika memiliki dana cadangan melebihi 12 bulan pengeluaran bulanan.

 

5. Persiapkan Asuransi dan Investasi

Tips terakhir dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah dengan mempersiapkan asuransi dan investasi. Ditengah pandemi yang saat ini masih melanda, ada baiknya kamu dan keluarga memiliki asuransi yang dapat melindungi dari ketidakpastian. Dengan cara ini kamu dan keluarga mendapatkan jaminan perlindungan dari asuransi yang dimiliki. 

Selain itu ada baiknya jika kamu mulai melakukan investasi secara rutin dari menyisihkan sebagian pendapatan bulanan. Dengan investasi kamu akan memiliki aset yang bertumbuh dan memiliki pasif income. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketahui dahulu jenis investasi yang akan kamu miliki, pelajari secara seksama resikonya dan sesuaikan dengan resiko yang bisa kamu terima. Karena seluruh investasi akan memiliki resiko. 

Setelah mengetahui tips mengelola keuangan rumah tangga tentunya kamu akan lebih terbantu jika mengetahui seluruh transaksi harian yang sudah dilakukan. Untuk itu BRImo hadir dengan fitur Personal Financial Management (PFM). Dengan PFM kamu bisa dengan mudah memantau segala jenis transaksi selama menggunakan BRImo. Selain itu yang menjadi keunggulan PFM adalah kamu bisa mencatat transaksi secara manual langsung di aplikasi BRImo. Dengan pencatatan secara manual tentunya dapat memudahkan kamu melihat semua transaksi cukup di aplikasi BRImo saja.

 

Segera manfaatkan keunggulan Personal Financial Management dari BRImo dengan cara mengunduh melalui Google playstore dan Appstore. Dengan menerapkan cara mengelola keuangan rumah tangga tentunya kamu dan keluarga bisa lebih tertata dari segi financial dan bisa lebih mudah melihat serta merencanakan keuangan keluarga kedepannya.