Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Mempersiapkan Dana Darurat saat Pandemi

Tips Mempersiapkan Dana Darurat saat Pandemi

2021-12-21 08:50:44

Sudah 2 tahun sejak terjadinya pandemi merebak ke hampir seluruh negara. Banyak negara yang terganggu dari segi ekonomi, hal ini menciptakan ketidakpastian di berbagai macam industri yang berakibat banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK). Disamping itu meningkatnya jumlah infeksi virus covid-19 dan adanya varian baru yang disebut Delta cukup memperparah kondisi perekonomian dunia.

 

Dimasa ketidakpastian ini tentunya sangat diperlukan dana darurat yang bisa digunakan ketika terjadi hal darurat dan segera membutuhkan biaya. Dana darurat sendiri merupakan dana yang dicadangkan untuk digunakan pada pos-pos pengeluaran darurat saja. Alokasi dana darurat sendiri hanya bisa digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak, misalnya ketika terkena PHK atau mendadak sakit dan segera membutuhkan layanan kesehatan.

 

Untuk lebih mengetahui persiapan dana darurat dan alokasi dana darurat, kamu bisa simak terus pembahasan berikut ini: 

1. Jumlah Dana Darurat yang di Perlukan

Tips pertama dalam mempersiapkan dana darurat saat pandemi adalah mengetahui berapa jumlah dana yang diperlukan dan berapa bulan dana darurat tersebut sanggup memenuhi kebutuhan harian. Pada umumnya dana darurat yang bisa menutupi kebutuhan harian dari 6 sampai 12 bulan. Namun, karena saat ini sedang ada pandemi maka ada baiknya dana yang terkumpul bisa memenuhi kebutuhan selama 12 bulan. Perlu diingat dana darurat yang harus dikumpulkan jumlahnya akan berbeda ketika masih lajang dan yang sudah menikah. Jumlah dana darurat yang cukup pada setiap individu tentunya akan berbeda tergantung kebutuhan hidup masing masing individu.

 

2. Alokasi Dana Darurat

Tips selanjutnya dalam mempersiapkan dana darurat di masa pandemi adalah dengan alokasi dana darurat. Cara ini berikut ini adalah bagian yang penting karena dengan mengalokasikan dana darurat hanya untuk keperluan tertentu atau kepentingan darurat berarti kamu sudah bisa konsisten dalam menyalurkan dana darurat. Dibutuhkan keteguhan dan konsistensi dalam penggunaan dana darurat, karena dengan dana yang sudah dikumpulkan sudah seharusnya digunakan untuk keperluan mendesak. Penggunaan dana darurat bisa kamu alokasikan untuk kejadian tertentu seperti:

- Biaya Berobat ke Pelayanan Kesehatan

Kesehatan merupakan sesuatu yang sifatnya tidak pasti, mungkin kamu hari ini sehat tapi bisa saja esok, bulan depan atau mungkin tahun depan bisa jatuh sakit atau terjadi kecelakaan. Meskipun sudah ada asuransi kesehatan yang melindungi kejadian tidak pasti, tapi mungkin saja biaya berobat di pelayanan kesehatan tidak sepenuhnya ditanggung oleh asuransi atau limit asuransi kamu tidak mencukupi untuk biaya berobat dan mengharuskan kamu menanggung sisa biaya berobat tersebut. Disinilah peran dana darurat, kamu bisa menggunakan dana darurat untuk biaya berobat yang tidak tertutupi oleh asuransi

Kamu juga bisa menggunakan dana darurat untuk membantu saudara ketika tertimpa musibah, entah itu kecelakaan ataupun sakit. Pastikan saat ingin menolong kamu juga menyisihkan dana darurat untuk diri kamu dan keluarga. 

Terkadang biaya berobat tidak cukup hanya dengan rawat jalan saja namun juga membutuhkan rawat inap di rumah sakit, ditambah dengan biaya operasi, dan perawatan pasca operasi yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ditambah saat ini sedang terjadi pandemi menyebabkan ketidakpastian biaya berobat akan semakin bertambah.

Saat inilah kamu bisa menggunakan dana darurat yang sudah dipersiapkan. Menabung dana darurat tidak bisa kamu rasakan manfaatnya sekarang, tapi ketika dalam keadaan mendesak membutuhkan dana berobat barulah dana darurat bisa sangat membantu kamu.

- Biaya Kebutuhan Harian saat Kehilangan Pekerjaan

Memiliki karir yang bagus adalah dambaan setiap pekerja. Namun, adakalanya dengan karir yang bagus belum tentu menolong untuk bisa bekerja di suatu perusahaan seumur hidup. Jadi tidak ada alasan tidak mempersiapkan dana darurat meskipun memiliki karir yang bagus.

Kehilangan pekerjaan bisa bermacam-macam penyebabnya, entah itu bisnis yang sedang tidak bagus, terjadi perampingan struktur perusahaan dan beragam penyebab lainnya. Namun, apapun penyebabnya baik itu PHK atau resign yang pasti tidak ada pendapatan yang diterima, artinya saat ini pemasukan berhenti.

Dengan memiliki dana darurat kamu dan keluarga tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan harian karena bisa menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan harian selama tidak memiliki penghasilan. Manfaat dana darurat akan sangat terasa sebagai pengaman kebutuhan rumah tangga sampai mendapatkan kembali pekerjaan.

 

3. Cara Menyisihkan Pendapatan untuk Dana Darurat

Dana darurat tidak begitu saja terkumpul jika kamu tidak menyisihkan pendapatan untuk dana darurat. Untuk itu diperlukan strategi dalam mengumpulkan dana darurat. Misalnya jika kamu memiliki pendapatan bulanan, kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan lalu dimasukan ke rekening yang terpisah dari rekening yang biasa kamu gunakan. Cara ini cukup efektif untuk meminimalisir tidak sengaja menggunakan dana darurat. Dengan rekening terpisah dana darurat kamu akan lebih aman dan kamu bisa lebih fokus untuk menabung dana darurat. Saat ini jika kamu ingin membuka rekening baru untuk dana darurat bisa dengan mudah dilakukan tanpa harus datang ke cabang bank. Buka rekening digital saving dari BRImo bisa menjadi solusi yang tepat dalam memulai tabungan dana darurat. Untuk membuka rekening digital saving cukup dengan mengunduh aplikasi BRImo lalu ikuti cara berikut ini:

- Download aplikasi BRImo melalui smartphone

- Pilih opsi Belum Punya Akun lalu Buka Rekening.

- Pilih produk tabungan BRI dan kantor BRI yang mengelola rekening. 

- Foto e-KTP dan isi data utama yang dibutuhkan.

- Selanjutnya verifikasi data dan verifikasi dikirimkan ke ponsel terdaftar.

- Berikutnya rekam video, foto dengan KTP, foto NPWP dan isi data diri.

- Verifikasi tanda tangan digital dengan melalui kode token di sms.

- Proses selanjutnya konfirmasi dan lakukan setoran awal ke nomor BRIVA (Virtual Account).

- Notifikasi rekening terbentuk melalui email.

- Buat username, password dan PIN akun BRImo.

- Rekening digital telah aktif dan bisa digunakan untuk transaksi finansial.

 

Setelah rekening digital saving berhasil dibuat kini saatnya kamu mengumpulkan dana darurat dari hasil menyisihkan sebagian pendapatan bulan. 

 

Diperlukan konsistensi dan kemauan yang kuat dalam mengumpulkan dana darurat. Memang mengumpulkan dana darurat tidak mudah karena kita juga menggunakan pendapatan demi keperluan lainnya. Namun, dengan tujuan yang jelas dan penting dana darurat harus dipersiapkan. 

 

Untuk itulah dengan memanfaatkan digital saving kamu bisa dengan mudah dan praktis dalam mengumpulkan dana darurat. Segera buka dan gunakan rekening digital saving dari BRImo dengan mengunduh melalui App store pada iOS dan Google playstore pada Android. Yuk mulai persiapkan dana sedini mungkin.