Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Hemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Tips Hemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

2021-08-23 18:23:20

Listrik telah menjadi salah satu sumber energi paling vital bagi setiap rumah tangga modern. Semua kegiatan membutuhkan listrik, mulai dari mencuci pakaian, menikmati sarana hiburan, hingga mengisi daya smartphone dan laptop. Manfaat listrik semakin penting untuk mendukung penyelesaian tugas dan pekerjaan selama pandemi karena banyak orang beraktivitas #DiRumahAja. Oleh sebab itu, kamu patut memahami dan mempraktikkan cara menghemat listrik di rumah agar tagihan tidak membengkak.

Setelah menyimak ulasan tips berikut ini, niscaya kamu tak akan direpotkan lagi dengan tagihan listrik yang nilainya fantastis setiap bulan:

Menggunakan Produk Elektronik Hemat Energi

Jangan terlalu pelit untuk memperbarui barang-barang elektronik di rumah. Barangkali sudah waktunya kamu mengganti produk elektronik yang sudah usang dengan produk elektronik baru. Tidak hanya memiliki desain yang lebih modern, produk-produk elektronik baru juga sudah dilengkapi teknologi hemat energi. Beberapa produk elektronik seperti AC (air conditioner), kulkas, dan TV dengan teknologi hemat energi hanya membutuhkan sedikit daya listrik dibandingkan produk-produk keluaran lama. Setelah menggunakan produk elektronik baru yang hemat energi, kamu jadi tak perlu berurusan lagi dengan tagihan listrik yang membengkak di akhir bulan atau token listrik yang cepat habis.

Memakai Lampu Hemat Energi

Selain barang-barang elektronik, lampu modern biasanya juga sudah dilengkapi dengan teknologi hemat energi. Sehingga penggunaannya akan mendukung upaya penghematan listrik di rumahmu. Meskipun hemat energi, intensitas cahaya yang dihasilkan tak kalah terang dibandingkan lampu listrik konvensional. Produsen lampu mengklaim bahwa 1 lampu modern dengan teknologi hemat energi menghasilkan pijar cahaya setara dengan 3 hingga 6 lampu konvesional. Kelebihan lainnya yang dimiliki lampu hemat energi adalah menghasilkan cahaya tanpa pancaran radiasi panas berlebihan. Rumahmu pun akan tetap nyaman dan sejuk saat lampu menyala.

Mengandalkan Sistem Pencahayaan Alami

Salah satu biang keladi yang membuat rumah jadi boros listrik adalah penggunaan lampu yang berlebihan. Padahal, kebutuhan terhadap penerangan bisa disiasati melalui sistem pencahayaan alami. Sistem pencahayaan alami yang tertata rapi adalah salah satu cara menghemat listrik paling efektif yang bisa diterapkan semua orang. Pastikan bahwa rumahmu memiliki jendela dan skylight yang memadai agar kondisi interiornya tetap terang tanpa lampu sejak pagi hingga sore hari. Kamu juga bisa memaksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah dengan memperbanyak elemen yang mampu meneruskan cahaya, seperti dinding kaca, glass block, dan loster.

Menggunakan Meteran Listrik dengan Sistem Token

Kalau ingin mengontrol penggunaan listrik di rumah, sebaiknya kamu menggunakan meteran listrik dengan sistem token. Nanti, kamu tinggal membeli token listrik dengan nominal tertentu agar meteran listrik dapat menyala. Cara menghemat listrik ini akan membuatmu lebih teliti mengukur penggunaan listrik di rumah setiap bulan. Kamu sekeluarga bisa mulai membatasi penggunaan listrik jika jumlah token listrik yang kamu beli sudah melebihi bujet yang kamu siapkan.

Sekarang, proses membeli token listrik dapat dilakukan secara praktis melalui aplikasi BRImo. Aplikasi BRImo tak hanya membuat proses pengecekan saldo dan transfer semakin mudah, melainkan juga dapat membantumu melakukan pembelian token listrik tanpa harus ke luar rumah. Caranya, login dulu di aplikasi BRImo lalu pilih opsi menu PLN. Kemudian, pilih menu Pilih menu listrik, lalu token listrik dan masukkan id pelanggan / nomor meter. Terakhir, pilih nominal dan masukkan pin dan sumber dana (bila rekening BRI-mu lebih dari satu). 

BRImo akan menampilkan pilihan nominal token mulai dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah. Kalau sudah memilih nominal token listrik yang kami inginkan, klik Lanjut dan lalu klik Konfirmasi. Terakhir, masukkan password dan pilih lanjut. Jika transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan 20 digit kode token yang bisa segera dimasukkan ke meteran listrik. 

Mencabut Peralatan Listrik yang Tidak Digunakan

Jangan menganggap remeh kabel atau peralatan elektronik yang masih menempel di stop kontak ketika tidak digunakan. Ternyata listrik akan tetap mengalir pada kabel atau peralatan tersebut sehingga penggunaannya menjadi lebih boros. Alangkah lebih baik bila kamu mencabut kabel atau peralatan elektronik bila proses charging atau penggunaannya selesai. Sehingga total daya listrik yang digunakan di rumah pun akan berkurang. Jangan lupa memberitahukan cara menghemat listrik di rumah yang sederhana ini kepada seluruh anggota keluarga, ya. Usahakan untuk saling mengingatkan supaya semua anggota keluarga lekas terbiasa mencabut peralatan listrik dari stop kontak usai menggunakan atau mengisi daya baterainya.

Mengatur Penggunaan AC dengan Sistem Timer

Air Conditioner (AC) merupakan salah satu peralatan elektronik yang boros listrik. Jadi, sebaiknya kamu tidak menyalakan AC sepanjang hari, terutama saat kamu tidak berada di rumah. Cara menghemat listrik di rumah juga dapat dilakukan dengan mengaktifkan timer pada AC. Sistem timer membuat AC akan menyala dan mati secara otomatis setiap hari pada jam yang sama sehingga risiko penggunaan AC berlebihan dapat diminimalkan. Bila kamu memiliki bujet yang memadai, jangan ragu menggunakan AC dengan teknologi hemat energi supaya rumah selalu sejuk tanpa menyebabkan pembengkakan biaya listrik.

Memilih Barang Elektronik dengan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Semakin besar kapasitas peralatan elektronik, maka semakin banyak pula daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Contohnya, kulkas 4 pintu berukuran besar membutuhkan daya listrik lebih banyak daripada kulkas 2 pintu. Oleh sebab itu, kamu mesti memilih peralatan elektronik sesuai kebutuhan, khususnya bila rumah tanggamu tergolong keluarga kecil. Beberapa peralatan elektronik seperti kulkas, mesin cuci, dan rice cooker memang menyita daya listrik. Namun, kamu tak perlu mengkhawatirkannya kalau kamu hanya menggunakan barang elektronik berkapasitas kecil.

Mematikan Peralatan Elektronik sebelum Tidur

Ternyata tak sedikit orang yang punya kebiasaan membiarkan peralatan elektronik menyala saat tidur. Kebiasaan tersebut tentu memicu pemborosan listrik karena peralatan elektronik tersebut akan mengonsumsi daya listrik selama beberapa jam ketika kamu tidur. Alangkah lebih baik jika kamu mematikan peralatan elektronik (misalnya lampu dan TV) sesaat sebelum tidur. Selain menghemat listrik, hal tersebut juga akan mengurangi gelombang elektromagnetik di rumah sehingga kualitas tidurmu jadi meningkat.

Melakukan Berbagai Lifehack untuk Menghemat Listrik

Cara menghemat listrik di rumah juga dapat dilakukan melalui beberapa lifehack berikut ini:
- Menanam berbagai tanaman hias dalam ruangan sehingga interior rumah terasa sejuk.
- Memperbanyak ventilasi udara di rumah supaya suasana jadi sejuk dan kamu tidak perlu menyalakan AC terlalu lama.
- Menggunakan tirai berwarna gelap untuk menahan pancaran sinar matahari pada interior rumah.
- Melakukan berbagai aktivitas di sekitar eksterior rumah, misalnya bersantai atau Working From Home (WFH) di teras. Dengan demikian, kamu jadi tak perlu menyalakan lampu dan AC jika sering beraktivitas di teras rumah. 
- Menggunakan sistem energi alternatif untuk mendukung pasokan listrik secara hemat, misalnya panel surya untuk memanaskan air kamar mandi.

Menggunakan listrik secara bijak di rumah akan membuat pengeluaran semakin hemat. Namun, kamu tidak bisa melakukannya sendirian sebab seluruh anggota keluarga harus terlibat supaya hasilnya maksimal.