Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Berbuka Puasa di Rumah Agar Tetap Sehat dan Semangat saat Pandemi

Tips Berbuka Puasa di Rumah Agar Tetap Sehat dan Semangat saat Pandemi

2021-04-28 07:37:08

Semua umat muslim pasti merindukan bulan suci Ramadan yang penuh berkah. Bulan penuh ampunan ini memang istimewa karena menjadi momen terbaik untuk meningkatkan keimanan. Ibadah puasa dan sahur harus dijalani secara khidmat agar pahalamu kian sempurna. Jadi, kamu harus cermat mengikuti tips berbuka puasa supaya tetap sehat dan semangat meskipun masih berada dalam masa pandemi.

Apa saja tips berbuka puasa yang harus kamu jalani secara konsisten selama bulan Ramadan? Inilah ulasan selengkapnya!

Mengenal Sunnah “Berbuka Puasa dengan yang Manis”

Banyak orang mengira bahwa berbuka puasa dengan hidangan manis adalah sunnah yang sebaiknya dilakukan di bulan Ramadan. Padahal, anggapan tersebut nyatanya keliru. Berdasarkan Hadits Riwayat Ahmad, Abu Daud, sanadnya shahih, Rasullulah SAW menganjurkan umat-Nya berbuka puasa dengan kurma basah (ruthab). Bila tak ada kurma basah, kamu bisa menggantinya dengan kurma kering (tamr). Kalau tak ada kurma kering, air putih pun sudah cukup untuk membatalkan puasa.

Anjuran berbuka dengan yang manis adalah bagian dari promosi minuman dalam kemasan beberapa tahun lalu. Jadi, jangan sampai kamu mengonsumsi hidangan manis berlebihan saat berbuka puasa, ya. Tubuh akan kesulitan beradaptasi bila kamu langsung mengonsumsi hidangan manis secara berlebihan usai puasa selama belasan jam.

Menyiapkan Persediaan Bahan Makanan

Ketika hendak menjalani ibadah puasa, sebaiknya kamu menyiapkan persediaan bahan makanan yang jumlahnya memadai. Sehingga kamu tidak kerepotan mencari bahan makanan, terutama saat sahur. Kamu bisa membeli sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan telur kemudian menyimpannya dengan cara berikut ini:

- Membungkus sayuran dengan kertas koran dan menyimpannya di kulkas.
- Memisahkan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas (contohnya, pisang, alpukat, melon, dan tomat) dan buah yang boleh disimpan di kulkas.
- Membersihkan daging dan ikan segar lalu membaginya dalam kemasan kecil sebelum menyimpannya di freezer. Sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan lauk secukupnya ketika hendak memasak. Cara ini akan membuat persediaan daging dan ikan tahan disimpan hingga berbulan-bulan.

Memasak Makanan Sendiri di Rumah

Tips berbuka puasa berikutnya yang patut jadi perhatianmu adalah memasak makanan sendiri di rumah. Perhatikan beberapa hal ini supaya bisa menyiapkan menu makanan sehat di rumah:

- Menghindari menu berupa sajian gorengan dan makanan manis secara berlebihan untuk berbuka puasa.
- Menghidangkan sup sebagai menu berbuka. Sup yang terdiri dari sumber protein hewani dan sayuran penting untuk memenuhi kebutuhan gizi dan cairan tubuh bagi orang-orang yang berpuasa.
- Meminimalkan sajian makanan yang diawetkan seperti sosis, nugget, mi instan, dan sarden. Karena makanan yang diawetkan biasanya mengandung banyak sodium, lemak, atau gula berlebihan.
- Membuat takjil segar dan bergizi yang disukai seluruh anggota keluarga. Beberapa varian takjil yang bisa jadi andalanmu misalnya sup buah kuah susu atau yogurt, bubur kacang hijau, wedang ronde, sup kembang tahu kuah jahe, atau puding buah.

Menyelesaikan Semua Kegiatan Sebelum Berbuka Puasa

Pandemi membuat banyak orang harus bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH) dari pagi hingga malam. Namun, bukan berarti kamu boleh mengabaikan kewajiban menunaikan ibadah puasa. Berusahalah menyelesaikan semua kegiatan kerja, kuliah, atau sekolah sebelum berbuka puasa. Dengan demikian, kamu bisa menyiapkan diri sendiri untuk berbuka puasa dan melanjutkan salat dengan khidmat.

Mengisi Waktu Ngabuburit dengan Kegiatan Bermanfaat

Ngabuburit adalah waktu senggang di sore hari sebelum momen buka puasa tiba. Waktu senggang tersebut harus diisi dengan aktivitas bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas atau menambah pahala. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit antara lain:

- Berolahraga #DiRumahAja atau di sekitar rumah yang jauh dari kerumunan.
- Berkebun atau merawat binatang peliharaan.
- Mengikuti kajian agama atau mengaji.
- Membereskan seisi rumah dan membersihkan peralatan ibadah.
- Belanja online sebagai persiapan menyambut Idulfitri.
- Mempelajari keterampilan baru, misalnya bahasa asing, memasak, menjahit, atau bermain alat musik.
- Membaca buku.
- Berjualan takjil di sekitar tempat tinggal.

Menjaga Kebersihan Diri Sendiri saat Berpuasa

Karena kebersihan adalah sebagian dari iman, maka sebaiknya kamu telaten menjaga kebersihan diri sendiri, terutama ketika menjalani ibadah puasa. Jangan malas mandi, mencuci rambut, dan menyikat gigi secara teratur, ya. Tubuh yang bersih akan membuat kamu merasa segar dan bersemangat menjalani ibadah puasa. Jika memungkinkan, kamu juga bisa memotong rambut supaya penampilan lebih fresh di hari Idulfitri nanti.

Oh iya, menjaga kebersihan diri sendiri juga penting di masa pandem. Sebaiknya kamu melakukan beberapa hal ini supaya kebersihan dan kesehatanmu tetap terjaga:

- Selalu menggunakan masker medis atau masker kain dengan standar WHO ketika beraktivitas di luar rumah.
- Mencuci tangan secara teratur dengan sabun cuci tangan atau handsanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas.
- Langsung mandi dan berganti pakaian setelah beraktivitas di luar rumah.

Merencanakan Acara Bukber Virtual

Jangan sedih bila tahun ini belum bisa berkumpul dengan keluarga besar atau para sahabat untuk berbuka puasa bersama. Kamu bisa merencanakan kegiatan alternatif berupa bukber virtual yang tak kalah mengasyikkan. Agar acara bukber virtual berlangsung lancar, pastikan kamu sudah memperhatikan beberapa hal ini, ya:

- Menyiapkan gadget dan koneksi internet berkecepatan tinggi agar momen bukber via video call berlangsung lancar.
- Menyulap ruangan tertentu di rumah sebagai background video call yang pencahayaannya maksimal dan tampak estetik.
- Membuat ketentuan dress code untuk semua peserta bukber virtual supaya suasananya lebih fun.
- Menyiapkan rencana acara yang menarik dengan durasi yang tidak terlalu panjang, misalnya menyelipkan games dan ramah tamah di antara momen berbuka dan salat.

Memesan Makanan di Aplikasi Ojek Online

Tak masalah kalau sesekali kamu tidak sempat memasak menu berbuka puasa di rumah. Kamu bisa mencoba alternatif lain dengan memesan makanan di aplikasi ojek online. Jangan lupa mempertimbangkan hal-hal ini sebelum memesan makanan:

- Memanfaatkan promo aplikasi ojek online agar pengeluaran jadi lebih hemat.
- Memilih jenis makanan yang sehat dan tidak mengandung kalori atau zat aditif berlebihan.
- Memesan makanan dari restoran atau kedai terpercaya yang selalu memperhatikan standar kehigienisan produknya.
- Menggunakan sistem pembayaran cashless untuk meminimalkan kontak fisik dengan siapapun, termasuk pengemudi ojek online yang mengantarkan makanan.

Salah satu dompet digital yang memfasilitasi pembayaran cashless adalah GOPAY. Tak hanya praktis, kamu juga berkesempatan memperoleh cashback bila menggunakan GOPAY saat memesan makanan via aplikasi GoFood. Proses top up saldo uang elektronik pada GOPAY sekarang bisa dilakukan secara praktis melalui aplikasi BRImo. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah praktis ini bila ingin top up GOPAY melalui aplikasi mobile banking BRI sebagai bersebut:

- Login di aplikasi BRImo.
- Pilih opsi Dompet Digital, kemudian pilih top up Gopay.
- Selanjutnya masukin nominal, untuk top up dompet digital di BRImo minimal Rp 10.000,- untuk Gopay.
- Bila sudah selesai memasukkan nominal, klik “Top Up”.
- Masukkan Pin BRImo hingga transaksi top up Gopay berhasil.

Aplikasi BRImo siap memberikan banyak kemudahan transaksi untukmu di zaman modern ini. Jadi, jangan lupa mengunduh dan mengaktifkan aplikasi tersebut supaya bisa merasakan beragam manfaatnya.