Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tips Belanja Online yang Aman di Bulan Ramadan

Tips Belanja Online yang Aman di Bulan Ramadan

2019-05-31 16:18:04

Ramadan tiba! Begitu banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk menyambut bulan suci ini. Dari segi ibadah, Anda dan keluarga tentunya akan menjalankan puasa dan memperbanyak kegiatan agama. Lebih dari itu, Anda dan seluruh keluarga juga harus menyiapkan berbagai persiapan untuk menyambut Hari Idulfitri yang sudah di depan mata.

Satu tradisi saat berlebaran adalah berbelanja baju baru dan peralatan salat. Belanja makanan hantaran dan oleh-oleh untuk dibawa mudik juga tak kalah penting. Semua keperluan itu bisa dibeli dengan cara konvensional, seperti berbelanja langsung di mall, toko, atau pusat perbelanjaan lainnya. Namun, untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa berbelanja secara online melalui e-commerce dan online shop.

Satu keunggulan berbelanja dengan cara ini adalah proses transaksi pembayaran yang lebih mudah dan cepat dengan menggunakan e-payment atau e-pay. Sistem pembayarannya menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. E-commerce atau online shop akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk memfasilitasi e-payment. Tinggal klik beberapa kali, transaksi selesai.

Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama bertransaksi dengan e-payment, Anda tetap harus hati-hati. Lakukan beberapa tips belanja online aman di bulan Ramadan berikut ini:

Pilih Vendor yang Aman

Di jagat e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Buka Lapk, dan JakMall, ada ratusan bahkan ribuan vendor. Pilih dengan hati-hati vendor yang terpercaya dengan melihat rating atau tanda bintang yang dimilikinya. Teliti pula deskripsi dan kualitas produk barangnya, ya.

Pastikan Situs Aman

Tips belanja online aman di bulan Ramadan berikutnya adalah memastikan situs yang Anda buka aman sebelum memasukkan informasi pribadi. Amati baris status (status bar) browser Anda. Alamat situs yang aman memiliki tanda berupa gambar gembok yang akan berubah dari http ke 'shttp' atau 'https'. Dengan begitu, informasi pembayaran yang Anda lakukan terenkripsi dan lebih aman.

Fasilitas Pembayaran yang Aman

Salah satu fasilitas pembayaran yang tersedia di banyak e-commerce dan online merchants di Indonesia adalah e-payment Bank BRI atau e-Pay BRI. Untuk menikmati fasilitas ini, Anda harus menjadi pengguna Internet Banking BRI dan sudah melakukan registrasi dan aktivasi mToken.

Setiap berbelanja di aneka online merchants, pengguna e-Pay BRI tidak perlu repot mengingat kode booking transaksi atau harus transfer melalui ATM lalu kemudian mengirimkan konfirmasi penyelesaian pembayaran. Dengan e-Pay BRI, Anda cukup memasukkan user ID Internet Banking BRI atau nomor ponsel pintar Anda berserta password/PIN-nya. Setelahnya, paycode sebagai konfirmasi pembayaran akan dikirimkan ke ponsel pintar Anda dan bukti transaksi akan dikirimkan pula melalui email/SMS.

Itulah beberapa tips belanja online aman di bulan Ramadan yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin berbelanja semua kebutuhan Hari Raya lewat transaksi e-payment. Selamat berbelanja!