Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tetap Hemat Kuota Walau Sering Nonton Video YouTube

Tetap Hemat Kuota Walau Sering Nonton Video YouTube

2021-06-02 16:15:49

Semua orang pasti butuh hiburan di waktu senggang. Apalagi pada momen pandemi yang membuat mayoritas orang lebih banyak beraktivitas #DiRumahAja. Salah satu hiburan yang paling menarik bagi semua kalangan usia adalah menyaksikan video Youtube.

Bukan hanya menjadi sarana hiburan yang menyenangkan, Youtube juga dapat membantumu mempelajari hal-hal baru. Kamu bisa menemukan banyak video tutorial, pengetahuan populer, dan Do It Yourself yang menarik untuk dicoba di rumah. Sayangnya, menonton video Youtube dengan paket data bisa bikin kamu makin boros. Kamu harus paham cara menghemat kuota agar pengeluaran tidak berlipat ganda akibat hobi nonton Youtube.

Jangan panik dulu kalau selama ini pengeluaranmu membengkak karena sering menonton video Youtube. Yuk, ikuti beberapa cara ini untuk menghemat kuota tanpa mengganggu hobi nonton Youtube!

Mengandalkan Jaringan Wifi

Salah satu cara menghemat kuota yang paling ampuh saat menonton video Youtube adalah mengandalkan jaringan wifi. Kalau kamu sekeluarga tergolong sering menggunakan internet untuk berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan, tugas sekolah, hingga hiburan, sebaiknya kamu memasang wifi di rumah. Jaringan wifi bukan hanya membuatmu hemat kuota karena bersifat unlimited, melainkan juga menyediakan fasilitas internet berkecepatan tinggi dibandingkan paket data biasa. Hanya dengan membayar mulai dari 300 ribu rupiah setiap bulan, kamu bisa menggunakan fasilitas wifi berkecepatan tinggi setiap saat bersama seluruh anggota keluarga. Jangan lupa pula memaksimalkan fasilitas wifi yang terbukti aman ketika kamu sedang berada di tempat umum seperti mall, kafe, atau bandara.

Menggunakan Aplikasi Youtube Go

Hobi menonton video Youtube tak akan bikin kamu boros kalau kamu sudah mengenal Youtube Go. Aplikasi tersebut merupakan versi hemat dari aplikasi Youtube biasa. Kamu bisa menggunakan Youtube Go untuk mengunduh video dan menontonnya secara offline. Selain itu, kamu juga dapat menentukan batasan penggunaan kuota ketika menggunakan Youtube Go. Dijamin deh kamu tak akan menggunakan paket data secara berlebihan jika menggunakan fitur-fitur Youtube Go secara maksimal. Hobi menonton video bisa berlanjut terus tanpa bikin isi kantongmu jebol.

Memilih Paket Data Unlimited

Paket data dengan jumlah tertentu memang sering kali tidak cukup untuk mendukung aktivitas mobile di internet, terutama jika kamu menonton Youtube setiap hari. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih provider yang menyediakan paket data unlimited. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan paket data lainnya, paket data unlimited membuatmu tak akan kebablasan saat menggunakan internet. Biasanya paket data unlimited akan mengalami penurunan kecepatan ketika mencapai batasan pemakaian tertentu. Namun, hal tersebut tak jadi masalah besar karena kamu masih bisa menggunakan internet secara leluasa.

Menurunkan Kualitas Video yang Ditonton

Belum banyak orang yang menyadari kalau menurunkan kualitas video Youtube merupakan salah satu cara menghemat kuota internet. Caranya sangat mudah lho, kamu tinggal mengklik icon setting bergambar gear pada bagian bawah video Youtube, pilih opsi kualitas atau quality, kemudian tentukan pengaturannya ke opsi yang lebih rendah (berkisar antara 144 p hingga 480 p). Cara praktis ini akan bikin kuota internetmu jadi lebih hemat tanpa mengganggu aktivitas menonton video. Kamu tentu tidak perlu kualitas video yang super bagus kalau lebih sering menyetel video untuk mendengarkan musik saja.

Memaksimalkan Fitur Penghemat Daya di Smartphone

Beberapa tahun belakangan ini, smartphone sudah dilengkapi fitur penghemat daya yang dapat membantumu membatasi penggunaan kuota internet. Ketika kamu mengaktifkan fitur tersebut, kamu bisa menghemat kuota hingga 50%. Di samping itu, kamu juga dapat menentukan batasan penggunaan kuota sesuai keinginanmu, jadi smartphone akan memunculkan notifikasi kalau penggunaan kuota telah mencapai batasan tersebut. Pulsamu tak akan tersedot diam-diam karena terus-terusan digunakan untuk mengakses internet saat paket data sudah habis.

Memilih Browser dengan Fitur Video Boost

Pemilihan browser ternyata penting untuk menunjang aktivitas menonton video Youtube. Sebaiknya kamu memilih browser yang punya fitur Video Boost agar bisa menyetel video ketika kuota hampir habis atau kecepatan internet sedang melambat. Beberapa browser yang cocok jadi andalanmu antara lain:

- Opera Mini: dapat mengurangi ukuran data video, mempercepat loading, sekaligus mengurangi buffering.

- UC Browser: punya fitur Fast Mode untuk memperkecil kuota data.

- Google Chrome: memiliki fitur Data Saver agar kuota tidak terlalu boros.

Melewatkan Iklan Video saat Menonton Youtube

Jangan mengabaikan iklan yang muncul ketika kamu asyik menonton Youtube. Iklan tersebut ternyata turut menyita kuota internet bahkan sebelum kamu mulai menyaksikan video yang kamu inginkan. Jadi, kamu harus lebih sigap melewatkan iklan tersebut, ya. Jangan lupa klik tombol Skip Ad supaya bisa langsung menonton video tanpa menunggu iklan berdurasi panjang. Kalau kamu menonton Youtube di desktop PC, kamu bisa meng-install plugin browser Youtube bernama Ad Auto-Skipper untuk Google Chrome dan Firefox supaya iklan langsung dilewatkan secara otomatis. Sedangkan untuk pengguna smartphone Android, ada aplikasi serupa bernama Cygery AdSkip for Youtube yang harus dipasang secara khusus untuk melewatkan iklan Youtube.

Memanfaatkan Kuota Malam Semaksimal Mungkin

Beberapa provider menyiapkan bonus berupa kuota malam dalam jumlah besar bagi para penggunanya. Sayangnya, kuota tersebut sering tidak terpakai karena kamu tidak aktif menggunakan internet di malam hari. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu berusaha mengunduh video yang kamu inginkan di malam hari saat kuota malam sudah aktif. Sehingga nantinya kamu bisa menyaksikan video yang sudah diunduh secara offline tanpa harus menguras kuota lagi.

Menggunakan Fitur Offline Video

Ternyata Youtube juga memiliki fitur offline video yang dapat kamu gunakan untuk menghemat kuota. Caranya, klik icon titik tiga di sekitar video Youtube lalu pilih opsi download. Sayangnya, tidak semua video bisa diunduh dengan cara ini. Jadi, kamu harus rajin mengecek apakah video yang ingin kamu tonton dapat diunduh, terutama bila videonya berdurasi panjang.

Sekarang, kamu tak perlu repot berburu pulsa jika kuota internetmu habis. Kamu bisa langsung beli paket kuota internet secara online melalui aplikasi BRImo secara mudah. Aplikasi BRImo rupanya tak cuma bermanfaat untuk mengecek saldo dan melakukan transfer lho. Layanan mobile banking BRI ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan dan membeli pulsa. Caranya, login dulu ke BRImo lalu pilih opsi Beli dan Bayar. Selanjutnya, pilih opsi Beli Pulsa lalu pilih sumber dana (kalau rekening BRI-mu lebih dari satu). Masukkan nomor HP yang akan diisi pulsa kemudian klik Lanjut. Bila nomor HP yang tertera di layar smartphone sudah benar, pilih paket data yang diinginkan lalu pilih nominal sesuai kebutuhan.. Maka nomor HP-mu akan otomatis terdaftar paket data yang kamu inginkan dan kamu sudah bisa kembali berselancar internet sepuasnya.

Mengandalkan BRImo membuatmu tak perlu ke luar rumah bila ingin mengisi kuota internet deh. Kemudahan yang ditawarkan aplikasi BRImo akan mendukung kelancaran aktivitas mobile dimanapun kamu berada.