Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Tertarik Menjalankan Bisnis Jasa Titip? Yuk, Simak 5 Tipsnya!

Tertarik Menjalankan Bisnis Jasa Titip? Yuk, Simak 5 Tipsnya!

2021-03-04 10:15:25

Zaman yang semakin modern ini banyak sekali melahirkan peluang-peluang bisnis khususnya untuk anak muda. Pastinya kamu sudah tidak asing, kan, dengan bisnis titip belanja atau jastip (jasa titip)? Ya, peluang bisnis yang satu ini terbilang cukup fleksibel dan jika berhasil kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah juga. Seperti namanya, pembeli akan “menitip” barang yang mereka inginkan kepada penyedia jasa titip dan kemudian dibelanjakan olehnya. Kamu hanya tinggal transfer uang dan menunggu barangnya sampai di depan pintu rumahmu. Menarik, bukan?

 

Sebenarnya, banyak sekali jenis-jenis penyedia jasa titip. Ada yang melakukan live shopping, yaitu penjual datang ke pusat perbelanjaan, memotret barang-barang dan di-upload ke sosial media, kemudian menunggu sampai ada pembeli. Ada juga yang menawarkan jasa titip dari luar negeri, biasanya si penjual sedang liburan atau tinggal menetap di negara lain. Nah, kamu bisa titip membelikan barang dari e-commerce luar negeri atau toko-toko yang tidak ada di Indonesia, misalnya. Selain cara di atas, sekarang juga sudah ada aplikasi titip beli yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja.

 

Menariknya peluang bisnis ini bisa sangat menguntungkan apabila dijalankan dengan serius sehingga memancing anak muda untuk mulai menggarap pundi-pundinya sendiri dengan mudah. Namun, tentu saja melakukan bisnis tidaklah semudah yang dikira. Para jastiper (penyedia jasa titip) tentunya juga memiliki suka dukanya sendiri dalam melaksanakan bisnis ini. Nah, apa saja suka dan duka yang biasa dialami oleh jastiper? Simak berikut ini, ya!

 

Penyaluran hobi untuk Si Gila Belanja

Kamu yang doyan belanja pastinya akan sangat senang dengan bisnis yang satu ini. Keluar masuk toko satu ke toko lain dan membeli barang. Siapa, sih, yang tidak suka kalau hobinya terbayarkan? 

 

Ajang refreshing

Siapa bilang kalau melakukan bisnis ini, kamu tidak bisa sekalian memanjakan diri? Selain membelanjakan pesanan orang, kamu juga bisa kok sambil jalan-jalan/traveling. Stres hilang, uang datang.

 

Jasa membantu orang

Kamu yang senang membantu orang, bakal cocok banget nih di bisnis ini. Dengan bermodalkan sosial media dan tenaga untuk belanja, kamu sudah bisa membuat orang lain senang, lho!

 

Jadi update dengan tren

Dengan seringnya “main” ke pusat perbelanjaan, kamu juga gak akan ketinggalan tren-tren baru di pasaran. Mulai dari fashion hingga skincare, pasti kamu akan up-to-date, deh!

 

Selain suka tentunya ada dukanya juga, nih, dalam melakukan bisnis.

 

Rebutan dengan  jastiper lain

Sebagai jastiper, kamu pasti akan merasakan main “dulu-duluan” dengan penyedia jasa titip lain. Apalagi saat diskon besar-besaran. Wah, siap-siap deh berburu supaya tidak kehabisan.

 

Pembeli yang hit n run

Pembeli PHP atau pemberi harapan palsu. Biasanya sudah deal ingin beli, ketika diminta kepastian untuk bayar, si pembeli hilang. Ada juga ketika barang sudah dibeli dengan uang jastiper, si pembeli tidak jadi beli. Memang bikin kesal dan tentunya merugikan.

 

Menghadapi pembeli yang bikin gigit jari

Karakter pembeli akan bermacam-macam nantinya. Kamu harus siap-siap, ya, menghadapi pembeli yang bikin emosi, pembeli yang kerjaannya nawar terus, sampai pembeli yang marah-marah. Siap-siap melatih kesabaran, ya!

 

Saingan harga dengan jastiper lain

Sebagai penyedia jasa titip, tentunya kamu juga mencari keuntungan. Perbedaan harga barang yang sama dengan jastiper lain bisa berpengaruh kepada pembeli nantinya. Apalagi jika pembeli dari luar daerah, kamu juga harus menambah biaya ongkos kirim yang lebih besar.

 

Itulah berbagai suka dan duka yang dirasakan para penyedia jasa titip. Tertatik, kan, untuk memulai bisnis ini? Supaya bisnis kamu lebih banyak “suka”-nya daripada “duka”-nya, berikut adalah 5 tips buat kamu! Yuk, simak!

 

  1. Menentukan jenis barang dan harga

Sebelum kamu mulai bisnis jastip, tentukan lebih dahulu jenis barang atau kategori barang apa yang ingin kamu titip belikan. Sehingga, kamu sudah hafal toko-toko mana saja yang bisa kamu datangi dan tidak perlu kunjungi toko yang berbeda dari kategorimu. Patok juga target pasarmu sehingga interaksimu dengan pembeli akan lebih mudah nantinya.

 

Harga barang juga bisa menentukan kelangsungan bisnismu, lho. Kamu harus pandai menaikkan harga yang sesuai dan masuk akal untuk tarif jasa titipmu. Tidak lupa tambahkan ongkos pengiriman juga, ya!

 

  1. Ingat juga bahwa bisnis ini adalah bisnis kepercayaan

Kamu ingin pembeli percaya dan terus membeli di tempatmu. Buatlah deskripsi yang jujur dan transparan tentang barang yang dititipkan ke kamu. Supaya kamu tidak sering bertemu dengan pembeli yang bikin emosi, latihlah profesionalitasmu. Layani pembelimu bagai raja. Jadilah ramah kepada pembeli, dan cepatlah saat merespon. 

 

Kemudian, kamu harus benar-benar tanggung jawab pada uang yang diberikan kepadamu. Selain itu, jangan juga segan untuk membuat hubungan baik pada pembeli seperti memberikan potongan. Dengan itu, pembeli akan terkesan dan memberikan kepercayaannya.

 

  1. Atur jadwal belanja

Agar tidak keteteran dengan pekerjaan lain, aturlah jadwal kerjamu. Jasa titip ini dilakukan perorangan, jadi kamu harus betul-betul siap untuk belanja, packing barang, hingga mengantarkannya ke kurir. Buatlah jadwal belanjamu, jadwal pengepakan barang, dan jadwal pengiriman agar lebih mudah.

 

Saat berbelanja, pastinya kiriman uang dari banyak pembeli akan datang disaat yang bersamaan juga. Supaya kamu tidak pusing, pakai BRImo saja! Selain ada fitur transfer yang bakal memudahkan saat transaksi, sekarang kamu tidak perlu lagi mengecek transferan di ATM. Cukup dengan ponselmu, kamu bisa cek mutasi bahkan dari satu tahun yang lalu, lho! Dengan ini, kamu pastinya tidak akan ribet lihat siapa saja yang sudah mengirimkan uangnya padamu.

 

  1. Rajin-rajin cari promo dan barang yang lagi hits

Pembeli, khususnya anak muda, pasti suka banget sama promo! Kamu juga akan mendapat keuntungan ganda karena peminatnya juga akan banyak. Wah, siap-siap mendapat peluang menggiurkan ini!

 

Selain itu, tren juga akan selalu berputar. Jangan ketinggalan juga soal apa saja yang sedang hits di pasaran. Sering-seringlah berjelajah di media sosial. Lihat apa saja yang sedang diminati oleh pembeli yang sesuai target pasarmu. Tidak ada salahnya, lho, berkunjung ke toko penyedia jasa titip lain untuk perbandingan harga barang.

 

  1. Manfaatkan media sosial

Terakhir adalah memanfaatkan media sosial. Sekarang semua sudah serba digital, kamu hanya tinggal memasarkan saja jasamu di akun media sosialmu. Untuk memulai bisnis ini, buatlah akun dan pajanglah hasil jepretanmu yang bisa kamu titip belikan. Pastikan pencahayaanmu bagus sehingga warna dan bentuk barangnya jelas. Setelah itu, tulislah tagar atau hashtag yang sesuai dengan apa yang kamu tawarkan karena lebih mudah untuk ditelusuri, kemudian upload. Jangan lupa beri tahu kerabatmu tentang jasa yang Kamu tawarkan sehingga akan lebih banyak pembeli.

 

Nah, itulah 5 tips untuk memulai bisnis jasa titipmu. Bagaimana? Sudah siap untuk memulai bisnis jasa titip? Semangat dan selamat berbisnis! Untuk mempermudah transaksi keuangan dalam menjalani bisnis jasa titip , install BRImo sekarang !