Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Syarat Dan Cara Melakukan Pinjaman Tunai yang Perlu Diketahui

Syarat Dan Cara Melakukan Pinjaman Tunai yang Perlu Diketahui

2020-02-21 16:11:16

Keadaan ekonomi yang sering kali tidak stabil membuat banyak orang memanfaatkan pinjaman tunai yang ditawarkan oleh bank. Beberapa hal yang sering menuntut pinjaman secara tunai yaitu pembayaran rumah atau cicilan kendaraan pribadi, biaya pendidikan, hingga gangguan kesehatan secara tiba-tiba.

Mengajukan pinjaman tunai ke bank pun jauh lebih aman dibandingkan dengan meminjam kepada teman atau penyedia pinjaman yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjaman tunai ke bank juga jauh lebih fleksibel dan tidak terbatas.

Sebelum mengajukan pinjaman tunai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan syarat pinjaman dan cara melakukannya. Untuk informasi lanjut, simak ulasannya di bawah ini!

Syarat Pinjaman Tunai

Secara umum, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan pinjaman tunai ke bank. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Surat keterangan penghasilan atau slip gaji bagi mereka yang berstatus sebagai karyawan
  4. Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan rekening koran bagi mereka yang berstatus sebagai wiraswasta
  5. Fotokopi kartu kredit
  6. Formulir aplikasi yang berisi data diri yang benar

Selain persyaratan administrasi tersebut, para calon debitur juga perlu memperhatikan beberapa aturan yang tidak tertulis seperti memenuhi standar penghasilan dan menyesuaikan dengan kemampuan bayar Anda. Hal-hal ini untuk menghindari kesulitan di kemudian hari jika Anda tidak mampu membayar.

Cara Melakukan Pinjaman Tunai

Sementara untuk melakukan pinjaman tunai, ada beberapa cara yang perlu ditempuh antara lain:

  1. Mengisi formulir data diri dengan benar. Hindari mengisi data yang tidak sesuai dengan diri karena akan membuat Anda terhambat dalam proses pengajuan, khususnya saat formulir diverifikasi oleh pihak bank
  2. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda telah berada di usia yang disyaratkan
  3. Memenuhi seluruh persyaratan yang diberikan oleh bank untuk menghindari adanya penolakan dalam melakukan pinjaman dana tunai

Salah satu solusi dari pinjaman tunai yang dapat Anda manfaatkan yakni BRIGuna Karya dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Proses pengajuannya pun terbilang mudah karena Anda cukup mendatangi kantor cabang terdekat Bank BRI dan melengkapi persyaratan yang ada.

BRIGuna Karya sendiri merupakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA dari Bank BRI yang diberikan kepada calon debitur atau debitur dengan sumber pembayaran yang berasal dari sumber penghasilan tetap atau gaji.

Produk perbankan ini pun dapat digunakan untuk pembiayaan berbagai keperluan nasabah, mulai dari keperluan produktif hingga non produktif misalnya pembelian barang bergerak atau tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah atau sekolah, pengobatan, pernikahan, dan lain sebagainya.

Selain proses pengajuan yang cepat dan mudah, BRIGuna juga menawarkan beberapa keuntungan yang bisa Anda manfaatkan seperti suku bunga pinjaman yang rendah, cicilan ringan dengan angsuran tetap, serta limit kredit yang tidak terbatas.

Para debitur juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan promo dan program menarik pada kegiatan-kegiatan tertentu. Ada pula perlindungan asuransi jiwa tanpa Medical Check Up hingga Rp500 juta yang diberikan kepada mereka yang mengajukan BRIGuna Karya dari Bank BRI.

Apabila debitur meninggal dunia, maka pinjaman akan ditutupi oleh asuransi. Sementara jika debitur mutasi kerja ke daerah lain, mereka tidak diharuskan melakukan pelunasan pinjaman. Selain BRIGuna Karya, ada juga BRIGuna Umum, BRIGuna Purna, serta BRIGuna Pendidikan yang dapat dimanfaatkan.