Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Simak Pengertian dan Cara Menggunakan QRIS

Simak Pengertian dan Cara Menggunakan QRIS

2022-01-07 10:01:16

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, mulai dari cara kita bekerja, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, cara kita menggunakan transportasi sampai cara pembayaran. Semua hal yang kita lakukan sehari-hari sudah terbantu dengan adanya teknologi, perkembangan teknologinya pun sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Misalnya dari segi pembayaran, mungkin lima sampai sepuluh tahun lalu kita menggunakan uang kertas sebagai alat pembayaran utama. Uang kertas masih menjadi pilihan utama dalam dalam melakukan transaksi sehari-hari, seperti belanja di pasar, membayar transportasi umum, makan di restoran dan transaksi lainnya. 

Namun, dalam satu sampai dua tahun terakhir ini kita sudah mulai terbiasa dengan pembayaran digital atau biasa disebut non tunai. Sistem pembayaran non tunai pun ada beberapa macam, seperti yang menggunakan kartu dengan cara top up saldo dan yang paling terbaru dengan menggunakan QRIS. perlu kamu ketahui sistem pembayaran QRIS dalam di tahun 2020 jumlahnya meningkat sampai 3,64 juta pengguna.

Supaya mengetahui lebih lanjut mengenai QRIS mulai dari pengertian QRIS, tujuan QRIS, manfaat QRIS dan cara menggunakan QRIS kamu bisa simak terus artikel berikut ini:

 

Pengertian QRIS

QRIS atau yang bisa dibaca kris merupakan suatu standarisasi pembayaran yang dikeluarkan oleh bank indonesia untuk semua perusahaan yang menggunakan teknologi finansial dalam mempermudah transaksi jual beli. QRIS sendiri merupakan singkatan dari quick response code indonesian standard.

 

Melalui keterangan resmi bank indonesia, QRIS merupakan kombinasi dari berbagai jenis QR Code dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran atau PJSP. Hal ini dapat mempermudah transaksi jual beli digital dengan menggunakan QR Code jadi lebih mudah, praktis, cepat dan aman.

 

Saat ini penyedia pembayaran baik lokal maupun asing dengan basis QR Code sudah wajib menggunakan satu jenis QR Code yang menggunakan standarisasi QRIS. Jadi seluruh QR Code akan terintegrasi dengan seluruh aplikasi penyedia pembayaran menggunakan satu jenis QR Code. Nantinya kamu bisa melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan berbagai aplikasi penyedia pembayaran hanya dengan memindai satu QR Code pada merchant yang sudah terintegrasi dengan QRIS.

 

Tujuan QRIS

Tujuan dari diterbitkannya standarisasi pembayaran QR Code dengan menggunakan QRIS oleh bank indonesia adalah untuk mempermudah transaksi digital atau non tunai. Dengan sistem yang sudah terstandarisasi tentunya. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan serta manfaat bagi pembeli, penjual dan juga penyedia jasa pembayaran dalam pembayaran non tunai melalui satu pintu pengawasan.

 

Manfaat QRIS

Ada berbagai manfaat yang bisa di dapatkan setelah menggunakan sistem pembayaran QRIS, manfaatnya pun bisa dilihat dari dua sisi, baik dari pembeli maupun penjual. Berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan oleh penjual dan pembeli:

 

Manfaat bagi Penjual

1. Transaksi menjadi lebih mudah 

Dengan menggunakan QRIS transaksi di merchant akan lebih mudah. Pembeli hanya perlu melakukan scan QR code yang sudah disediakan oleh penjual dan memasukan nominal pembayaran yang telah disetujui oleh penjual dan pembeli.

2. Lebih banyak alternatif pembayaran

Pembeli akan lebih bebas memilih pembayaran digital yang diinginkan dari dompet digitalnya masing-masing tanpa harus khawatir tidak tersedianya QR code yang sesuai dengan dompet digital yang dimiliki. Dengan cara ini akan meningkatkan pembelian secara non tunai.

3. Pendaftaran mudah

Sebagai penjual tidak perlu direpotkan untuk mendaftar satu persatu ke bank atau dompet digital untuk mendapatkan QR code pembayaran. Cukup dengan mendaftarkan pada QRIS, nanti nya akan mendapatkan kode QRIS untuk digunakan sebagai metode pembayaran.

 

Manfaat bagi Pembeli

1. Transaksi Menjadi Lebih Cepat

Manfaat yang dirasakan pembeli adalah transaksi pembayaran akan lebih cepat daripada pembayaran dengan menggunakan uang tunai. Karena kamu tidak perlu menunggu kasir memberikan uang kembalian. Dengan pembayaran QRIS juga lebih higienis karena tidak perlu bersentuhan tangan ataupun mengambil uang kembalian.

2. Banyak alternatif pembayaran

Menggunakan QRIS kamu sebagai pembeli tidak perlu khawatir dalam pilihan bank atau aplikasi yang akan digunakan untuk pembayaran. Jika penjual telah membuat QRIS maka bisa menerima metode pembayaran dari aplikasi atau bank manapun yang menyediakan sistem pembayaran QRIS. 

 

Cara Menggunakan QRIS

Setelah mengetahui pengertian QRIS, tujuan QRIS dan manfaat QRIS selanjutnya adalah cara menggunakan QRIS sendiri. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas QRIS yang dimiliki oleh aplikasi BRImo. Cara menggunakan QRIS sendiri kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

- Buka aplikasi BRImo

- Kemudian masukan ID dan Password

- Berikutnya klik ikon QRIS 

- Scan QR code yang ada pada merchant

- Pastikan nama merchant sudah sesuai lalu pilih Sumber dana dan klik OK

- Cek detail pembayaran dan klik Bayar

- Masukan PIN

- Selesai! Proses transaksi dengan QRIS telah berhasil

 

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai QRIS diharapkan kamu bisa mencoba dan menggunakan sistem pembayaran QRIS supaya mendukung program pemerintah dalam menumbuhkan jumlah transaksi digital di indonesia. Bagi kamu yang saat ini belum memiliki aplikasi BRImo bisa mengunduh aplikasi BRImo melalui AppGallery di Huawei, Google Playstore di Android dan Appstore di iOS. Gunakan aplikasi BRImo untuk segala kebutuhan transaksi digital kamu.