Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Rekomendasi Tempat Berburu Takjil Buka Puasa di Berbagai Daerah Nusantara

Rekomendasi Tempat Berburu Takjil Buka Puasa di Berbagai Daerah Nusantara

2021-04-28 07:40:06

Semua umat muslim pasti mempunyai kenangan tersendiri saat menyambut bulan Ramadan. Bulan suci penuh berkah memang istimewa karena menjadi waktu yang tepat untuk menyempurnakan ibadah. Namun, ada satu hal menyenangkan nih yang biasanya dilakukan selain beribadah secara khusyuk, yaitu berburu makanan buka puasa.

Di bulan Ramadan, biasanya banyak penjual takjil yang menjajakan aneka makanan lezat untuk berbuka puasa. Jenisnya sangat beragam dan menggugah selera. Bahkan, ada pula makanan yang tidak dapat ditemukan di luar bulan Ramadan. Kalau kamu ingin berburu takjil untuk buka puasa, yuk simak dulu rekomendasi berikut ini supaya bisa mendapatkan takjil lezat yang variatif.

Pasar Bendungan Hilir (Benhil)

Membahas tentang makanan buka puasa tentu tak lengkap tanpa menyebut Benhil. Pasar Benhil memang sudah lama dikenal sebagai surganya jajanan di bulan puasa. Letaknya yang strategis membuat Pasar Benhil selalu dikunjungi banyak orang di bulan puasa. Kamu tak cuma bisa berburu takjil, tetapi juga bisa membeli lauk dan hidangan utama dengan cita rasa istimewa. Soal urusan harga, kamu tak perlu khawatir karena aneka makanan dan minuman di lokasi ini dijajakan dengan harga terjangkau. Dijamin deh kamu akan kalap memborong banyak makanan ketika mengunjungi Benhil di bulan puasa.

Lapangan Blok S

Jangan ngaku anak gaul Jakarta kalau belum pernah mengunjungi Blok S. Tak hanya dikenal sebagai kawasan tongkrongan anak gaul, lapangan Blok S juga diramaikan penjual takjil di bulan puasa. Kamu bisa membeli aneka makanan lezat sambil menikmati suasana sore yang seru saat ngabuburit di lapangan Blok S. Usai berbuka puasa, jangan lupa salat tarawih dulu sebelum lanjut berwisata di Blok S, ya.

Pasar Kue Subuh Tangerang

Sentra kue subuh yang satu ini berlokasi di kawasan Sitanala, tak terlalu jauh dari terminal Kalideres dan pusat pemerintahan kota Tangerang. Meskipun namanya pasar kue subuh, destinasi wisata kuliner ini sebenarnya beroperasi selama 24 jam lho. Kamu bisa ngabuburit sambil mengunjungi Pasar Kue Subuh Tangerang untuk mencari aneka takjil buka puasa. Pilihan jajanannya juga beragam, mulai dari kue basah hingga cake. Sebaiknya kamu membeli dalam jumlah banyak agar bisa mendapatkan makanan buka puasa dengan harga yang murah, ya.

Masjid Sunda Kelapa

Wisata religi ke berbagai masjid memang bisa jadi aktivitas ngabuburit yang seru selama Ramadan. Jika kamu ingin berwisata religi sekaligus berburu takjil, cobalah mengunjungi Masjid Sunda Kelapa di kawasan Menteng. Halaman masjid besar tersebut biasanya dimanfaatkan pedagang untuk menjajakan aneka makanan buka puasa. Kamu bebas memilih takjil kesukaanmu yang dijual dengan harga murah. Usai berbuka puasa, kamu bisa langsung salat tarawih di masjid tersebut sebelum menyantap makanan berat.

Pasar Simpang Dago Bandung

Jika kamu tinggal di Bandung atau sedang singgah ke kota kembang tersebut, kamu bisa mencari makanan buka puasa di Pasar Simpang Dago Bandung. Sama seperti tempat berburu takjil lainnya, Pasar Simpang Dago juga menjajakan berbagai makanan yang menggugah selera, mulai dari camilan hingga lauk. Kamu bisa menemukan aneka makanan lezat khas Bandung serta menu-menu unik yang tak ada di daerah lain jika berkunjung ke pasar ini.

Pasar Ramadhan Kauman Yogyakarta

Destinasi wisata kuliner Ramadan yang populer ini terletak di gang sempit, tepatnya di Kampung Kauman Jalan Ahmad Dahlan Yogyakarta. Meskipun berlokasi di tempat yang tidak terlalu besar, Pasar Ramadhan Kauman senantiasa ramai pengunjung di bulan puasa. Kamu bisa menemukan aneka takjil lezat seperti bubur saren, kacang kumbon, carang gesing, dan makanan manis lainnya. Jangan datang kesorean supaya tidak kehabisan, ya.

Pasar Kuliner Ramadhan Mappanyukki Makassar

Destinasi wisata kuliner Ramadan ini terletak di Jalan A Mappanyukki Makassar, tepatnya di belakang Wisma Kalla dan lantai 1 Gedung IMMIM. Kalau ingin membeli makanan buka puasa di sini, kamu bisa mengunjunginya sejak jam 2 siang. Ada berbagai menu khas Makassar yang biasa dijajakan di Pasar Kuliner Mappanyukki, contohnya cucuru bayao, sanggara balanda, aneka jenis bolu, dan masih banyak lagi.

Jalan Karang Menjangan Surabaya

Pada bulan-bulan selain Ramadan, kawasan Jalan Karang Menjangan Surabaya sebenarnya bukan pusat kuliner. Namun, suasananya akan berubah drastis pada bulan puasa. Kamu bisa menemukan banyak penjual takjil bila berkunjung ke kawasan belakang RSU Dr. Soetomo tersebut. Jenis takjil yang dijajakan sangat beragam dan harganya murah. Tak mengherankan deh jika Jalan Karang Menjangan selalu dipadati pengunjung saat ngabuburit.

Taman KB Menteri Supeno

Saat berada di Semarang Timur, kamu patut menyempatkan waktu untuk mengunjungi Taman KB Menteri Supeno. Tak cuma jadi tempat wisata yang nyaman, kawasan ini juga dipenuhi penjaja makanan di bulan puasa. Kamu bebas memilih takjil yang kamu inginkan sambil menikmati suasana taman yang asri. Selain makanan ringan, ada pula penjual makanan berat lainnya seperti mi ayam, nasi goreng, hingga tahu lontong.

Pasar Bedug Jalan Ratna Palembang

Bukan hanya Pulau Jawa yang punya banyak destinasi wisata kuliner bulan Ramadan. Palembang juga punya Pasar Bedug Jalan Ratna sebagai andalan. Di kawasan ini, kamu bisa menemukan kurang lebih 50 penjaja makanan pada bulan puasa. Jenis makanan yang dijajakan tentu saja khas palembang, seperti burgo, celimpungan, lakso, dan kue-kue tradisional lainnya. Namun, kamu harus ekstra sabar karena Pasar Bedug Jalan Ratna biasanya macet akibat dipenuhi warga lain yang juga ingin berburu makanan buka puasa.

Pasar Pabukoan Padang

Padang yang jadi surganya pencinta makanan juga memiliki destinasi wisata kuliner di bulan puasa, yaitu Pasar Pabukoan. Pasar ini dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat sehingga lebih tertib dan kehigienisannya terjamin. Kamu tak akan kesulitan menemukan aneka takjil dan makanan berat khas Padang saat singgah ke Pasar Pabukoan. Jangan lupa mencicipi makanan yang belum pernah kamu coba sebelumnya, ya.

Kini, kamu tak harus menyiapkan banyak uang tunai bila ingin membeli makanan buka puasa. Sudah banyak penjual makanan yang menyiapkan sistem pembayaran via dompet digital seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja dan ShopeePay. Dengan begitu aktifitas transaksi menjadi lebih praktis, aman, dan higienis karena tak perlu bersentuhan langsung dengan uang tunai. Proses top up saldo uang elektronik sekarang bisa dilakukan melalui aplikasi BRImo. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah praktis ini bila ingin top up melalui aplikasi BRImo:

- Login di aplikasi BRImo.
- Pilih opsi Dompet Digital, kemudian pilih akan melalukan top up Gopay, LinkAja, OVO, ShopeePay dan DANA.
- Selanjutnya masukin nominal, untuk top up dompet digital di BRImo.
- Masukkan Pin BRImo hingga transaksi top up Gopay, LinkAja, OVO, ShopeePay dan DANA sukses.

Saldo dompet digital kamu yang sudah terisi akan membuatmu leluasa belanja makanan untuk berbuka puasa. Jadi, jangan tunggu sampai saldomu habis agar aktivitasmu tidak tersendat, ya.