Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Raih Kebahagiaan dengan Memberi Kebahagiaan di Masa Pandemi

Raih Kebahagiaan dengan Memberi Kebahagiaan di Masa Pandemi

2021-04-13 16:11:53

Masa pandemi bukan hanya membuat kita semua lebih telaten menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Lebih dari itu, pandemi juga menggugah sisi kemanusiaan kita sebagai makhluk sosial. Tak sedikit orang yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan mengalami gangguan finansial selama pandemi. Jika kamu termasuk orang yang beruntung karena masih bisa bekerja atau berbisnis tanpa gangguan finansial yang parah, alangkah lebih baik bila kamu menyisihkan sebagian rezeki untuk bersedekah.

Bagimu, rezeki yang kamu sedekahkan mungkin tidak terlalu besar nilainya. Namun, sedekah tersebut tentu sangat berguna bagi sesama yang membutuhkan. Bukan hanya orang yang menerima sedekah saja yang merasakan berkah, kamu juga bisa mendapatkan beberapa manfaat sedekah berikut ini bila melakukannya secara rutin tanpa paksaan:

Mewujudkan Rasa Syukur

Manfaat sedekah yang paling utama adalah mewujudkan rasa syukurnya kepada Sang Pencipta. Kalau kamu rutin bersedekah, berarti kamu mensyukuri anugerah apapun yang telah Tuhan berikan untukmu. Kamu tidak merasa selalu kekurangan karena selalu mendapatkan berkah dalam bentuk apapun. Berkah dari Yang Maha Esa bukan cuma uang lho. Kesehatan yang prima, karier yang stabil, dan keluarga yang harmonis juga merupakan berkah yang harus disyukuri. Jangan selalu membandingkan hidupmu dengan orang-orang yang pencapaiannya lebih besar, tetapi bersyukurlah bahwa kamu masih diberi anugerah lebih besar daripada sesama yang berkekurangan.

Menjadi Sarana Penyucian Diri

Memberikan sedekah bisa membuat dosa-dosa seseorang dihapuskan. Namun, sedekah juga harus dibarengi dengan tobat atas dosa-dosa yang pernah dilakukan serta upaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Rezeki halal yang disisihkan untuk bersedekah akan membuatmu menjadi pribadi yang berbudi luhur.

Memperbesar Pintu Rezeki Bagi Diri Sendiri

Dalam rezeki yang kamu dapatkan, terdapat sebagian rezeki milik orang lain. Percaya atau tidak, menyisihkan sebagian rezeki untuk sedekah akan memperbesar pintu rezekimu. Manfaat sedekah ini juga bisa dilihat dari orang-orang berkecukupan yang tak pernah mengalami kekurangan hanya karena bersedekah. Sederhananya, Tuhan tak akan mempercayakan rezeki yang lebih besar kepadamu jika kamu tak pandai bersyukur, enggan berbagi dengan sesama, dan selalu merasa kekurangan. Tuhan akan memberikan rezeki kepadamu tepat pada waktunya sesuai kebutuhanmu asalkan kamu selalu giat berusaha.

Menjelma Jadi Pribadi yang Bermanfaat

Semua orang pasti memiliki kekurangan dalam dirinya. Namun, bukan berarti kamu harus meratapi kekurangan tersebut dan merasa minder. Kamu bisa bermanfaat bagi banyak orang melalui berbagai cara, salah satunya yaitu memberikan sedekah. Manfaat sedekah akan membuatmu merasa bermanfaat bagi orang lain sehingga kamu tergugah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Menjalin Silaturahmi dengan Banyak Orang

Memberikan sedekah juga bisa jadi ajang menjalin tali silaturahmi dengan banyak orang. Misalnya, kamu berinisiatif mengajak teman-teman alumni sekolah untuk melakukan aksi sedekah dan bakti sosial. Tak cuma bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan, kamu pun akan mendapatkan manfaat dari jalinan silaturahmi dengan banyak orang. Bukan mustahil bila rezeki atau anugerah tak terduga untukmu nantinya berasal dari jalinan silaturahmi yang terhubung kembali. Contohnya, kamu bertemu dengan jodoh atau mendapatkan peluang bisnis setelah berkumpul kembali dengan teman-teman lama.

Membantu Orang Lain Mewujudkan Niatnya

Keterbatasan finansial sering membuat niat baik seseorang jadi terhambat. Misalnya, ada orang tua rentan yang tidak bisa berobat sampai sembuh ketika sakit karena tak punya biaya atau anak usia sekolah yang terpaksa berhenti sekolah karena harus mencari uang. Kamu bisa membantu orang lain mewujudkan niatnya melalui sedekah yang kamu berikan. Sedekah berupa uang dapat digunakan untuk berobat atau melanjutkan pendidikan. Niscaya kamu akan mendapatkan pahala besar bila membantu mewujudkan niat mulia sesama.

Memiliki Hati yang Ikhlas dan Bahagia

Kalau selama ini kamu merasa tidak nyaman dan kurang bersemangat, mungkin karena kamu merasa tidak berguna bagi orang lain. Perasaan negatif tersebut harus lekas diatasi agar tidak menyebabkan stres bahkan hingga mengganggu kesehatan fisik dan psikis. Salah satu cara mewujudkan suasana hati yang ikhlas dan bahagia yaitu bersedekah. Kamu pasti akan ikut bahagia bila melihat kebahagiaan orang lain yang menerima sedekah. Karena rezeki yang kamu dapatkan tidak kamu gunakan sendiri, melainkan dapat dibagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Menggugah Orang Lain untuk Melakukan Kebaikan yang Sama

Manfaat lainnya dari kegiatan bersedekah adalah menggugah orang lain untuk melakukan kegiatan yang sama. Misalnya, teman-temanmu juga tergugah bersedekah saat melihatmu menggagas acara sedekah di rumah ibadah. Namun, bukan berarti kamu mesti bersedekah untuk pamer atau supaya dinilai sebagai pribadi yang baik, ya. Kamu mesti bersedekah secara ikhlas atas inisiatif diri sendiri. Sehingga nantinya kamu tak akan merasa tersaingi bila orang lain juga melakukan sedekah.

Membagi Rezeki dengan Orang Lain

Bukan hanya si penerima sedekah yang akan merasakan manfaat sedekah. Kamu juga bisa membagi rezeki dengan orang lain. Misalnya, kamu akan membuat acara sedekah berupa pembagian nasi bungkus pada jam makan siang. Kemudian, kamu memesan nasi bungkus di catering langgananmu karena tak sempat menyiapkan sendiri. Hal tersebut menandakan bahwa kamu juga berbagi rezeki dengan orang lain sehingga makin banyak orang yang merasa terbantu dengan niat baikmu.

Membuatmu Lebih Mahir Mengelola Kondisi Finansial Pribadi

Kebiasaan bersedekah tidak boleh membuatmu mengalami gangguan finansial. Kamu harus mahir mengelola kondisi finansial agar kebutuhan diri sendiri dan keluarga tercukupi tanpa melupakan sedekah. Itulah sebabnya orang-orang yang rajin bersedekah biasanya juga mahir mengelola kondisi finansial pribadi. Bahkan, tidak sedikit orang yang menekuni pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan agar bisa bersedekah lebih banyak untuk orang lain. Semoga kamu termasuk orang yang mahir mengelola finansial sekaligus ikhlas bersedekah, ya.

Dahulu, banyak orang beranggapan bahwa sedekah harus dilakukan secara konvensional dengan cara mendatangi panti asuhan, mengisi kotak amal di masjid, atau langsung memberikannya pada tuna wisma. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kini, banyak lembaga nirlaba asli Indonesia yang memfasilitasi penyaluran sedekah bagi sesama yang membutuhkan, salah satunya yaitu Dompet Dhuafa.

Selanjutnya kamu pilih fitur donasi di BRImo, lalu pilih lembaga yang kamu inginkan untuk menyalurkan donasi kamu seperti Dompet Dhuafa atau Yayasan Baitul Mal, dan masukkan nominal donasinya. Kemudahan transaksi via aplikasi ini akan mendukung niatmu untuk bersedekah kamu karena bisa melakukannya di sela-sela rutinitasmu.

Ingatlah bahwa manfaat sedekah selalu besar dan tak dipengaruhi besar kecilnya nilai uang yang kamu sedekahkan. Mari memanfaatkan fitur donasi di aplikasi BRImo untuk merealisasikan niat sedekah secara teratur. Sebagian rezeki yang kamu sisihkan mengandung manfaat besar bagi orang lain. Yuk Install BRImo sekarang di App Store dan Google Play!