Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Prospek dan Peluang Manis Bisnis Hidroponik di Perkotaan

Prospek dan Peluang Manis Bisnis Hidroponik di Perkotaan

2021-04-09 10:08:27

Kompetisi bisnis yang semakin ketat membuat para pebisnis harus kreatif memutar otak dalam memanfaatkan peluang. Keterbatasan modal atau lokasi bisnis tak boleh jadi halangan untuk meraup keuntungan. Salah satu peluang usaha yang patut kamu manfaatkan semaksimal mungkin karena berpotensi menghasilkan keuntungan besar adalah bisnis sayuran hidroponik.

Apa Itu Hidroponik?

Hidroponik adalah metode menanam tanpa menggunakan tanah sebagai media utama. Konsep bercocok tanam yang satu ini hanya mengandalkan air dan pemenuhan kebutuhan nutrisi sehingga tanaman dapat hidup dan bertumbuh maksimal seperti tanaman yang ditanam di tanah. Kata hidroponik berasal dari Bahasa Yunani, hydro berarti air dan ponos berarti daya atau kerja. Sayuran merupakan jenis tanaman yang kerap dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Dibandingkan jenis tanaman lainnya, sayuran hidroponik lebih mudah dikembangbiakkan oleh pemula, masa tanamnya singkat, dan bisa dikonsumsi.

Beberapa jenis sayuran yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik antara lain sawi hijau, selada, brokoli, bayam, buncis, timun, daun bawang, dan kale. Selain sayuran, beberapa jenis buah seperti tomat dan strawberry juga bisa ditanam dengan sistem tersebut.

Cara Bercocok Tanam dengan Sistem Hidroponik

Ada dua sistem hidroponik yang paling populer dan sering digunakan untuk mengembangkan aneka tanaman, yaitu Nutrient Film Technique (NFT) dan Wick System. Sistem NFT disukai oleh pebisnis berskala besar karena instalasinya dapat mengalirkan air secara otomatis untuk tanaman. Sedangkan wick system lebih disukai pebisnis berskala kecil karena konsepnya praktis, tidak membutuhkan pompa, dan maintenance-nya lebih mudah. Konsep hidroponik dengan dua sistem tersebut bisa dimulai dengan rincian sebagai berikut:

Nutrient Film Technique (NFT)

Alat dan bahan:

- Beberapa batang pipa atau talang.

- Pompa untuk menyedot air.

- Styrofoam untuk media tanam.

- Wadah untuk menampung air dan bibit tanaman.

Cara menanam:

- Siapkan beberapa batang pipa atau talang yang panjangnya sudah dipotong sesuai kebutuhan dan ketersediaan lahan.

- Lubangi pipa sesuai ukuran panjangnya. Kamu harus memberikan jarak yang sama untuk setiap lubang, minimal 15 cm. Ukuran lubang harus muat untuk menampung styrofoam yang akan menjadi media tanam.

- Pasangkan styrofoam pada setiap lubang yang sudah dibuat di pipa.

- Susunlah pipa atau talang secara rapi dengan bentuk agak miring agar ujungnya lebih rendah. 

- Pasangkan wadah penampung pada ujung pipa yang posisinya lebih rendah.

- Bila instalasi pipa sudah siap, kamu bisa segera memasang pompa untuk mengalirkan air bernutrisi sehingga alirannya merata ke seluruh bibit tanaman.

Wick System:

Alat dan bahan:

- Beberapa botol air mineral yang sudah kosong.

 

- Cutter.

 

- Sumbu kompor atau kain flanel.

- Alat untuk membuat lubang, bisa berupa paku besar atau solder listrik.

- Air yang sudah dicampur nutrisi untuk tanaman.

- Media tanam berupa rockwool, sekam bakar, spons, atau sabut kelapa (pilih salah satu). 

Cara Menanam:

- Potonglah botol menjadi dua bagian lalu lubangi tutup botol.

- Gabungkan dua bagian botol tersebut. Mulut botol harus menghadap ke bawah supaya air nutrisi bisa terserap oleh tanaman.

- Pasanglah sumbu kompor atau kain flanel pada lubang di tutup botol. Sumbu kompor atau kain flanel tersebut harus bisa menyerap air nutrisi dan menyalurkannya untuk bibit tanaman.

- Isilah bagian atas botol dengan media tanam lalu letakkan bibit tanaman.

- Terakhir, isilah bagian bawah botol dengan air bernutrisi untuk mendukung tumbuh kembang tanaman.

Keunggulan Bercocok Tanam dengan Sistem Hidroponik

Beberapa keunggulan sistem hidroponik berikut ini tentu sangat bermanfaat untuk mendukung kesuksesan bisnismu:

- Hemat tempat karena tidak membutuhkan tanah dan lahan besar seperti proses bercocok tanam konvensional.

- Hemat air karena siklus penggunaannya bisa terus berulang.

- Pemberian nutrisi lebih terkontrol sehingga dapat disesuaikan dengan jenis tanaman.

- Bebas tanaman pengganggu (gulma) yang biasanya rentan mencuri nutrisi tanaman.

- Tidak menimbulkan polusi tanah atau polusi air yang mencemari lingkungan.

- Proses pertumbuhan tanaman tidak membutuhkan pestisida dan herbisida sehingga tanaman jadi lebih sehat.

- Hasil panen lebih steril karena tidak bersentuhan dengan tanah.

- Tanaman dapat tumbuh dalam waktu singkat dengan kualitas yang lebih baik.

- Pertumbuhan tanaman tidak bergantung musim sehingga dapat dilakukan sepanjang tahun.

- Gangguan pertumbuhan tanaman bisa langsung dideteksi dengan memeriksa instalasi hidroponik sehingga risiko gagal panen semakin kecil.

- Instalasi tanam bisa digunakan bertahun-tahun dan bisa dipindahkan secara leluasa agar tanaman mendapatkan asupan sinar matahari yang optimal.

- Harga jual buah-buahan dan sayuran hidroponik lebih tinggi karena tergolong sayuran organik.

Tips Sukses Berbisnis Sayuran Hidroponik

Agar bisnis sayuran hidroponik yang kamu rintis bisa sukses sesuai ekspektasi, jangan lupa mempraktikkan beberapa tips berikut ini:

- Kamu harus telaten mempraktikkan sistem hidroponik berkali-kali agar bisa memahami prosesnya dengan benar. Berlatih menanam sayuran hidroponik beberapa kali akan membuatmu lebih mudah mendeteksi kesalahan yang rentan menyebabkan gagal panen atau mengganggu pertumbuhan tanaman. Jangan malas melakukan eksperimen sampai menemukan sistem hidroponik terbaik yang berpotensi menghasilkan panen secara maksimal.

- Untuk mendukung kesuksesan panen, kamu harus menggunakan bibit dan nutrisi terbaik. Maka kamu tak akan kesulitan merawat sayuran hidroponik saat proses penanaman berlangsung.

- Mencari tahu tentang jenis sayuran hidroponik yang paling diminati dan harga jualnya paling tinggi sehingga potensi keuntungan makin besar. Sebaiknya kamu menghindari jenis sayuran yang masa tumbuhnya lama dan tingkat kegagalannya terbilang tinggi.

- Kalau sudah mantap berbisnis, mulailah membuat instalasi hidroponik dari bahan-bahan berkualitas. Sehingga instalasi tersebut tahan lama dan bisa digunakan bertahun-tahun. Hidroponik dengan sistem instalasi bongkar pasang akan mempermudah kamu ketika akan melakukan ekspansi atau memindahkannya ke lokasi yang agak jauh.

- Jangan lupa mencari informasi tentang pihak pengepul atau tengkulak yang membeli pasokan sayur dengan harga tinggi. Dengan demikian, hasil panenmu bisa menghasilkan keuntungan besar.

- Selain mengandalkan pengepul, kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan restoran, cloud kitchen, hotel, supermarket bahan makanan organik, dan distributor sayur online. Nantinya, pasokan sayur hasil panen bisa langsung disalurkan tanpa melalui pengepul sehingga harganya lebih tinggi dan kesegarannya terjamin.

 

- Mulailah membuat brand bisnis untuk memperkenalkan hasil panen hidroponikmu. Jangan lupa pula memanfaatkan media sosial untuk mendukung kelancaran bisnis. Media sosial tak cuma bisa dimanfaatkan untuk promosi produk tetapi juga bisa digunakan untuk memberikan edukasi menarik seputar hidroponik. Unggahlah konten media sosial secara teratur untuk menggugah keingintahuan netizen dan menjalin relasi dengan calon-calon pelanggan yang potensial.

 

 

Kelancaran bisnis sayuran hidroponik tentu harus didukung sistem pengelolaan finansial yang efektif. Jangan ragu memanfaatkan fitur-fitur perbankan yang canggih untuk mempermudah proses bisnis. Kamu tak akan kesulitan membeli bahan baku atau melakukan pembayaran lainnya bila menggunakan fitur transfer dari BRImo. Fitur transfer bukan hanya bisa dilakukan antar rekening, melainkan juga antar bank dan virtual account.

Jadi, tunggu apalagi?

Yuk, install dan manfaatkan layanan BRImo untuk melakukan transfer bila kamu sedang tidak sempat bertransaksi di mesin ATM. BRI selalu sigap mendukung semua aktivitas finansialmu agar semakin praktis dan menyenangkan.