Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Pentingnya Financial Planning Agar Tabungan Terjamin Aman

Pentingnya Financial Planning Agar Tabungan Terjamin Aman

2021-08-30 09:58:06

Kehidupan yang terencana akan menghindarkanmu dari risiko tak terduga. Kamu harus membuat perencanaan matang untuk masa kini dan masa depan, termasuk soal urusan finansial. Tujuan perencanaan keuangan yang jelas pasti membuatmu lebih giat menata kondisi finansial diri sendiri maupun keluarga.

Mulai sekarang, kamu harus memahami dan mengimplementasikan cara financial planning yang tepat sesuai kondisi finansialmu. Financial planning adalah perencanaan keuangan meliputi evaluasi dan alokasi gaji secara komprehensif serta proyeksi dan persiapan keuangan untuk menghadapi masa depan. Secara sederhana, kamu bisa melakukan financial planning pribadi yang efektif melalui beberapa hal berikut ini:

Menetapkan Kebutuhan Rutin

Kebutuhan rutin adalah hal utama yang harus menjadi pertimbangan utama dalam mengelola gaji. Jenis kebutuhan ini mencakup kebutuhan utama rumah tangga (belanja bulanan), pembayaran tagihan rutin (air, listrik, internet, dan telepon),biaya transportasi untuk mendukung pekerjaan, kebutuhan anak (bila sudah memiliki buah hati), dan pembayaran cicilan serta utang. Pastikan kalau kamu memprioritaskan sebagian gajimu setiap bulan untuk mencukupi kebutuhan penting ini.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat dapat didefinisikan sebagai sejumlah uang yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan bersifat mendesak. Tak seperti tabungan biasa, alokasi dana darurat hanya boleh diperuntukkan untuk hal-hal tertentu, misalnya:

- Memenuhi kebutuhan hidup saat tulang punggung keluarga dipecat, mengalami kebangkrutan bisnis, atau meninggal dunia.
- Membiayai anggota keluarga yang tiba-tiba sakit parah atau mengalami kecelakaan.
- Menyiapkan dana untuk kebutuhan pemakaman anggota keluarga, terutama bila proses pemakamannya sangat mendadak dan membutuhkan biaya besar.
- Menangani kerusakan kendaraan pribadi yang membutuhkan banyak biaya, misalnya pasca kecelakaan atau bencana alam.

Idealnya, para lajang memiliki dana darurat sebesar 3-6 kali gaji, sedangkan orang yang sudah berkeluarga harus menyiapkan dana darurat minimal 6-12 kali gaji. Persiapan dana darurat ini akan mengurangi risiko berutang ketika menghadapi desakan finansial.

Memiliki Rainy Day Fund

Jika dilihat sekilas, rainy day fund menyerupai dana darurat. Bedanya, dana darurat biasanya diperuntukkan untuk kebutuhan besar, misalnya ketika kamu tiba-tiba mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau membutuhkan biaya besar untuk anggota keluarga yang sakit parah. Upaya memenuhi kebutuhan besar tersebut pasti membutuhkan biaya hingga puluhan juta rupiah, terutama jika masalah yang terjadi tak kunjung mereda. Sebaliknya, dana untuk kebutuhan mendadak yang berskala kecil bisa diklasifikasikan dalam kelompok lain sehingga tidak mengganggu dana darurat utama.

Beberapa kebutuhan tak terduga yang masih tergolong berskala kecil dan bisa diatasi dengan persiapan rainy day fund antara lain:

- Biaya untuk membeli buah tangan saat menjenguk keluarga, sahabat, atau kerabat yang sakit.
- Dana untuk takziah keluarga, sahabat, tetangga, atau kerabat lainnya.
- Renovasi minor ketika terjadi kerusakan pada rumah atau saat menghadapi musim hujan.
- Servis kendaraan bermotor yang mengalami kerusakan ringan akibat kecelakaan.
- Mengganti peralatan rumah tangga (terutama elektronik) yang tiba-tiba rusak.

Memisahkan Rekening Sesuai Kebutuhan

Memiliki lebih dari satu rekening ternyata baik untuk mendukung niat menabung. Sehingga kamu punya rekening khusus untuk belanja dan melakukan pembayaran serta rekening khusus untuk menabung. Usahakan untuk tidak menggunakan uang dari rekening tabungan kecuali untuk kebutuhan mendesak. Setiap kali mendapatkan pemasukan, sisihkan sebagian uang tersebut ke rekening tabungan sehingga jumlahnya akan terus bertambah.

Membiasakan Diri Menjalani Hidup Hemat

Kebiasaan hidup hemat harus dimulai dari hal-hal sederhana berikut ini:

- Jangan mengabaikan kembalian berupa uang receh yang kamu dapatkan saat belanja. Sisihkan uang receh tersebut pada tempat khusus secara rutin sehingga jumlahnya terus bertambah seiring berjalannya waktu.
- Berusaha mengurangi hal-hal kecil yang membuatmu rentan boros, misalnya memesan makanan melalui aplikasi ojek online, membeli barang-barang berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan, nongkrong di kafe, atau belanja online dan menyantap makanan mahal ketika sedang stres. 
- Usahakan untuk tidak menggunakan uang yang sudah kamu kumpulkan cuma demi hal-hal sepele, misalnya jajan. Ingatlah tujuan utama pengumpulan uang tersebut supaya kamu bisa menabung secara konsisten.
- Tak ada salahnya menyisihkan sebagian kecil pendapatan sesaat setelah gajian. Sehingga kamu punya cadangan dana dalam jumlah yang tetap setiap bulan. Cadangan dana tersebut akan terus bertambah jika sedang tak ada kebutuhan mendesak yang mesti dipenuhi.

Membuat Perencanaan Masa Depan yang Jelas

Tujuan perencanaan keuangan juga meliputi hal-hal yang berkaitan dengan masa depan. Misalnya, kamu harus menyisihkan tabungan untuk membeli rumah pribadi dan biaya pendidikan anak bila berencana membina rumah tangga dengan calon pasangan. Dengan demikian, kamu tak akan direpotkan dengan kebutuhan yang butuh biaya besar di masa depan bila sudah memiliki persiapan yang memadai. Ingatlah bahwa perencanaan finansial masa depan juga wajib mempertimbangkan laju inflasi. Jangan sampai nilai tabunganmu menyusut dan tak cukup untuk kebutuhanmu karena pengaruh inflasi di masa depan.

Menghindari Utang Konsumtif

Utang konsumtif adalah pinjaman yang digunakan untuk kebutuhan konsumsi dan tidak berpotensi menambah pendapatan di masa kini dan masa mendatang. Lebih parahnya lagi, pinjaman ini biasanya diajukan untuk hal-hal yang sifatnya tidak mendesak dan sama sekali tidak bertujuan memenuhi kebutuhan hidup. Beberapa pemicu utang konsumtif, antara lain:

- Keinginan membeli gadget baru dan hadiah lainnya sebagai self reward bagi diri sendiri.
- Kemunculan fitur paylater dari e-wallet yang membuat proses utang jadi lebih praktis dan cepat. Kemudahan ini malah membuat keinginan berutang jadi semakin besar.
- Persiapan hari raya yang dilakukan secara berlebihan, misalnya membeli baju baru, menyiapkan banyak parcel untuk kerabat, dan persiapan hidangan yang mewah di rumah ketika Idulfitri.
- Perasaan ingin membeli barang-barang baru yang mewah untuk dipamerkan kepada keluarga, sahabat, atau rekan kerja.
- Kecenderungan menjalani gaya hidup mewah yang tak sebanding dengan kondisi finansial pribadi.

Mengajukan Utang Produktif

Jika utang konsumtif harus dihindari dalam perencanaan finansial, maka tidak demikian halnya dengan utang produktif. Kamu boleh mengajukan utang untuk tujuan produktif, misalnya melakukan ekspansi bisnis. Kalau kamu membutuhkan modal bisnis dalam jumlah besar, pengajuan pinjaman ke bank dengan jaminan tertentu bisa menjadi alternatif yang tepat. Namun, kamu harus memastikan bahwa kamu sanggup melunasi pinjaman tersebut. Sebaiknya kamu tidak menjadikan aset pribadi sebagai jaminan ke bank supaya aset tersebut tidak disita bank bila kamu kesulitan melunasi pinjaman di kemudian hari. Utang produktif sebaiknya menggunakan jaminan berupa aset usaha, misalnya tanah atau bangunan yang digunakan untuk bisnis.

Kalau saat ini kamu baru berniat melakukan perencanaan keuangan secara matang, kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan fitur Personal Financial Management (PFM) di aplikasi BRImo. Personal Financial Management (PFM) adalah fitur canggih yang dapat menginformasikan jumlah pengeluaran selama bertransaksi menggunakan BRImo, sedangkan pemasukan bisa kamu input secara manual. PFM di aplikasi BRImo memuat rincian transaksi bisnis beserta tanggalnya secara rinci. Keberadaan fitur tersebut akan mempermudah kamu mencatat anggaran pribadi maupun keluarga sehingga tujuan perencanaan keuangan bisa tercapai. Mempraktikkan cara financial planning jadi tak sulit lagi jika kamu mengandalkan fitur PFM dari BRImo.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja download BRImo di App Store atau Google Play! Untuk rasakan langsung manfaat menabung secara terperinci dan teratur. Mulai bertransaksi menggunakan BRImo sekarang!