Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Pentingnya Asuransi Kesehatan di Masa Pandemi

Pentingnya Asuransi Kesehatan di Masa Pandemi

2021-12-21 09:08:44

Pandemi corona sudah memasuki tahun kedua dan belum menunjukan tanda penurunan. Sudah banyak orang yang terkena virus corona dan telah menghilangkan banyak nyawa. Ada juga beberapa kelompok yang lebih rentan terkena virus corona. 

 

Banyak yang beranggapan bahwa dirinya aman dari virus corona karena masih tergolong muda dan memiliki fisik yang lebih kuat atau mereka yang merasa aman selama tidak berkontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sakit dan terinfeksi virus. Oleh karena alasan tersebut maka asuransi kesehatan sepi peminat atau jarang dilirik.

 

Tentunya dengan ketidakpastian kondisi saat ini penting untuk memiliki asuransi kesehatan dan mengetahui manfaat asuransi kesehatan. Karena penyakit bisa datang kapan saja dan kita tidak dapat menduga seberapa parah penyakit yang datang. Walaupun kita tidak tahu kapan penyakit akan datang namun kita bisa memperkirakan seperti apa penyakit tersebut. Kebiasaan-kebiasaan buruk dan pola hidup yang tidak sehat, seperti sering begadang, makan dan minum tidak sehat serta kurang olahraga bisa menjadi bumerang penyakit ke kita sendiri. Beragam penyakit kronis dan membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terkena penyakit, keadaan ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk dan pola hidup tidak sehat yang terjadi.

 

Dengan melihat pola hidup tidak sehat dan kondisi pandemi saat ini, mungkin kamu perlu untuk mempertimbangkan ulang keputusan untuk mengambil asuransi kesehatan, baik untuk dirimu sendiri dan anggota keluarga yang disayangi. Oleh karena itu supaya memperkuat pertimbangan dalam memilih asuransi kesehatan bisa simak artikel berikut ini:

 

1. Perlindungan Diri dan Keluarga

Dengan memiliki asuransi adalah bukti bahwa kamu peduli dengan keluarga kamu yaitu dengan cara memberikan perlindungan asuransi kesehatan. Kamu tidak mau anggota keluarga kamu terbebani mengenai biaya berobat ketika terkena penyakit berat. 

Ketika kamu dan keluarga memiliki asuransi kesehatan tentu saja bisa meringankan biaya ketika pergi pengobatan dan perawatan penyakit. Bahkan ada beberapa asuransi yang memberikan tunjangan ketika dalam masa pemulihan dari sakit, jadi kamu tidak perlu khawatir kebutuhan rumah tangga tetap bisa terpenuhi walaupun kamu sedang sakit.

 

2. Tidak Mengganggu Arus Keuangan 

Alasan berikutnya yang kamu harus pertimbangkan untuk mengambul asuransi kesehatan di masa pandemi ini adalah karena ada beberapa jenis penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan store yang mengharuskan kamu untuk kontrol secara rutin. Dan juga mengharuskan datang ke lebih dari satu dokter untuk hasil pemulihan yang optimal. Tentu saja hal ini akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Dengan memiliki asuransi kesehatan kamu tidak perlu khawatir karena dengan asuransi kesehatan dapat memungkinakan untuk mendapatkan perawatan maksimal dari pelayanan kesehatan. Dan juga karena biaya yang sudah di tanggung oleh asuransi maka tidak akan mengganggu arus keuangan keluarga kamu.

Ketika kamu dan keluarga tidak memiliki asuransi kesehatan dan kemudian ada anggota keluarga yang terkena penyakit kronis yang sudah disebutkan sebelumnya, tentu saja untuk biaya pengobatannya sangat besar dan otomatis akan mengganggu keuangan kamu dan keluarga, jika hal ini tidak ingin kamu temui, cobalah mulai mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan.

 

3. Mengurangi Rasa Khawatir

Disaat pandemi ini semua orang ada kemungkinan terkena virus corona. Walaupun kamu dan keluarga sudah menerapkan protokol kesehatan. Namun, tetap ada kemungkinan untuk terkena virus corona. Hal ini tentunya akan menghantui perasaan kamu dan keluarga. Rasa khawatir ini tentu saja bisa menjadi tekanan pikiran dan dapat mengganggu pola tidur serta menyebabkan stress yang berkepanjangan. 

Jika rasa khawatir dan stress ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin kamu dan keluarga akan mengalami gangguan kesehatan serta kondisi tubuh menurun dan rentan terkena penyakit. Salah satu penyebab rasa khawatir belakangan ini adalah ketika ada anggota keluarga yang terkena virus corona, dan terbebani dengan biaya penanganan pasien yang besar, karena pastinya kamu menginginkan penanganan yang terbaik untuk kamu dan anggota keluargamu supaya bisa cepat pulih kembali.

Dengan memiliki asuransi maka akan mengurangi rasa khawatir kamu ketika ada anggota keluarga yang terkena virus corona, karena dengan asuransi kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya dan pengobatannya. Jadi kamu bisa berperan memberikan dukungan moral untuk anggota keluargamu.

 

4. Menjadi Lebih Disiplin

Alasan terakhir pentingnya memiliki asuransi kesehatan adalah melatih kamu disiplin dalam mengelola keuangan. Supaya uang yang dimiliki tidak terlanjur digunakan untuk keperluan lainnya, maka ada baiknya kamu pisahkan sebagian uang untuk asuransi kesehatan ketika menerima pendapatan bulanan. 

Karena ketika memiliki asuransi kesehatan kamu perlu membayar premi secara berkala, kemudian saat mengambil asuransi kesehatan yang perlu dipertimbangkan adalah besaran premi yang harus dibayarkan, apakah sudah sesuai dengan kemampuan kamu. Jika sudah sesuai selanjutnya cermati apa saja manfaat yang kamu dapat ketika memiliki asuransi tersebut, seperti pengobatan dan perawatan penyakit apa saja yang dijamin, kemudian pelajari juga cara pengajuan klaimnya. 

Jangan lupa ketahui cara pembayaran asuransi kesehatan tersebut. Saat ini sudah banyak cara pembayaran yang memudahkan, seperti pembayaran asuransi BPJS Kesehatan melalui aplikasi BRImo. Untuk pembayaran melalui BRImo kamu bisa ikuti cara berikut ini:

- Login ke aplikasi BRImo

Pilih menu BPJS Kesehatan

- Masukan nomor pembayaran yang telah dimiliki lalu pilih masukan baru atau daftar simpan.

- Berikut ini kode pembayaran BPJS Kesehatan yang bisa kamu sesuaikan dengan iuran:

- 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS bila tidak terlambat membayar iuran

- 88881 + 11 digit nomor kartu BPJS bila terlambat membayar iuran

- Cara memasukan nomor pembayaran dengan membuang 2 angka pertama pada nomor BPJS yang tertera pada kartu BPJS, jadi angka yang kamu masukan adalah 11 angka saja yang diawali dengan angka 88888 atau 88881. Misalnya nomor peserta BPJS kamu 0001234567890, maka angka yang kamu masukan dalam kolom pembayaran adalah 8888801234567890

- Klik Lanjut 

- Lalu masukan PIN kamu

- Pembayaran BPJS Kesehatan telah berhasil

 

Setelah kamu mengetahui betapa pentingnya memiliki asuransi dan mengetahui manfaat asuransi kesehatan di masa pandemi ini, tidak ada salahnya mengambil asuransi seperti BPJS Kesehatan dan memilih metode pembayaran yang mudah dan praktis melalui aplikasi BRImo. Untuk aplikasi BRImo sendiri bisa kamu dapatkan dengan cara mengunduh melalui google playstore di android dan app store di iOS. Semoga dengan asuransi yang kamu dan keluarga miliki akan memberikan rasa tenang di masa pandemi ini.