Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Pahala Berlipat Ganda dengan Bersedekah di Bulan Ramadan

Pahala Berlipat Ganda dengan Bersedekah di Bulan Ramadan

2021-04-28 07:24:25

Proses evaluasi diri dan niat berbuat baik terhadap sesama memang bisa dilakukan kapan saja. Namun, bulan Ramadan menjadi salah satu momen terbaik untuk melakukan evaluasi diri sekaligus meningkatkan keimanan. Di bulan suci, biasanya banyak ajakan untuk melakukan sedekah online maupun konvensional sebagai bentuk rasa syukur dan solidaritas bagi sesama. Jadi, kamu patut memanfaatkan kesempatan baik tersebut untuk melipatgandakan pahalamu, ya. Jangan hanya menjalani ibadah puasa tanpa bersedekah karena ada rezeki milik sesama yang dititipkan Allah SWT dalam rezeki yang kamu dapatkan.

Apa Saja Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Sedekah?

Membebaskan Umat Muslim dari Siksa Kubur

Rasulullah SAW pernah bersabda kalau sedekah akan memadamkan api siksaan dalam kubur. Artinya, semua umat muslim yang rutin bersedekah dapat dibebaskan dari siksa kubur. Sedekah dapat dianalogikan sebagai penghapus dosa yang kamu lakukan selama hidup. Kamu tentu tak mau kan beban dosamu jadi bertambah karena serakah dan tidak pernah bersedekah.

Menjauhkan dari Api Neraka

Janji Allah SWT bagi mereka yang gemar bersedekah adalah dijauhkan dari siksa api neraka yang menyala-nyala. Banyak sedikitnya sedekah yang kamu berikan rupanya sangat berpengaruh terhadap siksa api neraka yang bisa terjadi kepadamu. Semakin banyak sedekah yang kamu berikan, maka Allah SWT akan semakin menjauhkanmu dari api neraka. Akan tetapi, meskipun harta yang disedekahkan oleh seseorang sedikit, namun jika dilakukan dengan keikhlasan, maka sedekah yang kecil tersebut akan berdampak besar dari dijauhkannya siksa api neraka pada diri kita.

Membuat Hati Lapang dan Bahagia

Orang yang rajin bersedekah juga akan merasakan hati yang lapang dan berbahagia. Manfaat sedekah ini pernah diungkapkan Rasulullah SAW dengan perumpamaan dalam hadits sebagai berikut:

Sebagai contoh perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.

Pada kehidupan nyata juga pasti kita pernah mengalami hal yang serupa dengan perumpamaan diatas. Dimana setiap kita melakukan kebaikan seperti bersedekah hati kita terasa lebih bahagia dan lapang dada karena kesenangan orang lain membawa kedamaian tersendiri di dalam hati.

Menghapus Dosa-Dosa Selama Hidup

Harta yang kita miliki di dunia pada hahikatnya hanyalah titipan dari yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu, harusnya orang yang memiliki harta menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara menggunakan harta yang baik adalah dengan bersedekah, tidak hanya membantu orang yang berkekurangan tetapi juga memiliki manfaat lain seperti menghapus dosa-dosa selama hidup. Namun, dosa-dosa dapat diampuni setelah bersedekah bila dibarengi dengan taubat nasuha.

Melipatgandakan Pahala

Kita telah mengetahui seberapa besarnya pahala puasa di bulan suci Ramadhan. Bayangkan jika kita bisa menambah pahala puasa kita dengan pahala puasa orang lain, maka pahala yang kita raih lebih berlipat kali ganda. Hal ini bisa terjadi dan menjadi kenyataan lewat bersedekah, karena dengan bersedekat kita telah membantu memberikan hidangan berbuka puasa untuk orang lain yang berpuasa.

Sesuai dengan realitanya, kita bisa melihat sendiri betapa suasana Ramadhan begitu berbeda dengan bulan lain. Orang-orang bersemangat dan berlomba-lomba melakukan amalan kebaikan yang biasanya tidak ia lakukan di bulan-bulan lain.

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Bukan rahasia lagi kalau segala perbuatan baik yang dilakukan di bulan Ramadan akan dilipatgandakan, termasuk bersedekah. Itu karena Allah SWT benar-benar memuliakan orang yang bersedekah. Berikut keutamaan yang dijanjikan:

- Sedekah dapat menghapus dosa
- Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di akhir
- Pahala dilipatgandakan
- Terdapat pintu surga yang hanya dapat dilewati bagi mereka yang bersedekah
- Sedekah sebagai bukti keimanan seseorang
- Sedekah membebaskan diri dari siksa kubur
- Sedekah dapat mencegah terjadinya maksiat oleh pedagang pada jual-beli

Bagaimana Cara Bersedekah di Bulan Ramadan?

Sedekah tak selalu identik dengan memberikan sesuatu yang nilainya besar. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan bila ingin lebih banyak bersedekah di bulan Ramadan. Beberapa cara bersedekah yang mudah dan dapat dilakukan siapa saja, yaitu:

Mengajarkan Orang Lain Membaca Al Quran

Salah satu cara sedekah yang dapat dilakukan semua orang adalah mengajarkan orang lain membaca Al-Quran. Bulan Ramadan memang momen yang tepat untuk meningkatkan keimanan, termasuk menyempurnakan kemampuan membaca Al Quran. Bila kamu termasuk orang yang sudah fasih membaca Al Quran, jangan ragu menyisihkan sebagian waktumu untuk mengajari orang lain hal serupa. Niscaya kebaikan yang kamu berikan akan terus berlanjut dan bermanfaat bagi orang lain.

Berbagi Takjil dengan Sesama

ika kamu punya rezeki dan waktu berlebih, kamu bisa berbagi takjil dengan sesama menjelang waktu berbuka puasa. Siapkan paket takjil untuk sesama yang membutuhkan, misalnya petugas kebersihan, tukang parkir, driver ojek online, dan tuna wisma. Usahakan untuk membagikan takjil sekitar jam 5 sore supaya takjil tersebut masih layak makan dan bisa dinikmati tepat ketika waktu berbuka tiba.

Membeli Produk UMKM

Kebiasaan membeli produk UMKM bukan hanya wujud cinta terhadap produk negeri sendiri, melainkan juga menjadi cara bersedekah yang baik. Kondisi pandemi yang melanda dunia memang membuat banyak sektor bisnis terpaksa gulung tikar, termasuk UMKM. Membeli produk UMKM dapat membantu meningkatkan omzet bisnis tersebut sehingga meminimalkan risiko bangkrut. Mindset yang baik ini hendaknya dimiliki semua orang agar produk UMKM bisa berjaya di negeri sendiri.

Membangunkan Orang pada Waktu Sahur

Niat mulia membangunkan orang untuk sahur juga termasuk sedekah yang mudah dilakukan di bulan Ramadan. Meskipun terkesan sederhana, kegiatan ini penting untuk mencegah risiko kesiangan hingga tak sempat sahur. Aktivitas membangunkan orang saat sahur harus dilakukan pada waktu dan cara yang tepat sehingga tidak menimbulkan kegaduhan berlebihan pada dini hari.

Sedekah Online

Keterbatasan waktu karena kesibukan sehari-hari tak akan menghalangimu untuk bersedekah karena kini kamu bisa melakukan sedekah online. Prosesnya sama dengan transfer uang seperti biasa tanpa mengurangi pahala yang bisa kamu dapatkan. Kini, masyarakat modern gemar melakukan sedekah online karena lebih praktis dan bisa dilakukan di sela-sela rutinitas.

Kalau kamu ingin menyisihkan sebagian rezeki untuk disedekahkan secara online kamu bisa melakukannya secara mudah lewat aplikasi BRImo melalui fitur Donasi.

Caranya gampang, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dan melakukan registrasi sampai berhasil login. Selanjutnya, kamu bisa memilih fitur donasi di BRImo, lalu kamu bisa pilih lembaga yang kamu inginkan untuk menyalurkan zakat kamu seperti Dompet Dhuafa atau Yayasan Baitul Mal dan masukan nominal donasinya.

Ingatlah bahwa manfaat sedekah selalu besar dan tak dipengaruhi besar kecilnya nilai uang yang kamu sedekahkan. Mari memanfaatkan fitur donasi di aplikasi BRImo untuk merealisasikan niat sedekah secara teratur.

Sebagian rezeki yang kamu sisihkan mengandung manfaat besar bagi orang lain. Niscaya sedekah online yang kamu lakukan selama bulan Ramadan akan mendatangkan berkah dan membuat keimananmu meningkat jika dilakukan dengan niat mulia.