Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Mengenal Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia untuk Mendukung Pengelolaan Finansial

Mengenal Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia untuk Mendukung Pengelolaan Finansial

2021-06-21 12:20:16

Menabung adalah salah satu kebiasaan baik yang harus dimulai sejak dini. Jika kamu terbiasa menabung, kemungkinan besar kamu jadi lebih cermat mengelola kondisi finansial pribadi. Sehingga kamu punya dana mencukupi bila menghadapi kebutuhan mendesak yang tidak terduga.

Memilih tabungan tentu tidak boleh sembarangan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Ternyata jenis-jenis tabungan di Indonesia sangat beragam dan memiliki keunggulan masing-masing. Sebaiknya kamu menyimak ulasan lengkap berikut ini sebelum menentukan jenis tabungan yang akan kamu pilih:

Tabungan Konvensional

Di antara jenis-jenis tabungan lainnya, tabungan konvensional tentu merupakan yang terpopuler dan dikenal semua orang. Saldo awal tabungan konvensional biasanya minimal 500 ribu rupiah. Ketika membuka tabungan konvensional, kamu akan mendapatkan buku tabungan dan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) agar bisa melakukan transaksi via mesin ATM. Limit transaksi bervariasi tergantung dari jenis tabungan yang kamu pilih. Ada 3 pilihan tabungan yaitu silver, gold, dan platinum. Kalau kamu sering melakukan transaksi dengan nominal besar, sebaiknya kamu memilih tabungan platinum. Bila kamu menggunakan layanan tabungan konvensional, kamu harus membayar biaya administrasi bulanan dengan kisaran antara 15 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Tabungan Bisnis

Kalau kamu memiliki bisnis berskala menengah atau besar, alangkah lebih baik bila bisnismu memiliki tabungan khusus. Tabungan bisnis akan membuat bisnismu terkesan lebih profesional. Pengelolaan dana bisnis pun dapat dipisahkan dari dana pribadi. Tabungan bisnis biasanya memiliki sejumlah sarat yang berkaitan dengan legalitas usaha. Jumlah saldo awal yang harus kamu setorkan juga lebih besar daripada tabungan konvensional untuk kepentingan pribadi. 

Tabungan Anak

Kepemilikan tabungan anak penting untuk mengajak si kecil menabung sejak dini. Saldo awal tabungan anak biasanya lebih kecil daripada tabungan konvensional. Kamu harus menyiapkan akte lahir anak dan Kartu Keluarga sebagai salah satu syarat pembukaan tabungan anak. Biasanya bank akan memberikan apresiasi berupa hadiah untuk anak-anak yang baru membuka tabungan. Sistem menabung yang praktis akan membuat anak-anak lebih giat menyisihkan uang jajan untuk menabung.

Tabungan Syariah

Bila dilihat sekilas, tabungan syariah memang mirip dengan tabungan konvensional. Namun, prinsip pengelolaan tabungan syariah dijalankan berdasarkan syariat Islam. Tabungan syariah yang dikelola menyerupai tabungan konvensional menggunakan prinsip akad wadiah, yaitu nasabah memperoleh keuntungan karena menitipkan uang dan sewaktu-waktu uang tersebut dapat diambil menggunakan buku tabungan atau kartu ATM. Saat ini, semakin banyak orang menabung di tabungan syariah karena bebas biaya administrasi dan dianggap bebas riba.

Tabungan Haji

Jika kamu ingin menabung untuk mengumpulkan biaya naik haji, sebaiknya kamu membuka tabungan naik haji. Sekarang, banyak bank syariah menyediakan fasilitas tabungan naik haji untuk mempermudah umat muslim. Kamu diharuskan menyetorkan tabungan dengan jumlah tertentu setiap bulan supaya tabungan tersebut lekas terkumpul dan cukup untuk biaya naik haji. Bahkan, ada pula bank yang dapat membantu nasabah mendaftarkan keberangkatan haji di Kementerian Agama dengan proses yang mudah. Menabung secara disiplin di tabungan haji akan membuat rencana naik haji bisa segera direalisasikan.

Tabungan Berjangka

Jenis tabungan ini cocok untuk kamu yang memiliki uang dingin dalam jumlah cukup besar. Saat menabung di tabungan berjangka, kamu wajib menyetorkan dana dengan nominal tertentu setiap bulan. Namun, aturan pengambilan dananya lebih ketat dibandingkan tabungan konvensional. Misalnya, kamu baru boleh mengambil dana tabungan pasca 1 tahun setelah menabung. Walaupun aturannya lebih ketat, banyak orang berminat dengan tabungan berjangka karena bunganya lebih besar daripada tabungan konvensional, yaitu berkisar di angka 3% hingga 7%.

Tabungan Saham

Berbeda dengan tabungan biasa yang fokus pada tujuan mengumpulkan uang, tabungan saham berfokus pada investasi. Di antara jenis-jenis tabungan lainnya, tabungan saham memang tergolong berisiko tinggi bila tidak dikelola dengan baik. Namun, tabungan saham juga berpotensi menghasilkan keuntungan besar kalau dananya digunakan secara efektif. Saat ini, banyak bank menyediakan layanan tabungan saham bagi para nasabahnya. Selain membuka tabungan saham di bank, kamu juga bisa membuka tabungan tersebut di perusahaan sekuritas. Tabungan saham biasanya tidak dikenakan biaya administrasi melainkan ada biaya transaksi setiap kali kamu melakukan jual beli saham.

Tabungan Giro

Penggunaan tabungan giro biasanya bertujuan memperlancar transaksi bisnis. Penarikan tabungan giro bisa dilakukan kapan saja melalui pemindahbukuan, cek, atau surat perintah lainnya. Kamu bukan hanya harus mengisi formulir bila ingin membuka rekening giro, tetapi juga harus melampirkan surat izin usaha sebagai syarat utama. Transaksi melalui tabungan giro tergolong aman karena dilindungi bank dan dapat dilakukan dengan nominal yang sangat besar. Tabungan giro memiliki tanggal terbit dan tanggal efektif sehingga penggunaan dananya tidak dapat dilakukan secara leluasa seperti tabungan konvensional.

Tabungan Valuta Asing

Ternyata kamu tak hanya bisa menabung dalam bentuk rupiah saja lho. Kamu juga bisa memilih tabungan valuta asing jika ingin menabung dalam mata uang lain. Sebelum memilih jenis tabungan ini, sebaiknya kamu mengamati pergerakan nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah. Sehingga kamu bisa memutuskan mata uang yang akan kamu gunakan dalam tabungan. Penggunaan tabungan valuta asing sangat bermanfaat bila kamu sering melakukan transaksi bisnis dengan mata uang lain atau bepergian ke luar negeri.

Tabungan Digital

Kalau kamu tak ingin repot pergi ke bank dan mengantri untuk membuka tabungan, kini kamu bisa mengandalkan tabungan digital. Jenis tabungan ini memiliki fitur yang serupa dengan tabungan konvensional. Namun, proses pembuatannya lebih praktis karena dapat dilakukan melalui smartphone. Pastikan kalau kamu punya koneksi internet dengan kecepatan tinggi agar proses registrasi tabungan digital tidak terhambat.

Jika kamu ingin membuka rekening digital dalam waktu dekat, kamu bisa memanfaatkan fasilitas rekening dari BRI. Tabungan digital BRI yaitu lewat applikasi BRImo. BRImo memiliki banyak fitur baru dengan user interface yang mempermudah berbagai transaksi keuangan. Fitur-fitur applikasi BRImo tentu memudahkan kegiatan bertransaksi kamu. Salah satunya adalah fitur Personal Financial Management (PFM). Apa itu Personal Financial Management (PFM)? PFM adalah fitur canggih yang dapat menginformasikan kamu jumlah pemasukan dan pengeluaran selama bertransaksi melalui channel BRI. 

Mulai sekarang, kamu bisa mengandalkan fitur Personal Financial Management (PFM) untuk menata kondisi finansialmu karena PFM di aplikasi BRImo memuat rincian transaksi bisnis beserta tanggalnya secara rinci yang dapat mencatat pengeluaran otomatis di BRImo, sedangkan pendapatan Nasabah bisa dicatat dalam fitur Personal Financial Management (PFM) tersebut. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhemat dan mencatat anggaran pribadi agar pengeluaran kamu bisa diminimalisir. Terutama di masa pandemi Covid-19, tentu stabilitas finansial menjadi hal yang sangat dicari. Apalagi pemenuhan kebutuhan orang yang berbeda-beda dan banyak pengeluaran lain yang mungkin tidak terduga di kemudian hari.

Ayo, unduh applikasi BRImo sekarang di smartphone mu. Dengan BRImo, kamu bisa memanfaatkan fitur Personal Financial Management (PFM) dan fitur BRImo lainnya yang membantu finansialmu lebih tertata.