Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Mau Beli Rumah untuk Pertama Kali? Perhatikan Langkah Berikut!

Mau Beli Rumah untuk Pertama Kali? Perhatikan Langkah Berikut!

2020-02-24 17:11:15

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Hal ini pun menjadi prioritas utama untuk dimiliki. Sayangnya, harga rumah semakin tidak murah sehingga muncullah sistem kredit. Sistem ini memungkinkan semua orang untuk memiliki rumah dengan cara mengangsur pembayarannya.

Bagi Anda ingin kredit rumah namun bingung mengenai caranya, berikut ini beberapa cara kredit rumah di bank yang bisa dilakukan. Apa saja? Simak beberapa langkah di bawah ini!

Tentukan Hunian yang Diinginkan

Langkah pertama yang harus dilakukan mengajukan kredit rumah yakni menentukan hunian yang diinginkan terlebih dahulu. Jika Anda masih bingung untuk memilih rumah seperti apa yang akan ditinggali, tak ada salahnya untuk mendatangi bank dan meminta informasi terkait lokasi-lokasi rumah yang tersedia untuk kredit.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mencari sendiri hunian yang diinginkan melalui berbagai media yang ada saat ini misalnya koran, majalah, atau internet. Anda juga bisa mencari informasi melalui pameran-pameran properti yang sering digelar.

Jangan Ragu untuk Bertanya

Bagi mereka yang telah mempunyai daftar rumah yang diincar, jangan ragu untuk bertanya secara detail mengenai segala yang berkaitan dengan tempat tinggal tersebut. Beberapa hal yang bisa ditanyakan yaitu uang muka, jumlah cicilan, serta besaran tanda jadi.

Bukan hanya itu, tanyakan pula mengenai rumah tersebut apakah telah dibangun atau baru akan dibangun dan berapa lama proses pengerjaannya. Jangan lupa pula untuk mengecek segala fasilitas rumah dan area di sekelilingnya.

Siapkan Tanda Jadi untuk Hunian Pilihan

Apabila semua hal tersebut telah dipastikan dengan jelas dan gamblang, langkah berikutnya adalah menyiapkan anggaran tanda jadi. Pasalnya, tanda jadi ini menandakan bahwa calon pembeli mendapatkan bukti pemesanan rumah sehingga orang lain tidak bisa lagi membeli hunian pilihan Anda.

Lakukan Pembayaran Uang Muka

Setelah menyelesaikan urusan tanda jadi, Anda akan diarahkan untuk mengikuti proses pembelian rumah berikutnya yaitu melakukan pembayaran uang muka kredit. Beberapa pengembang kerap kali menyatakan bahwa tanda jadi telah menjadi bagian uang muka sehingga Anda pun hanya butuh membayar sisanya saja.

Ajukan Kredit Rumah ke Pihak Bank

Langkah terakhir untuk membeli rumah pertama kalinya adalah dengan mengajukan kredit rumah ke pihak yang bank. Pastikan Anda telah membayar tanda jadi dan melunasi pembayaran uang muka sebelum mengajukan hal ini.

Secara umum, pengembang biasanya akan membantu pembelinya untuk mengajukan kredit ini ke bank yang telah bekerja sama. Namun, jika Anda memilih bank yang tidak bekerja sama dengan pengembang, maka Anda pun harus mengajukan sendiri kredit rumah tersebut. Prosesnya sendiri akan memakan waktu hingga satu bulan.

Nah, itu tadi beberapa cara kredit rumah di bank yang penting untuk diketahui, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali beli rumah. Salah satu bank penyedia kredit rumah murah yang bisa dimanfaatkan yakni PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

KPR Bank BRI menawarkan kemudahan dalam memiliki hunian impian Anda. Beberapa pilihan hunian yang bisa didapatkan melalui program KPR ini yakni antara lain rumah tinggal, apartemen, condotel, hingga ruko atau rukan.

Selain pembelian hunian baru, KPR BRI juga mampu membiayai hunian bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over atau take over top up dari bank lain. Untuk Down Payment (DP) dimulai dari 10% dengan jangka waktu hingga 20 tahun.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari KPR BRI yaitu proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat, biaya kredit ringan, serta suku bunga yang variatif dan kompetitif. Tidak hanya itu, tersedia pula asuransi jiwa kredit serta asuransi kerugian dan kebakaran.