Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Masa Tua Bahagia? Mulailah Rencanakan Pengelolaan Keuangan Sejak Usia Muda!

Masa Tua Bahagia? Mulailah Rencanakan Pengelolaan Keuangan Sejak Usia Muda!

2021-04-09 10:02:31

Semua orang pasti menginginkan masa tua yang menyenangkan tanpa kendala finansial. Namun, tidak semua orang berhasil mengupayakan hal tersebut. Padahal, pendapatan selalu cukup untuk kebutuhan hidup tetapi tidak pernah cukup untuk gaya hidup. Kamu harus cermat merencanakan pengelolaan keuangan sejak usia muda agar bisa menghadapi masa tua dengan tenang.

Jangan berkecil hati dulu kalau kamu tergolong generasi sandwich, atau generasi yang mesti menanggung kehidupan dua generasi sekaligus (misalnya orang tua dan anak). Kamu bisa tetap menyiapkan masa tua yang tenang dan bahagia bila memperhatikan beberapa hal penting ini: 

Menabung Secara Rutin

Kebiasaan paling mudah untuk menyiapkan masa tua adalah menabung secara rutin. Berusahalah menyisihkan tabungan dengan jumlah yang sama setiap bulan dan jangan tergoda menggunakan uang tabungan tersebut. Alangkah lebih baik bila kamu bisa menyiapkan satu rekening khusus untuk mengumpulkan tabungan sehingga uang tersebut tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan lainnya.

Menyiapkan Dana Darurat

Tabungan yang kamu sisihkan secara teratur sebaiknya dibagi lagi menjadi dana darurat dan tabungan biasa. Dana darurat hanya boleh digunakan untuk kebutuhan yang bersifat mendesak, misalnya saat kamu tiba-tiba mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sakit parah, atau kecelakaan lalu lintas. Jumlah dana darurat bisa dikelompokkan berdasarkan status, yaitu lajang dan berkeluarga.

Kamu yang masih lajang sebaiknya menyiapkan dana darurat minimal sebesar 3 hingga 6 kali kebutuhan rutin bulanan. Sedangkan kamu yang sudah berkeluarga sebaiknya menyiapkan dana darurat minimal 12 kali kebutuhan rutin bulanan. Beberapa hal yang termasuk kebutuhan rutin bulanan antara lain kebutuhan rumah tangga, tagihan (listrik, air, internet, dan lainnya), cicilan wajib (rumah, kendaraan bermotor, atau pinjaman), biaya pendidikan anak, dan biaya transportasi untuk berangkat kerja atau berbisnis. 

Menekuni Pekerjaan Sampingan atau Bisnis Sampingan

Pemasukan yang terbatas pasti membuatmu sulit menyisihkan uang tabungan demi persiapan masa tua. Namun, kamu bisa mengantisipasinya dengan menekuni pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan. Pendapatan dari pekerjaan utama bisa digunakan untuk kebutuhan hidup sedangkan pendapatan dari bisnis atau pekerjaan sampingan sepenuhnya dialokasikan untuk tabungan. Kamu harus mahir membagi waktu agar pekerjaan utama dan sampingan bisa berjalan bersamaan secara lancar. Sebaiknya kamu memulai pekerjaan atau bisnis sampingan berdasarkan passion supaya kamu lebih kreatif dan bahagia saat menjalankannya.

Mempunyai Hunian Pribadi untuk Tempat Tinggal

Orang-orang yang tidak memiliki rumah pribadi biasanya mengalami kesulitan di masa tua karena harus mengeluarkan banyak uang untuk menyewa rumah. Risiko kesulitan di masa depan tersebut dapat dicegah kalau kamu sudah mempunyai hunian pribadi untuk tempat tinggal. Kalaupun kamu tidak punya uang tunai yang mencukupi untuk membeli rumah, kamu bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Proses KPR membuatmu bisa memiliki rumah pribadi dengan sistem cicilan dalam waktu maksimal 15 tahun. Tak hanya mendukung kestabilan finansialmu, rumah pribadi juga merupakan aset berharga yang bisa diwariskan untuk anak cucu.

Memiliki Tabungan Khusus untuk Dana Kesehatan dan Pendidikan Anak

Kesehatan dan pendidikan adalah dua sektor kehidupan yang turut mengalami inflasi seiring berjalannya waktu. Dana yang dibutuhkan untuk kesehatan dan pendidikan mengalami kenaikan setiap tahun. Oleh sebab itu, kamu juga harus memiliki tabungan khusus untuk dana kesehatan dan pendidikan anak. Bila memungkinkan, kamu bisa menginvestasikan dana tersebut agar dapat memperoleh keuntungan dalam kurun waktu tertentu. Keuntungan yang diperoleh dari investasi dana kesehatan dan pendidikan harus lebih besar daripada laju inflasi setiap tahun. Sehingga nilai tabunganmu tidak menyusut akibat pengaruh inflasi.

Berinvestasi Secara Teratur

Kalau semua kebutuhan rutin dan tabungan sudah terpenuhi, kamu bisa mengalokasikan sisa dana yang kamu miliki untuk berinvestasi. Sebaiknya dana investasi selalu ditambah secara rutin agar nilainya terus berlipat ganda. Beberapa jenis investasi yang terbukti aman antara lain:

- Perhiasan emas dan logam mulia: nilainya cenderung meningkat setiap tahun sehingga baik untuk lindung nilai.

- Deposito: cocok untuk kamu yang tidak menginginkan investasi dengan risiko tinggi tetapi bunganya relatif kecil (3% hingga 5% per tahun).

- Reksadana: terdiri dari beberapa jenis yaitu reksadana pasar uang, obligasi, campuran, dan saham. Reksadana saham memiliki risiko paling tinggi tetapi juga berpeluang menghasilkan keuntungan besar bila dikelola secara cermat.

- Properti: bila kamu punya dana cukup besar, kamu bisa menginvestasikannya pada objek properti seperti rumah dan tanah. Sebaiknya aset properti yang kamu miliki disewakan supaya tidak menjadi liability (beban) yang menguras banyak pengeluaran.

Memiliki Tabungan Khusus untuk Dana Kesehatan dan Pendidikan Anak

Kesehatan dan pendidikan adalah dua sektor kehidupan yang turut mengalami inflasi seiring berjalannya waktu. Dana yang dibutuhkan untuk kesehatan dan pendidikan mengalami kenaikan setiap tahun. Oleh sebab itu, kamu juga harus memiliki tabungan khusus untuk dana kesehatan dan pendidikan anak. Bila memungkinkan, kamu bisa menginvestasikan dana tersebut agar dapat memperoleh keuntungan dalam kurun waktu tertentu. Keuntungan yang diperoleh dari investasi dana kesehatan dan pendidikan harus lebih besar daripada laju inflasi setiap tahun. Sehingga nilai tabunganmu tidak menyusut akibat pengaruh inflasi.

Memiliki Sumber Pendapatan Pasif (Passive Income)

Passive income adalah jenis pendapatan yang bisa kamu peroleh tanpa mengeluarkan usaha besar. Tak seperti bekerja atau berbisnis, waktumu tidak akan banyak tersita demi mendapatkan passive income. Beberapa contoh sumber pendapatan pasif antara lain:

- Menyewakan rumah atau kamar kost.

- Memasang iklan di blog atau channel Youtube.

- Menjadi kontributor microstock yang menjual karya digital.

- Mendapatkan royalti dari hasil karya pribadi, misalnya lagu, buku, atau jenis karya lainnya.

Memanfaatkan Program Jaminan Hari Tua

Program jaminan hari tua seperti BPJS Ketenagakerjaan penting untuk menjamin kestabilan kondisi finansialmu di masa tua. Ketika pensiun, tabungan yang sudah kamu sisihkan secara rutin selama bertahun-tahun akan dicairkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Kini, bukan hanya karyawan saja yang bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Lembaga penjamin tenaga kerja tersebut juga membuka kesempatan bagi pekerja informal (misalnya freelancer) dan pebisnis mikro (misalnya pedagang makanan kaki lima) yang ingin menabung untuk persiapan hari tua.

Menjalani Gaya Hidup Hemat Secara Konsisten

Persiapan finansial masa tua akan makin sempurna bila kamu menjalani gaya hidup hemat secara konsisten. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk meminimalkan pengeluaran yang tidak penting:

- Membatasi pembelian barang-barang branded yang tidak sesuai kebutuhan.

- Meminimalkan kebiasaan makan di luar rumah dan memesan makanan via ojek online.

- Mengikuti gaya hidup teman, rekan kerja, atau anggota keluarga yang cenderung hedon.

- Mencatat pemasukan dan pengeluaran pribadi secara rutin agar bisa mengantisipasi pemborosan.

 

Kalau kamu sering merasa kesulitan mengelola finansial pribadi, sekarang kamu bisa mengandalkan BRImo. BRImo adalah aplikasi keuangan digital terbaru dari BRI yang berbasis data internet. Aplikasi ini memiliki banyak fitur baru dengan user interface yang mempermudah berbagai transaksi keuangan.

Salah satu fitur yang wajib kamu gunakan adalah Personal Financial Management (PFM). Aplikasi keuangan digital dari BRI tersebut memiliki fitur Personal Financial Management (PFM) yang dapat mencatat pengeluaran otomatis di BRImo sedangkan pendapatan Nasabah bisa dicatat dalam fitur Personal Financial Management (PFM) tersebut. Sehingga kamu bisa berhemat secara maksimal demi mendukung persiapan finansial masa tua yang terencana. Ayo install BRImo sekarang!