Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini untuk Si Buah Hati

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini untuk Si Buah Hati

2021-04-05 10:07:51

Menabung adalah salah satu kebiasaan baik yang harus dilakukan sejak kecil. Tak ada kata terlalu dini untuk menabung. Sebagai orang tua modern, kamu pun harus memperkenalkan manfaat menabung kepada si kecil sedini mungkin.

Jangan biarkan uang jajan si kecil habis begitu saja untuk hal-hal yang kurang penting, ya. Yuk, ajak si kecil menabung secara rutin agar bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

Menjalani Gaya Hidup Hemat

Manfaat menabung yang paling utama adalah mengajarkan gaya hidup hemat kepada si kecil. Pada umumnya, anak-anak terbiasa menghabiskan uang jajan untuk keinginan sesaat, misalnya jajan makanan atau membeli mainan. Padahal, keinginan tersebut tentu tidak terlalu penting dan hanya membuat si kecil jadi boros. Kebiasaan boros si kecil harus diminimalkan dengan belajar menabung setiap hari. Kamu bisa mengajak si kecil menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung sehingga buah hatimu tidak tergugah menghabiskannya dalam waktu singkat. Kebiasaan hidup hemat akan membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang bijak mengelola uang.

Mengatur Kondisi Keuangan Secara Mandiri

Bila si kecil sudah memasuki usia sekolah dan telah mengenal manfaat uang, kamu bisa lekas mengajaknya menabung secara konsisten. Kebiasaan menabung akan membuat si kecil terlatih mengatur kondisi keuangan secara mandiri. Misalnya, jika buah hatimu mendapatkan uang jajan Rp 10.000 per hari, maka dia akan terbiasa menyisihkan separuh uang jajan untuk menabung. Sementara itu, sisa uang jajannya baru bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Kecermatan mengatur kondisi finansial ketika dewasa sangat dipengaruhi pembelajaran yang diterima semasa kecil.

Mendapatkan Sesuatu yang Diinginkan dengan Giat Berusaha

Anak-anak yang konsisten menabung sejak kecil biasanya juga giat berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Contohnya, bila buah hatimu ingin membeli mainan berupa drone yang mahal, kamu bisa mengajaknya menabung hingga uangnya cukup untuk membeli mainan tersebut. Tekad kuat untuk membeli barang yang diinginkan pasti membuat si kecil berusaha sekuat tenaga mengumpulkan uang. Manfaat menabung yang satu ini akan mengajarkan kepada si kecil bahwa segala sesuatu harus diperoleh dengan usaha dan kerja keras.

Membuat Anak Lebih Menghargai Uang

Apresiasi terhadap uang harus dimulai dari hal-hal sederhana, misalnya dengan menabung. Si kecil akan lebih menghargai nilai uang bila ia sedang mengumpulkannya untuk membeli sesuatu. Hal ini tentu berlawanan dengan anak-anak yang tidak pernah diajarkan menabung dan keinginannya selalu dipenuhi sang orang tua. Anak-anak yang dimanjakan dengan materi yang berlimpah akan tumbuh menjadi pribadi yang boros dan kurang bisa menghargai uang.

Menanamkan Kedisiplinan dalam Diri Anak

Kebiasaan menabung juga berkorelasi dengan kedisiplinan. Kalau kamu membiasakan si kecil untuk menabung setiap hari, lama-kelamaan buah hatimu akan terbiasa melakukannya. Menabung tak lagi membuat anak merasa terpaksa melainkan sudah menjadi bagian dari kebiasaan baik yang dilakukan secara disiplin. Sikap disiplin anak yang terbentuk dari kebiasaan menabung akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari sehingga buah hatimu terbiasa mematuhi peraturan dan melakukan hal-hal baik.

Mencegah Kebiasaan Berutang

Ketika memasuki usia remaja, biasanya anak mulai berani meminjam uang kepada temannya untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Kecenderungan berutang terjadi karena anak tidak memiliki tabungan yang cukup untuk kebutuhan atau keinginannya. Oleh sebab itu, manfaat menabung harus diajarkan kepada anak untuk mencegah kebiasaan berutang di kemudian hari. Kamu wajib mengajarkan si kecil untuk memenuhi kebutuhannya secara mandiri tanpa harus berutang kepada orang lain. Uang tabungan yang sudah dikumpulkan buah hatimu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut.

Memahami Manfaat Dana Darurat

Tabungan yang dikumpulkan anak bisa difungsikan sebagai dana darurat untuk dirinya sendiri. Contohnya, bila anak merusak mainan milik temannya, maka uang tabungannya dapat digunakan untuk menggantikan mainan yang dirusak. Dana darurat penting untuk memenuhi kebutuhan tak terduga. Jika si kecil sudah memahaminya dengan baik, kemungkinan besar ia akan menjadi pribadi dewasa yang konsisten menyisihkan dana darurat di masa depan.

Melatih Kemandirian agar Tidak Terlalu Bergantung kepada Orang Tua

Memenuhi segala kebutuhan anak memang merupakan kewajiban orang tua. Seiring bertambahnya usia, anak-anak diharapkan mulai mandiri dan tidak sepenuhnya bergantung kepada orang tua. Karena nantinya anak pun akan menjadi manusia dewasa yang harus mampu hidup mandiri. Manfaat menabung dapat melatih kemandirian anak agar tidak terlalu bergantung kepada orang tua dari segi finansial. Anak-anak yang terbiasa menabung lebih leluasa menentukan keputusan sederhana, misalnya saat ingin membeli barang-barang hobi atau bepergian dengan teman sebaya. Kamu tak perlu khawatir dengan cara si kecil mengontrol keuangannya asalkan Si Kecil tidak terlalu boros.

Mengajarkan Anak Mengambil Keputusan Secara Bijak

Kemandirian dalam mengatur keuangan pribadi akan membantu anak mengambil keputusan secara bijak. Contohnya, saat anak dihadapkan pada dua pilihan, yaitu membeli konsol game atau membayar biaya study tour yang diadakan sekolah. Kamu dapat memberi saran agar Si Kecil bisa mengambil keputusan secara bijak. Sampaikan kepada si kecil bahwa ada hal-halyang harus jadi prioritas dan ada pula yang bisa ditunda. Membeli konsol game, mainan, atau barang-barang hobi lainnya bersifat tidak mendesak sehingga mesti ditunda bila ada kebutuhan yang lebih penting.

Mengajak Si Kecil untuk Berbagi dengan Sesama

Jangan ragu mengajak si kecil untuk berbagi mulai dari lingkungan terdekat. Kamu juga bisa mengajak si kecil memanfaatkan tabungannya secara bijak untuk berbagi dengan sesama. Misalnya, mengadakan acara bakti sosial di panti asuhan dalam rangka syukuran hari ulang tahun si kecil. Ajaklah si kecil menyisihkan sebagian tabungannya untuk memberikan donasi bagi sesama yang membutuhkan. Dengan demikian, buah hatimu akan menjadi pribadi yang pandai bersyukur dan peka terhadap kondisi di sekelilingnya. Berbagi dengan sesama merupakan bentuk sedekah yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

 

Sekarang, proses menabung di bank bisa dilakukan secara mudah tanpa harus mendatangi kantor cabang terdekat. Jika kamu ingin mengajak buah hati untuk mulai menabung, kamu bisa buka rekening Digital Saving secara praktis di BRI. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengakses website https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/ lalu klik opsi Buka Rekening. Kemudian, ikuti beberapa langkah mudah berikut ini agar bisa segera memiliki tabungan pribadi BRI:

- Menyiapkan dokumen berupa KTP dan NPWP serta mengisi data diri.

- Memilih jenis rekening dan lokasi kantor cabang BRI terdekat di sekitar tempat tinggalmu.

- Melakukan video recording untuk memenuhi tahap verifikasi.

- Mengaktifkan rekening baru dengan melakukan setoran awal.

- Membuat akun I-banking BRI agar bisa mengunakan segala fasilitas perbankan BRI.

 

Proses buka rekening Digital Saving BRI yang praktis membuatmu tak perlu repot ke luar rumah bila ingin mengajak si kecil menabung. Membuka rekening Digital Saving di BRI membuatmu tetap bisa mematuhi anjuran physical distancing untuk menghindari wabah Covid-19 dan penyakti menular lainnya. Kamu sekeluarga tetap sehat, niat menabung si kecil pun bisa direalisasikan secara lancar dengan dukungan fitur rekening Digital Saving BRI. Fitur digital saving juga terdapat di Aplikasi BRImo. Install sekarang BRImo , nikmati layanan digital saving tersebut dalam genggaman Anda.