Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Kiat agar Silaturahmi Virtual dengan Kerabat jauh saat Lebaran Berjalan Lancar

Kiat agar Silaturahmi Virtual dengan Kerabat jauh saat Lebaran Berjalan Lancar

2021-04-27 17:36:58

Suasana lebaran tahun 2021 rupanya masih sama dengan lebaran tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang belum reda memang membuat semua orang masih harus menunda silaturahmi. Keinginan mudik dan berkunjung ke rumah sanak saudara yang lokasinya jauh belum dapat direalisasikan. Semua orang harus tetap mematuhi protokol kesehatan demi meminimalkan risiko penyebaran penyakit menular.

Jangan sedih dulu bila tahun ini tetap belum bisa mudik dan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. Kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan silaturahmi virtual dengan para kerabat jauh. Agar rencana silaturahmi virtual dapat direalisasikan secara lancar, yuk ikuti kiat-kiatnya berikut ini:

Membuat Kartu Ucapan Virtual

Tak jadi masalah bila kamu tidak sempat melakukan video call untuk silaturahmi virtual. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat kartu ucapan virtual dan mengirimkannya kepada para kerabat. Saat ini, banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kartu ucapan virtual, contohnya Canva. Aplikasi tersebut biasanya menyiapkan desain gratis yang bebas dimodifikasi sesuai keinginan. Jangan lupa menyertakan nama penerima pada kartu ucapan virtual agar terkesan lebih personal.

Mengirim Hampers Lebaran

Bila kamu punya rezeki berlebih dan ingin berbagi dengan keluarga pada lebaran tahun 2021 ini, kamu bisa mengirimkan hampers lebaran. Mengirim hampers lebaran juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjalin silaturahmi dengan anggota keluarga dan kerabat jauh. Pastikan kalau isi hampers-nya sesuai dengan selera dan kebutuhan si penerima, ya. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan pilihan hampers dengan bujet yang telah kamu siapkan. Jangan sampai hampers yang mewah malah membuat isi tabunganmu terkurang habis.

Menentukan Waktu Silaturahmi yang Tepat

Penentuan waktu adalah hal penting untuk mendukung kelancaran silaturahmi virtual. Kamu dan segenap anggota keluarga harus menyepakati waktu silaturahmi yang paling pas agar semuanya bisa berpartisipasi. Misalnya, kamu dan keluarga besar meluangkan waktu di hari pertama Idulfitri pasca salat Ied untuk melakukan silaturahmi virtual. Bila silaturahmi bisa dilakukan pada waktu yang tepat, niscaya momennya akan tetap berlangsung secara istimewa meskipun tak dapat bertatap muka.

Menyiapkan Sarana Pendukung yang Memadai

Jangan lupa kalau silaturahmi virtual pada momen lebaran tahun 2021 juga membutuhkan sarana pendukung yang memadai. Kamu patut menyiapkan beberapa hal berikut ini untuk menyempurnakan aktivitas virtual di hari Idulfitri:

- Koneksi internet berkecepatan tinggi agar tidak menghambat kelancaran proses video call.
- Ruangan yang nyaman dan dilengkapi pencahayaan yang maksimal supaya seluruh anggota keluarga bisa berinteraksi dengan lancar.
- Aksesori untuk smartphone atau laptop seperti tripod dan ring light sehingga kamu tidak kerepotan memegangi gadget selama melakukan silaturahmi virtual.

Memilih Aplikasi Video Call yang Berkualitas

Kalau sudah sepakat melakukan video call untuk menjalin silaturahmi virtual, maka kamu mesti menentukan aplikasi yang tepat untuk mendukung kegiatan tersebut. Satu dari beberapa aplikasi berikut ini bisa kamu pilih sesuai kebutuhan:

- Google Meet: aplikasi besutan Google ini bisa memfasilitasi video call untuk maksimal 25 orang secara gratis. Namun, kapasitasnya dapat dimaksimalkan menjadi 250 orang kalau kamu berlangganan G-Suite. Tampilan video call sudah berkualitas HD sehingga lebih jernih dan menarik.
- Zoom: selain mampu menampung banyak pengguna (konon bisa mencapai 1.000 partisipan), Zoom juga punya berbagai fitur menarik seperti perekam video saat meeting berlangsung, filter untuk mencerahkan warna kulit, dan penjadwalan silaturahmi virtual.
- WhatsApp: banyak orang menyukai silaturahmi virtual via WhatsApp karena tidak perlu mengunduh aplikasi lain di smartphone. Namun, aplikasi chat yang satu ini hanya bisa memfasilitasi maksimal 8 orang.
- Skype: satu aplikasi lagi yang patut dipertimbangkan untuk menyukseskan rencana silaturahmi virtual adalah Skype. Aplikasi ini unggul karena punya fitur subtitle, terhubung dengan Giphy, dan fitur khusus untuk memburamkan background video.

Menyepakati Dress Code saat Silaturahmi Virtual

Acara silaturahmi virtual tak akan berlangsung membosankan bila kamu dapat menyusun rencana yang seru. Salah satu rencana yang bikin silaturahmi virtual jadi lebih seru adalah kesepakatan memakai dress code yang seragam. Kamu bisa janjian menggunakan warna atau motif baju tertentu dengan sanak saudara yang berpartisipasi dalam silaturahmi virtual, misalnya baju batik atau baju putih. Dress code akan membuat seluruh keluarga besar jadi makin kompak dan suasana silaturahmi virtual pun terasa berkesan.

Membahas Hal-Hal Bernuansa Positif

Silaturahmi jarak jauh memang membuat risiko kesalahpahaman semakin besar. Namun, sebenarnya kesalahpahaman tersebut bisa diminimalkan dengan upaya membahas hal-hal positif. Sebaiknya kamu dan keluarga besar sama-sama sepakat membahas hal-hal menyenangkan selama silaturahmi virtual berlangsung. Pertanyaan menyebalkan tentang “kapan lulus”, “kapan nikah”, dan “kapan punya anak” harus dihindari supaya seluruh anggota keluarga merasa nyaman.

Momen Makan Bareng saat Silaturahmi

Aktivitas silaturahmi virtual pada lebaran tahun 2021 juga bisa dimeriahkan dengan acara makan bareng lho. Coba deh menyiapkan menu makanan di piring masing-masing lalu menyantapnya di depan layar selama video call berlangsung. Suasana seru ini tentu tak bisa dirasakan pada lebaran tahun-tahun sebelumnya. Kalau kangen dengan masakan nenek di kampung, tak ada salahnya merencanakan pengiriman makanan sejak jauh hari. Sehingga seluruh anggota keluarga berkesempatan menikmati makanan yang sama meskipun sedang berjauhan.

Mencoba Berbagai Games Seru

Momen silaturahmi virtual saat lebaran bisa dimeriahkan juga dengan berbagai games seru. Misalnya, kamu sepakat dengan seluruh anggota keluarga besar untuk saling berkirim kado menjelang hari lebaran. Nantinya, kado-kado tersebut harus dibuka ketika silaturahmi virtual berlangsung. Keseruan bertukar dan membuka kado bikin acara silaturahmi jadi menarik dan seluruh anggota keluarga tak akan merasa bosan.

Mengabadikan Momen Silaturahmi Virtual

Kegiatan silaturahmi virtual yang langka memang harus diabadikan sebagai kenang-kenangan. Nanti, kamu jadi punya dokumentasi tentang perayaan Idul fitri selama pandemi. Oleh sebab itu, jangan lupa merekam percakapan yang lucu dan melakukan screenshot layar ketika video call. Kamu juga bisa memamerkan momen silaturahmi virtual di media sosial supaya suasana lebaran tahun ini tetap terasa sempurna.

Oh iya, kamu harus memastikan bahwa jumlah pulsa di smartphone-mu masih memadai untuk video call kalau kamu tidak menggunakan wifi. Untuk urusan beli pulsa secara praktis, kamu bisa menggunakan aplikasi BRImo dari BRI. Aplikasi mobile banking yang canggih ini punya fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk beli pulsa. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah ini kalau ingin beli pulsa melalui BRImo:

- Login ke BRImo seperti biasa dengan username dan password.
- Pilih opsi Pulsa/Data lalu pilih sumber dana (kalau rekening BRI-mu lebih dari satu).
- Masukkan nomor HP yang ingin disi pulsa lalu klik lanjut
- lalu pilih nominal untuk beli pulsa dan klik Beli
- Bila nomor HP yang tertera di layar smartphone sudah benar, klik Konfirmasi lalu pilih Lanjut. Maka kamu pun tinggal menunggu pulsa masuk ke nomor HP-mu.

Aplikasi mobile banking BRImo hadir untuk menjadi solusi bagi semua kebutuhanmu. Terhubung dengan BRImo di masa pandemi akan mempermudah segala aktivitasmu, termasuk urusan silaturahmi virtual. Selamat merencanakan silaturahmi virtual bersama keluarga besar dan kerabat jauh lainnya!