Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Keuntungan Menggunakan Desinfektan di Rumah untuk Proteksi Diri dan Keluarga

Keuntungan Menggunakan Desinfektan di Rumah untuk Proteksi Diri dan Keluarga

2021-09-14 14:23:47

Masyarakat modern semakin menyadari pentingnya hidup bersih dan sehat. Hal tersebut sangat dipengaruhi pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Selain mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, banyak hal penting lainnya yang dilakukan untuk meminimalkan penyebaran Covid-19, salah satunya yaitu menggunakan desinfektan. Penggunaan desinfektan secara teratur merupakan cara meningkatkan perlindungan diri dan keluarga dari virus yang bisa dilakukan semua orang.  

Yuk, kenalan dengan disinfektan, manfaat desinfeksi rumah secara menyeluruh, dan cara melakukannya agar kamu sekeluarga terhindar dari Covid-19 dan risiko penyakit lainnya.

Apa Itu Disinfektan?

Disinfektan adalah cairan yang berfungsi membasmi mikroorganisme penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, dan kuman. Sementara itu, desinfeksi adalah proses menggunakan cairan desinfektan dengan cara menyemprotkannya pada permukaan benda mati. Tak seperti penggunaan hand sanitizer untuk membersihkan tangan, penggunaan desinfektan hanya boleh dilakukan pada benda-benda mati karena kandungan zat kimianya berbahaya bila terkena tubuh. Itulah sebabnya desinfektan lazim digunakan pada permukaan meja, lantai, dinding, gagang pintu, serta benda mati lainnya.

Beberapa tujuan desinfeksi, antara lain:

- Membersihkan permukaan benda di rumah, kantor, atau tempat umum lainnya

- Mensterilkan alat-alat kesehatan, misalnya pisau bedah dan meja operasi

- Menjadi bahan dasar pemutih agar pakaian bebas mikroorganisme dan warnanya makin cerah.

Mengapa Rumah yang Bersih Tetap Membutuhkan Desinfeksi?

Hingga saat ini, masih banyak orang menganggap bahwa rumahnya sudah bersih dan tak membutuhkan desinfeksi. Padahal, mikroorganisme tetap berisiko hidup pada lingkungan bersih sehingga rentan menyebabkan penularan penyakit. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa virus Covid-19 dapat menempel pada permukaan benda plastik dan stainless steel kemudian bertahan hingga 72 jam. Oleh sebab itu, manfaat desinfeksi rumah tetap dibutuhkan untuk memastikan bahwa kondisi rumah senantiasa higienis. Jurnal GMS Hygiene and Infection Control menyatakan bahwa desinfeksi patut dilakukan para area berisiko, misalnya pada barang-barang yang sering disentuh di rumah. Proses desinfeksi harus dilakukan dengan cara yang benar agar manfaatnya semakin maksimal.

Mengenal Bahan Dasar Desinfektan

Kamu tak harus selalu membeli produk desinfektan yang harganya mahal untuk menjaga kehigienisan rumah. WHO merekomendasikan proses pembuatan disinfektan secara mandiri di rumah menggunakan beberapa bahan berikut ini:

- Cairan pemutih pakaian (sodium hipoklorit 5%) dengan kadar kekuatan berkisar antara 5,25% hingga 61,5%

- Cairan pembersih lantai

- Karbol atau pine oil

Selain menyiapkan tiga bahan utama tersebut, kamu juga mesti menyiapkan peralatan ini ketika membuat desinfektan sendiri di rumah:

- Botol semprot plastik atau botol kaca dengan tutup untuk menampung cairan disinfektan

- Gelas ukur untuk menghitung takaran bahan

- Kain lap microfiber yang bersih

- Sarung tangan dari bahan karet atau plastik

- Masker medis atau masker kain.

Persiapan alat-alat tersebut penting untuk memastikan bahwa kamu membuat desinfektan dengan takaran yang tepat. Alat pelindung berupa masker dan sarung tangan juga harus digunakan supaya tubuhmu tidak langsung terkena paparan zat kimia yang menjadi bahan dasar desinfektan.

Proses Pembuatan Desinfektan Sendiri di Rumah

Kalau sudah menyiapkan alat dan bahan disinfektan, kamu bisa segera membuatnya sendiri dengan mengikuti satu dari tiga cara berikut ini:

- Mencampurkan satu sendok makan pemutih pakaian berkadar 5% dengan satu liter air. Kalau kamu menggunakan pemutih pakaian yang kadarnya hanya 2,5%, maka kamu harus menggunakannya dua kali lebih banyak, yaitu 2 sendok makan untuk satu liter air.

- Membuat campuran yang terdiri dari satu takar tutup botol cairan pembersih lantai (kurang lebih 10 ml) dengan 5 liter air. Desinfektan dari cairan pembersih lantai tidak hanya efektif membasmi mikroorganisme penyebab penyakit, tetapi juga memiliki wangi khas sehingga dapat membuat rumahmu beraroma segar.

- Mengaduk campuran 10 takar tutup botol karbol (kurang lebih 100 ml) dengan satu liter air. Aroma disinfektan dari karbol terbilang menyengat sehingga lebih cocok digunakan untuk teras dan lingkungan sekitar rumah. Disinfektan ini juga dapat menghilangkan bau tak sedap di sekitar kandang hewan peliharaanmu.

Cara Desinfeksi Rumah yang Benar

Kalau kamu sudah menyiapkan disinfektan, maka selanjutnya kamu bisa melakukan cara desinfeksi rumah yang benar dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Sebelum memulai proses desinfeksi, pastikan bahwa kondisi sirkulasi udara ruangan dalam kondisi baik. Hal ini penting untuk mempercepat pengeringan desinfektan pada permukaan benda. Kamu bisa membuka semua jendela di ruangan dan menyalakan kipas angin untuk memaksimalkan sirkulasi udara dalam ruangan.

- Kamu wajib menggunakan masker medis dan sarung tangan (berbahan karet atau plastik) sebelum memulai proses desinfeksi rumah. Alat Pelindung Diri (APD) tersebut penting untuk menghindari kontak langsung dengan disinfektan. Usahakan agar kulit dan matamu tidak terkena desinfektan selama kamu melakukan proses desinfeksi.

- Mulailah menyemprotkan desinfektan pada barang-barang di rumah. Utamakan proses desinfeksi pada benda-benda yang paling sering dipegang atau kerap dibawa bepergian ke luar rumah. Kamu bisa menyemprotkan desinfektan pada gagang pintu, permukaan wastafel, permukaan cermin, keyboard komputer, helm, smartphone, dan benda-benda lainnya. Jangan menyemprotkan disinfektan di sekitar tanaman atau binatang peliharaan.

- Diamkan barang-barang yang disemprot desinfektan selama beberapa menit. Proses ini perlu dilakukan untuk memastikan desinfektan berhasil membasmi mikroorganisme pada permukaan benda di rumah. Setelah beberapa menit, gunakan kain lap microfiber yang bersih untuk mengelap permukaan benda-benda yang sudah disemprot disinfektan. Kamu juga bisa mengangin-anginkan barang yang sudah dilap supaya kering sempurna.

- Terakhir, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik dan air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa desinfektan yang menempel. Jangan sampai cairan desinfektan mengenai membran mukosa (mata dan mulut) karena berisiko menyebabkan iritasi kulit, gangguan penglihatan, dan penyakit pernapasan.

Kapan Proses Desinfeksi Harus Dilakukan di Rumah?

Manfaat desinfeksi rumah akan semakin maksimal bila kamu melakukannya secara rutin minimal 1 minggu sekali. Sebaiknya proses desinfeksi dilakukan saat rumah dalam keadaan kosong untuk meminimalkan dampak buruk desinfektan bagi kesehatan anggota keluargamu. Sehingga nanti seluruh anggota keluarga bisa berkumpul dan beraktivitas bersama ketika rumah sudah kembali higienis.

 

Kamu tak perlu repot pergi ke luar rumah bila ingin membeli bahan-bahan disinfektan. Sekarang, kamu bisa membeli bahan-bahan tersebut secara mudah dengan memanfaatkan layanan Go Shop dari Gojek. Driver online akan membantumu membeli bahan-bahan yang kamu butuhkan dan langsung mengantarkannya ke rumahmu.

Jangan lupa top up Gopay untuk mempermudah transaksi GoShop, ya. Selain praktis, pembayaran Go Shop via GoPay yang efektif meminimalkan kontak fisik sehingga risiko penyebaran Covid-19 semakin kecil. Proses top up Gopay kini bisa dilakukan melalui aplikasi BRImo dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Login di aplikasi BRImo.

- Pilih opsi Dompet Digital, kemudian pilih akan melalukan top up GoPay.

- Selanjutnya masukan nominal, untuk top up dompet digital di BRImo.

- Masukkan Pin BRImo hingga transaksi top up GoPay kamu sukses.

 

Dompet digital yang terisi penuh bikin proses top up voucher game makin praktis. Kamu bisa fokus meningkatkan level game karena punya amunisi yang memadai untuk memenangkan pertandingan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, isi dulu dompet digitalmu dan rasakan kemudahannya!