Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern untuk Hunian Masa Depan

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern untuk Hunian Masa Depan

2021-06-11 10:20:13

Memiliki hunian pribadi tentu menjadi impian semua orang. Sayangnya, tidak semua orang berhasil memenuhi kebutuhan primer tersebut secara layak. Kalau kamu termasuk orang yang sudah memiliki rumah pribadi, jangan lekas berpuas diri, ya. Sebaiknya kamu juga menyiapkan bujet untuk renovasi rumah agar hunianmu semakin nyaman.

Desain rumah minimalis modern selalu diminati dan tidak pernah ketinggalan zaman. Dibandingkan variasi desain lainnya, gaya minimalis lebih menarik karena terkesan simpel, cocok untuk rumah mungil dengan lahan terbatas, serta dapat disesuaikan dengan keinginan pribadi si pemilik rumah. Jika kamu berencana merenovasi rumah dengan gaya minimalis, beberapa ide berikut ini bisa menjadi referensi bermanfaat untukmu:

Rumah Bergaya Industrial

Orang-orang yang menyukai gaya casual dan edgy pasti merasa cocok dengan desain rumah bergaya industrial. Gaya industrial memang termasuk desain minimalis modern. Materialnya banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti bebatuan, kayu, dan bata ekspos (tanpa aci dan plester). Metode unfinished pada rumah bernuansa industrial akan memberikan kesan sejuk sehingga cocok untuk kamu yang tinggal di daerah dataran rendah dengan cuaca panas. Sistem pencahayaan pada rumah bergaya industrial harus dibuat sebaik mungkin supaya rumah tidak terkesan suram.

Rumah Modern dengan Aksen Garis pada Bagian Fasad

Aksen garis-garis tegas masih mendominasi desain rumah minimalis modern di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Meskipun terkesan sederhana, aksen garis tersebut rupanya bisa menampilkan kesan mewah bila ditunjang dengan pencahayaan yang tepat. Perpaduan aksen garis dengan warna-warna monokrom bisa membuat rumah tampak elegan dan tidak membosankan. Kamu juga bisa membuat taman mini di teras rumah agar suasana rumah modern dengan aksen garis terasa asri.

Rumah Minimalis dengan Kaca yang Dominan

Hunian yang terletak di dataran tinggi cocok mengadaptasi konsep rumah minimalis modern yang didominasi kaca. Penggunaan kaca sebagai dinding atau sekat pemisah akan membuat rumah terkesan lebih luas, terang, dan bersih. Namun, konsep ini kurang cocok untuk rumah di dataran rendah yang cuacanya panas karena penggunaan kaca sebagai elemen interior bisa membuat rumah terasa semakin panas. Jika ingin menggunakan kaca sebagai dinding dan sekat ruangan, kamu harus memilih bahan berkualitas dengan ketebalan tertentu untuk mendukung keamanan seluruh anggota keluarga saat berada di rumah.

Rumah dengan Banyak Ruangan Terbuka (Open Plan)

Ukuran rumah yang terbilang mungil dapat disiasati dengan konsep terbuka (open plan). Konsep ini memungkinkan kamu mengurangi jumlah sekat ruangan sehingga batas antar ruangan menjadi samar. Misalnya, ruang keluarga menyatu dengan ruang makan atau teras berfungsi ganda sebagai ruang tamu. Kalau ingin menggunakan konsep open plan, kamu harus rutin membereskan seisi rumah dan menyingkirkan barang-barang tidak terpakai supaya rumahmu tidak terkesan penuh dan kumuh.  

Rumah dengan Kombinasi Warna Monokrom

Ada kabar gembira nih buat kamu yang menyukai warna monokrom (hitam dan putih). Kedua warna tersebut ternyata sangat cocok untuk menyempurnakan desain rumah minimalis modern. Kombinasi warna monokrom membuat rumah terkesan simpel sekaligus klasik, apalagi bila kamu memilih bentuk kusen dan pintu bergaya minimalis. Kamu harus rajin merawat interior dan eksterior rumah minimalis dengan warna monokrom agar tampilannya tidak terkesan kusam, ya. Bila perlu, luangkan waktu satu tahun sekali untuk mengecat ulang seluruh interior dan eksterior rumah.

Rumah Bergaya Rustic

Kalau kamu menyukai nuansa natural yang menyatu dengan alam, kamu pasti cocok dengan desain rumah minimalis bergaya rustic. Gaya hunian ini biasanya didominasi warna tanah serta penggunaan elemen-elemen natural seperti furniture kayu, marmer, panel kayu, serta perpaduan batu dan stainless steel. Rumah bergaya rustic biasanya terkesan hangat sekaligus cozy sehingga akan membuat kamu sekeluarga jadi betah. Tak mengherankan deh bila gaya rustic biasanya menjadi desain andalan saat merenovasi vila. Mau punya rumah dengan nuansa vila? Yuk pilih desain rustic!

Rumah Minimalis dengan Sentuhan Bali

Siapa bilang kamu tidak bisa mewujudkan rumah minimalis dengan sentuhan etnik. Gaya arsitektur Bali rupanya sangat cocok dipadukan dengan desain rumah minimalis modern. Salah satu ciri khas arsitektur Bali adalah pintu masuk berukuran kecil yang disebut angkul-angkul. Adaptasi rumah modern bergaya Bali sangat cocok diterapkan di lahan yang sempit. Selain itu, ciri khas sentuhan Bali lainnya berupa tembok tinggi, sistem pencahayaan alami, dan ventilasi udara yang rapi juga sesuai dengan pakem rumah minimalis.

Rumah Modern dengan Fasad Asimetris

Desain rumah minimalis tak selalu identik dengan bentuk simetris. Kamu juga bisa mewujudkan imajinasi dengan membuat rumah yang fasadnya asimetris. Fasad asimetris dapat menjadi ciri khas rumahmu karena berbeda dengan rumah-rumah lainnya sekitarnya. Proses pembuatan fasad simetris tidak membutuhkan banyak biaya tetapi harus dilakukan secara ekstra teliti supaya hasilnya maksimal.

Rumah Simpel Bergaya Jepang

Desain rumah khas Jepang ternyata juga cocok dikombinasikan dengan gaya minimalis. Ciri khas rumah Jepang adalah interior dan eksterior serba putih dengan sentuhan elemen kayu berwarna terang yang menampilkan kesan hangat. Desain minimalis dengan sentuhan khas Jepang juga cocok untuk rumah mungil karena biasanya minim perabot sehingga terkesan lebih nyaman dan luas. Beberapa elemen penting yang harus ada di rumah bernuansa Jepang, yaitu:

  • Genkan (ruang peralihan antara bagian luar dan dalam rumah yang berfungsi untuk meletakkan alas kaki).
  • Engawa (ruangan terbuka yang langsung berbatasan dengan eksterior).
  • Tansu (tangga sekaligus kabinet yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang).
  • Halaman luas dengan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang memadai.

Rumah dengan Sentuhan Nautical

Jika kamu sangat menyukai suasana pantai, kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu referensi saat membangun rumah bergaya minimalis. Desain minimalis dengan sentuhan nautical sangat cocok untuk rumah di dataran rendah yang cuacanya panas. Gaya nautical identik dengan dinding serba putih serta perabot dengan motif garis-garis putih biru. Ukuran jendela pada rumah bergaya nautical minimalis sengaja dibuat besar supaya sirkulasi udara berlangsung lancar. Perpaduan warna putih dan biru laut akan membuat seisi rumah terkesan sejuk. Kamu juga dapat menyempurnakan nuansa pantai di rumah dengan menggunakan aneka furniture kayu berwarna putih.

 

Jangan berkecil hati bila saat ini tabunganmu belum mencukupi untuk renovasi rumah. Rencana renovasi rumah akan terwujud jika kamu mengelola kondisi finansial pribadi secara cermat. Mulai sekarang, Proses mengelola kondisi finansial semakin praktis karena kini kamu bisa mengandalkan salah satu fitur BRImo yaitu Personal Financial Management (PFM). 

Aplikasi keuangan digital dari BRI tersebut memiliki Personal Financial Management

(PFM) yang dapat mencatat pengeluaran otomatis di BRImo sedangkan pendapatan Nasabah

bisa dicatat dalam fitur Personal Financial Management (PFM) tersebut. Personal Financial

Management dari BRImo akan mempermudah kamu mencatat anggaran pribadi setiap bulan.

Sehingga kamu bisa berhemat secara maksimal demi mendukung impian masa depan.

 

jangan ragu menggunakan fitur BRI  Personal Financial Management untuk mendukung pengelolaan finansial pribadi dengan tepat. 

Yuk, gunakan aplikasi BRImo demi mewujudkan impian masa depan.