Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Coba Tips Mudah Menabung bagi Ibu Rumah Tangga

Coba Tips Mudah Menabung bagi Ibu Rumah Tangga

2020-08-03 00:13:11

Ibu rumah tangga terkadang memiliki kesulitan untuk rutin menabung. Padahal menabung begitu penting agar kondisi finansial keluarga selalu terjaga. Coba ikuti tips mudah menabung yang bisa Anda praktikkan ini.

Kendala sulit menabung sering kali karena banyaknya pengeluaran. Bisa juga karena tidak kuasa untuk menahan godaan berbelanja. Padahal kalau kita mau, sebetulnya menabung itu tidak sesulit yang dibayangkan. Mari ikuti beberapa tips mudah berikut ini. 

1. Menabung di Awal, Bukan di Akhir

Tips penting agar ibu rumah dapat menabung adalah selalu menabung di awal ketika baru mendapatkan uang. Misalnya suami baru saja memberikan uang bulanan, maka Anda bisa langsung menyisihkan uang untuk menabung.

Berapa jumlah menabung yang ideal? Tiap orang tentu memiliki pendapatan dan pengeluaran yang berbeda. Namun sebagai patokan akan sangat baik jika ibu-ibu rumah tangga menyisihkan setidaknya 15 persen sampai 20 persen untuk tabungan. 

Sebagai contoh, misalnya mendapatkan uang bulanan dari suami sebanyak Rp2 juta, maka Anda bisa menyisihkan antara Rp300 ribu sampai Rp400.000 untuk pos tabungan. 

2. Miliki Rekening Khusus 

Sebaiknya Anda memiliki rekening khusus untuk tabungan. Tetapkan tujuan menabung misalnya sebagai dana darurat, biaya pendidikan anak kelak, atau kebutuhan lainnya. 

Anda bisa membuka tabungan Britama di BRI terdekat. Keuntungan membuka tabungan ini adalah mendapatkan suku bunga yang kompetitif serta asuransi kecelakaan diri. Jadi uang yang Anda tabung akan semakin bertambah, serta Anda pun dilindungi oleh asuransi. 

Agar tabungan tersebut tidak mudah diambil, saat pembukaan rekening Britama ini Anda bisa tidak membuat kartu ATM. Dengan begitu, saldo tabungan itu akan tetap utuh dan tidak mudah untuk diambil. 

3. Sesuaikan Gaya Hidup

Salah satu penyebab pengeluaran besar adalah karena gaya hidup yang tidak sesuai kemampuan. Oleh karena itu, ukur kemampuan ibu-ibu. Sekalipun mungkin teman-teman Anda gemar berbelanja barang mewah, Anda sebaiknya tidak mengikuti gaya tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih lingkungan pergaulan yang tepat. Dengan demikian hal ini bisa membantu agar pengeluaran Anda tetap terkontrol.

4. Belanja Bulanan atau Per 2 Minggu

Untuk kebutuhan sehari-hari lebih hemat jika Anda sekaligus untuk belanja kebutuhan satu bulan atau 2 minggu. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik berbelanja.

Selain itu juga manfaatkan promo yang tersedia di minimarket atau supermarket. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga 

5. Kumpulkan Uang Receh

Jangan sepelekan uang recehan. Jika dikumpulkan uang tersebut akan bernilai besar. 

Ibu-ibu bisa membuat celengan yang khusus berisi uang kecil. Selanjutnya ketika uang ini penuh, Anda bisa menabungnya di BRI terdekat. 

6. Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Setiap ingin berbelanja selalu tanyakan apakah barang yang ingin dibeli itu termasuk kebutuhan atau keinginan. Antara kedua hal ini berbeda, namun sering kali kita tidak bisa menahan diri karena ingin untuk memilikinya.

Selama barang tersebut termasuk kebutuhan, Anda boleh membelinya. Namun jika benda tersebut hanya diinginkan namun kurang diperlukan, Anda bisa menunda pembeliannya.  

7. Lihat Kondisi Keuangan Keluarga 

Selain itu, Anda perlu pantau kondisi keuangan keluarga. Jika memang ada uang berlebih, Anda bisa menggunakan untuk kebutuhan yang paling penting, penting, barulah kurang penting.

Sebelum berbelanja, sangat baik jika ibu mengkategorikan benda yang ingin dibeli ke dalam tiga kategori berikut.

  1. Penting dan Mendesak. Benda ini biasanya meliputi kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, telur, dan lainnya. Benda tersebut harus ada agar kebutuhan keluarga terpenuhi. Untuk poin ini tidak bisa ditunda dan harus selalu tersedia. Contoh lainnya misalnya adalah pembayaran tagihan bulanan, seperti listrik, air, telepon, dan membeli bensin. 
  2. Penting Tapi Tidak Mendesak. Misalnya pulsa HP. Sekalipun tidak membelinya hari ini, HP Anda masih bisa digunakan. Jadi, Anda bisa menunda pembeliannya. 
  3. Tidak Mendesak. Contohnya seperti membeli baju baru, berlibur atau yang lainnya. Semua itu sifatnya masih bisa ditunda. Dengan begitu tidak termasuk prioritas. 

8. Coba Usaha Kecil-kecilan

Misalnya Anda dapat berjualan makanan kecil atau membuka bisnis katering dari rumah. Siapa tahu nantinya usaha Anda ini berkembang besar. Dengan begitu akan semakin meningkatkan taraf hidup keluarga Anda. 

Saat usaha Anda makin besar, tetap jangan lupa untuk sisihkan sekitar 20% untuk menabung. 

Begitulah tips mudah menabung bagi ibu rumah tangga. Mari coba mulai untuk rutin menabung dari sekarang.