Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

5 Cara Menabung untuk Pelajar yang Bisa Dilakukan Sejak Dini

5 Cara Menabung untuk Pelajar yang Bisa Dilakukan Sejak Dini

2020-02-21 11:29:56

Sebagai orang tua, sangat penting untuk melatih anak-anak agar memiliki minat dan keinginan untuk menabung sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak dapat tumbuh menjadi seseorang dengan kemampuan mengatur keuangan yang baik. Sehingga, berbagai kesulitan keuangan di masa depan dapat diatasi dengan baik.

Hal ini memang perlu diajarkan sejak dini kepada anak-anak dengan cara memberikan contoh bagaimana proses menabung dengan cara yang benar dan segera mempraktikkannya bersama. Hal ini memang cukup sulit dilakukan jika mereka tidak memiliki ketertarikan dalam menabung. Namun, sebaiknya berikan penjelasan pentingnya menabung sejak dini. Untuk mempermudah proses menarik minat mereka, berikut ini ada 5 cara menabung yang bisa kamu ajarkan sejak dini kepada anak-anak.

1. Berikan Pengertian Terhadap Keinginan, Kebutuhan, dan Harapan

Membangun sebuah kebiasaan yang baik memang perlu diajarkan sejak dini seperti cara menabung untuk pelajar dengan jumlah uang jajan yang terbatas. Oleh karena itu, kamu sebagai orang tua perlu mengajarkan konsep keinginan, kebutuhan, dan harapan. Setelah bisa membedakan ketiga hal tersebut, akan membuat mereka lebih mudah menentukan prioritas agar dapat mewujudkan impiannya memiliki sesuatu barang atau hal lainnya di masa depan.

2. Berikan Motivasi dan Tujuan Menabung Pada Anak

Motivasi memang dibutuhkan anak-anak karena melakukan kegiatan yang sama secara berkala mudah menimbulkan rasa bosan. Cara menabung untuk pelajar dengan mendapatkan motivasi dari orang tua memang dapat menimbulkan kembali semangat yang hilang. Mulailah dengan mengingatkan impian yang sudah ditentukan bersama sebelum menabung. Cara ini cukup efektif agar anak dapat menemukan semangatnya kembali.

3. Beri Kesempatan untuk Anak dalam Memilih

Memilih sesuatu merupakan salah satu proses pendewasaan bagi seorang anak. Jika kamu sebagai orang tua selama ini sering memutuskan sesuatu untuk anak sebaiknya, mulailah memberikan kesempatan padanya dalam memilih. Mulai dari menentukan nominal yang akan ditabung setiap bulannya, memilih barang yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhannya, dan berbagai pilihan lainnya. Walaupun kamu memberikan kesempatan bagianya untuk memilih namun, jangan lupa tetap beri masukan positif sebagai bahan pertimbangan.

4. Periksalah Secara Berkala Jumlah Tabungan Anak

Mengawasi memang kegiatan yang bisa membuat anak merasa sedikit terganggu atau tidak dipercaya oleh orang tua. Sebaiknya, buatlah perjanjian dengan anak untuk selalu melaporkan jumlah tabungannya secara berkala kepada kamu seperti setiap dua minggu sekali atau 1 bulan sekali. Hal ini akan membuatnya lebih nyaman dalam berbagai pengalamannya. Selain itu, lebih mudah bagi kamu untuk memastikan anak tetap menggunakan tabungannya untuk hal positif.

5. Berikan Pengalaman Menarik dari Proses Menabung

Salah satu cara menabung untuk pelajar yang menarik dan cukup penting untuk dilakukan yaitu dengan memberikan pengalaman menarik seperti mengajaknya membuka rekening tabungannya sendiri. Hal ini akan menjadi pengalaman baik yang akan selalu diingatnya hingga dewasa. Bukakanlah rekening untuk anak-anak yang ditawarkan oleh salah satu lembaga keuangan terpercaya di Indonesia yaitu BRI.

Produk BRI Junio merupakan pilihan yang tepat karena ditujukan khusus kepada anak-anak dan tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur menarik. Salah satunya yaitu untuk mendapatkan perhatian dan minat anak maka, buku tabungan serta kartu ATMnya telah dirancang dengan karakter khusus. Jadi, tunggu apalagi?

Ajak anak kamu yang berusia lebih dari 12 tahun untuk membuka tabungan BRI Junio. Cara menabung untuk pelajar ini memang mudah dilakukan karena cukup mengunjungi kantor cabang terdekat dan siapkan dokumen seperti kartu pelajar, fotokopi KTP orang tua dengan setoran awal Rp150.000.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan dan diajarkan kepada anak-anak untuk menabung sejak dini. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk BRI Junio, segera kunjungi website resmi BRI di www.bri.co.id atau menghubungi melalui call centre kami di 14017 / 1500017.