Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Cara Menabung Penghasilan ala Milenial

Cara Menabung Penghasilan ala Milenial

2021-12-10 08:32:09

Perkembangan teknologi telah mengantarkan kita ke era yang lebih mudah mendapatkan informasi. Dengan perkembangan teknolo/,.gi kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi seperti tempat liburan, restoran kekinian, cafe baru yang cocok untuk berkumpul bersama teman dan kegiatan menarik lainnya yang tentunya membutuhkan biaya juga.

 

Jika kita tidak mengontrol pengeluaran dan tetap menjalankan kegiatan tersebut tanpa memperhitungkan biaya yang dikeluarkan tentu saja akan susah dalam mengatur keuangan dan menabung. Saat ini banyak millennial yang kesehariannya menggunakan hutang untuk memenuhi gaya hidup yang dijalankan. Tentu saja cara ini dinilai kurang baik untuk terus dijalankan. Ada baiknya jika kita mulai melakukan kegiatan menabung, tidak perlu menabung dengan nominal yang langsung besar, mulailah dari nilai yang kecil. Dengan menabung kita akan mendapatkan banyak manfaat kedepannya. Untuk memulai kegiatan menabung kamu bisa simak tips cara menabung berikut ini: 

1. Bikin Rencana menabung

Sebelum melakukan kegiatan menabung ada baiknya membuat perencanaan terlebih dahulu. Dana yang akan digunakan untuk keperluan apa dan memiliki target yang jelas untuk merealisasikan tabungan kamu. Cara ini sangat tepat untuk kamu yang baru mau memulai untuk menabung dari menentukan target selanjutnya melakukan kegiatan menabung dan berusaha merealisasikan target yang sudah di set di awal. Jangan lupa untuk menetapkan jadwal rutin menabung, kamu bisa catat jadwal menabung pada kalender atau pengingat. 

2. Kurangi pengeluaran

Besar kecilnya pendapatan sangat berpengaruh pada jumlah dana yang bisa kamu tabung tiap hari atau tiap bulannya. Konsistensi dan komitmen sangat dibutuhkan oleh kamu untuk melakukan kegiatan menabung supaya tujuan awal atau target menabung dapat dicapai tepat waktu sesuai perencanaan di awal. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dan utamakan kebutuhan daripada keinginan.

3. Tentukan nominal

Ketika kamu sudah berkomitmen untuk menabung, selanjutnya tentukan nominal setiap kali menabung. Cara menabung ini dibutuhkan supaya membantu kamu tetap konsisten dalam menabung. Godaan untuk tidak menabung biasanya datang dari kebiasaan sehari-hari yang biasanya tidak terlalu penting, seperti nongkrong di cafe, jajan makanan terbaru atau membeli barang atau jasa yang tidak dibutuhkan. Jika kamu bisa menahan godaan tersebut, lalu mengalokasikan uang yang ada untuk menabung, niscaya tabungan kamu bisa bertambah secara signifikan dan mendekati tujuan kamu dalam menabung.

4. Pendapatan tambahan

Jika kamu sudah berhasil mengurangi pengeluaran namun, masih merasa kurang dalam menabung atau ingin segera mencapai tujuan dari menabung. Ada baiknya mulai mencari pendapatan tambahan. Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana tambahan untuk tabungan, bahkan kamu bisa mendapatkan pendapatan hanya dari rumah saja. Jika kamu memiliki kemampuan tambahan yang bisa membantu pekerjaan orang lain, kamu bisa mencoba untuk mengambil pekerjaan sampingan, sehingga kamu tidak perlu mengorbankan pekerjaan utama kamu. Selain itu kamu juga bisa mencoba bisnis sampingan secara online, cara ini efektif untuk mendapatkan pendapatan tambahan selain pekerjaan utama. 

 

Apakah masih merasa kemampuan kamu kurang? Jika iya cobalah ambil kursus tambahan. Pilihlah kursus yang dapat menyalurkan bantuan untuk bisa bekerja. Dengan cara ini selain mendapatkan kemampuan atau ilmu baru, kamu juga bisa langsung terjun ke jenis pekerjaan baru yang tentu saja bisa menjadi sumber pendapatan tambahan lainnya. Namun yang perlu diingat jangan lupa istirahat dan jika sudah memiliki pendapatan tambahan, selalu ingat akan tujuan di awal bahwa kamu ingin menabung demi mencapai target yang sudah ditentukan.

5. Strategi

Godaan dalam menabung itu memang sangat besar untuk itu dibutuhkan perencanaan yang matang di awal serta jangan lupa strategi dalam mengumpulkan dana untuk tabungan. Salah satu strategi cara menabung yang efektif dan mudah dengan membuka rekening digital saving melalui BRImo. Dengan membuka rekening digital  dapat memudahkan kamu dalam mengontrol keuangan kapanpun dan dimanapun, jadi kamu bisa tiap saat mengetahui seluruh transaksi yang dilakukan. Kamu juga tidak perlu repot untuk datang ke bank hanya untuk membuka rekening, karena membuka rekening digital saving BRImo bisa langsung dilakukan melalui aplikasi BRImo. Kemudian untuk daftar atau aktivasi BRImo bisa ikuti cara berikut ini:

 

- Download aplikasi BRImo

- Pilih produk tabungan BRI serta kantor BRI yang mengelola rekening

- Foto e-KTP dan isi data utama

- Verifikasi data diri dan kode verifikasi di kirim ke ponsel

- Rekam video, foto selfie KTP, foto NPWP dan isi data diri

- Verifikasi tanda tangan digital melalui kode token di sms

- Selanjutnya konfirmasi dan lakukan setoran awal ke nomor BRIVA (virtual account)

- Notifikasi rekening terbentuk melalui email

- Berikutnya buat username, password dan PIN untuk akun BRImo (internet banking)

- Rekening kamu telah aktif dan bisa digunakan untuk transaksi finansial di BRImo

 

Ayo download aplikasi BRImo melalui Google Playstore atau Appstore supaya rencana menabung kamu bisa semakin cepat tercapai ya.