Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Buka Puasa Bersama: Ajang Menjalin Silaturahmi Antar Teman Lama

Buka Puasa Bersama: Ajang Menjalin Silaturahmi Antar Teman Lama

2021-04-27 09:48:40

Bulan Ramadan adalah momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Wah, rasanya senang sekali ya bisa kembali bertemu bulan suci tahun ini. Kamu harus memanfaatkan momen berharga ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Salah satu kegiatan menyenangkan dan penuh berkah di bulan Ramadan yang tak boleh dilewatkan adalah buka puasa bersama.

Mau tahu apa saja manfaat buka bersama di Bulan Ramadan dan tips-tips agar rencana bukber berjalan lancar? Mari simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini!

Menjalin dan Memperkuat Tali Silaturahmi

Manfaat utama buka puasa bersama yang pasti kamu rasakan adalah menjalin dan memperkuat tali silaturahmi. Banyak orang hanya bisa bertemu keluarga besar, sahabat lama, atau rekan bisnis pada momen buka bersama karena rutinitas yang super sibuk. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu melewatkan undangan buka bersama di bulan Ramadan, ya.

Menjalin silaturahmi adalah hal penting yang patut dilakukan seluruh umat muslim lho. Bahkan pada kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial pun kita dituntut untuk berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan sesama umat manusia. Dalam mencapai tujuan dan keinginan, seseorang biasanya membutuhkan bantuan, baik dalam bentuk tenaga maupun dukungan moral. Hal ini membuktikan bahwa kita berkomunikasi satu sama lain karena memiliki akal budi dan perasaan sehingga budaya menjaga tali silahturahmi menjadi salah satu wadah bersosialisasi oleh umat muslim.

Silahturahmi di bulan Ramadan tak hanya memberikan keuntungan secara sosial seperti menjaga tali kekeluargaan, umur panjang, rezeki lancar, sehat mental dan jasmani tetapi juga memberikan keuntungan secara spiritual seperti mendekatkan diri dengan yang Maha Kuasa serta diberikan pahala besar yang berlimpah.

Meningkatkan Intensitas Komunikasi dengan Orang-Orang Terdekat

Kesibukan sehari-hari kerap membuat banyak orang jadi jarang berinteraksi dengan orang-orang terdekat. Yang dulunya akrab banget, sekarang malah jarang saling sapa. Jangan sampai deh tali silaturahmi terputus hanya karena sibuk dengan kegiatan masing-masing. Acara buka bersama patut digagas secara rutin untuk meningkatkan intensitas komunikasi dengan orang-orang terdekat. Momen santai ketika buka puasa bersama bisa dimanfaatkan untuk menjalin keakraban yang sempat merenggang. Pokoknya kamu bisa seru-seruan selama bukber, bahkan bisa melupakan sejenak masalah-masalah yang sedang kamu hadapi. Kedengarannya seru banget ya, jadi tak sabar kan ingin bukber.

Mengisi Waktu Senggang dengan Cara yang Positif

Pernahkah kamu bingung ingin melakukan apa saat menunggu waktu berbuka puas?

Ngabuburit tentu terasa lama dan membosankan bila kamu tidak melakukan apa-apa. Namun, lain halnya kalau kamu ngabuburit bersama orang-orang terdekat saat bukber. Buka bersama pasti bikin kamu lebih excited menyiapkan segala sesuatu sebaik mungkin. Jadi, lebih baik kamu merencanakan acara bukber yang seru daripada harus ngabuburit sendirian.

Menjadi Ajang Berbagi Rezeki

Tak banyak yang menyadari kalau buka puasa bersama juga bisa menjadi ajang untuk berbagi rezeki. Kamu bisa mengenal bisnis yang dikelola orang-orang terdekat ketika bersilaturahmi di acara bukber. Selain itu, kamu juga dapat menjalin kerja sama yang menguntungkan dengan kerabat yang lama tidak berjumpa denganmu. Bukan mustahil jika pintu rezeki akan terbuka lebar kalau kamu aktif menjalin silaturahmi di bulan Ramadan. Oh iya, rezeki kan tak melulu soal uang, ya. Siapa tahu kamu juga bertemu calon jodohmu saat mengikuti acara buka bersama. Kamu pasti jadi makin bersemangat menjalani ibadah puasa bila sudah bertemu calon jodoh di bulan suci ini.

Tips Agar Buka Puasa Penuh Berkah di Masa Pandemi

Jika kamu berencana mengadakan buka bersama keluarga besar, saudara jauh, para sahabat, atau rekan kerja, tentu saja kamu harus merencanakannya secara matang. Buka puasa bersama di masa pandemi memang bikin kamu harus ekstra cermat menjaga kesehatan dan kebersihan. Jadi, sebaiknya kamu mengikuti tips-tips ini agar rencana bukber berlangsung mulus:

Mengadakan Acara Bukber di Tempat yang Tepat

Di masa pandemi, buka puasa bersama di rumah sebenarnya merupakan pilihan terbaik karena lebih praktis dan kebersihannya terjamin. Rumah yang akan dijadikan tempat buka puasa bersama harus dibersihkan semaksimal mungkin dan disemprot disinfektan. Namun, tak jadi masalah kok kalau tak ada rumah yang cukup besar untuk dijadikan tempat bukber. Acara tetap bisa dilakukan di restoran atau tempat umum lainnya dengan memperhatikan beberapa hal ini:

- Memilih tempat yang strategis (mudah dijangkau), areanya luas, dan suasananya nyaman.
- Memprioritaskan tempat bukber yang menjalankan prosedur kesehatan secara ketat. Tempat bukber ini biasanya tidak terlalu ramai sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan risiko wabah penyakit menular.
- Menyediakan paket acara bukber yang harganya terjangkau sehingga tidak membebani para peserta.

Mengutamakan Menu Bukber yang Sehat

Bukber di masa pandemi bukan hanya wajib mematuhi protokol kesehatan. Lebih dari itu, kamu juga mesti teliti mengutamakan menu bukber yang sehat. Jangan hanya tergiur memilih menu-menu manis untuk acara bukber, ya. Pastikan bahwa kamu memilih menu bukber yang kaya kandungan vitamin, mineral, serat, dan tidak mengandung kalori berlebihan. Sehingga para peserta bukber akan tetap sehat usai menikmati momen silaturahmi yang menyenangkan.

Menghindari Ghibah saat Bukber

Salah satu hal yang paling sulit dihindari saat mengikuti buka bersama adalah ghibah. Ketemu teman lama atau saudara memang bikin siapa pun jadi rentan membahas tentang orang lain. Ups, jangan sampai bukber cuma jadi ajang ghibah yang mengurangi pahala puasa, ya. Untuk menghindari kecenderungan ghibah, sebaiknya tim bukber menggagas acara seru seperti games dan tukar kado. Maka momen bukber pun akan berlangsung menyenangkan tanpa mengurangi makna ibadah puasa.

Memprioritaskan Ibadah Sebelum Ramah Tamah

Momen bukber memang identik dengan kegiatan ramah tamah antar para peserta. Namun, bukan berarti hal tersebut boleh membuatmu lalai menunaikan ibadah, ya. Setelah buka puasa dengan makanan ringan, sebaiknya acara dilanjutkan dengan salat magrib terlebih dahulu sebelum berlanjut ke acara lainnya. Bila acara bukber berdurasi panjang, ibadah salat tarawih berjamaah juga patut dilakukan di sela-sela ramah tamah.

Sekarang, buka puasa bersama di restoran atau mall jadi makin praktis sejak ada kode QR di aplikasi BRImo. Aplikasi mobile banking BRI ini memang selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhanmu di zaman modern. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu tinggal buka aplikasi BRImo, masukkan username dan password, pilih fitur QR, lalu pilih rekening sumber dana. Selanjutnya, tunjukkan kode QR ke kasir atau alat scanner berbasis Customer Presented Mode (CPM). Proses pembayaran pun selesai saat kode QR berhasil di-scan.

Kemudahan transaksi dengan kode QR BRImo akan menghemat waktumu saat melakukan pembayaran. Mulai sekarang, yuk manfaatkan kemudahan tersebut supaya transaksi di berbagai merchant jadi aman dan menyenangkan.