Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Ikuti 5 Tips Berikut Ini Sebelum Memutuskan untuk Beli Rumah Atau Apartemen

Ikuti 5 Tips Berikut Ini Sebelum Memutuskan untuk Beli Rumah Atau Apartemen

2020-02-20 16:45:15

Baik rumah atau apartemen sama-sama menjadi hunian yang banyak dipertimbangkan untuk dimiliki oleh sebagian orang. Namun, sulitnya mencari tempat yang cocok karena terbatasnya lahan, khususnya di daerah perkotaan menjadi suatu dilema tersendiri.

Sebenarnya beli rumah atau apartemen memiliki keuntungannya masing-masing. Salah satu keuntungan memiliki rumah, yakni membeli rumah berarti membeli lahan juga dan rumah cenderung mudah dijual kembali.

Sementara keuntungan membeli apartemen, yakni biasanya lokasinya strategis dan dekat dengan perkantoran serta tempat fasilitas publik lainnya, fasilitas lebih komplet. Jika Anda masih bingung memilih antara beli rumah atau apartemen, berikut 5 tips yang perlu diperhatikan.

Lokasi dan Fasilitas Hunian

Lokasi menjadi faktor pertimbangan jika ingin membeli rumah atau apartemen. Alasannya karena nantinya sangat berdampak bagi waktu dan jarak dari tempat tinggal ke kantor.  Pada umumnya rumah lokasinya terletak di pinggiran kota dan cenderung jauh dari pusat kota. Salah satu alasannya karena harga tanah yang tinggi di daerah perkotaan. Tapi, jika apartemen biasanya berada dekat dengan pusat kota.

Pertimbangkan juga fasilitas yang ada di sekitar rumah atau apartemen incaran. Apakah posisinya dekat dengan fasilitas publik, misalnya arena bermain, sekolah, rumah sakit, supermarket, taman, dan fasilitas publik lainnya.

 

Ketahui Status Hak Milik Apartemen dan Rumah

Sebelum beli rumah atau apartemen Anda harus cari tahu status hak milik rumah atau apartemen terlebih dulu. Periksa status legalitas properti. Untuk rumah, harus memiliki sertifikat Surat Hak Milik (SHM). Sedangkan apartemen, harus memiliki sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) dengan batas waktu penggunaan 20 tahun.

Harga Hunian

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, tentu harga menjadi pertimbangan khusus. Baik harga rumah maupun apartemen pastilah berbeda. Rumah cenderung lebih mahal bila dibandingkan apartemen. Baik harga rumah di kota maupun pinggiran kota.

Pikirkan Biaya Perawatan dan Keamanan

Dalam beli rumah atau apartemen, Anda harus mempertimbangkan proses dan biaya perawatannya sehari-hari. Jika memutuskan beli rumah, Anda harus siap menanggung segala keperluan dan kebutuhan rumah. Sedangkan jika Anda lebih memilih membeli apartemen, pengelola yang akan mengurus  pemeliharaan hunian dan biasanya jumlah nominal biaya yang dihabiskan berdasarkan ketentuan pengelola apartemen.

Dari sisi keamanan juga perlu dipikirkan, apakah rumah atau apartemen rawan terkena bencana alam, seperti banjir, gempa, dekat bandara, dan lain sebagainya.

Pilih Rumah atau Apartemen Sesuai dengan Kebutuhan

Terakhir, pastikan dalam menentukan beli rumah atau apartemen disesuaikan dengan kebutuhan Anda ya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memanfaatkan dengan maksimal hunian dan fasilitas yang sudah ada di sana.

Beli Rumah atau Apartemen dengan KPR bank BRI         

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk beli rumah atau apartemen, salah satunya adalah dengan memanfaatkan KPR BRI. Layanan dari BRI ini bisa menjadi solusi jika ingin memiliki hunian baik apartemen, condotel, rumah tinggal, ruko atau rukan baik pembelian baru, bekas, pembangunan, renovasi, refinancing, top up, dan take over atau take over top up yang berasal dari bank lain.

Keuntungan menggunakan KPR Bank BRI, yakni proses pengajuan pinjaman mudah dan cepat, biaya pengajuan kredit ringan dengan suku bunga kompetitif, pilihan suku bunga yang kompetitif dan beragam, jangka waktu tenor hingga 20 tahun, uang muka mulai dari 10%, dan masih banyak keuntungan KPR BRI lainnya. Jika ingin mengetahui keuntungan lain dan persyaratan KPR BRI, silakan kunjungi https://bri.co.id/kpr-bri.