Back to top

PROMO DETAIL BANK BRI

Alasan Pulsa Handphone Cepat Habis dan Cara Menghematnya

Alasan Pulsa Handphone Cepat Habis dan Cara Menghematnya

2021-09-14 14:20:10

Dua dekade belakangan ini, pulsa telah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Manfaat pulsa sangat penting untuk menunjang aktivitas komunikasi, mencari informasi di internet, mendukung proses belajar, bekerja, dan berbisnis, serta mengakses sarana hiburan. Kendati demikian, penggunaan pulsa harus dilakukan secara cermat agar tidak membuat pengeluaranmu semakin boros. Sebelum mempelajari cara menghemat pulsa handphone, maka kamu harus mengenali alasan pulsa cepat habis terlebih dahulu. Yuk, simak ulasan ini supaya kamu makin bijak menggunakan pulsa mulai sekarang.

Penyebab Pulsa Handphone Cepat Habis

Beberapa hal sepele yang sering tidak disadari sehingga membuat pulsa handphone cepat habis, antara lain:

Sering Melakukan Panggilan Telepon

Alasan pertama yang membuat pulsa handphone cepat habis adalah intensitas panggilan telepon yang tinggi. Semakin sering kamu menelepon, maka semakin cepat pula pulsamu habis. Namun, hal ini tentu tak dapat dihindari jika kamu melakukan panggilan telepon untuk hal-hal penting, misalnya urusan pekerjaan atau bisnis.

Tidak Memilih Paket Tarif yang Tepat

Jangan malas mengecek paket tarif yang kamu gunakan untuk menelepon atau mengakses internet. Paket yang kurang tepat bisa membuat pulsa jadi boros dan cepat habis. Oleh sebab itu, kamu wajib memilih paket sesuai kebutuhan. Contohnya, memilih paket tarif telepon yang hemat ke semua operator bila sering melakukan panggilan telepon ke berbagai provider berbeda.

Sering Mengirim SMS

Sejak aplikasi chat marak digunakan para pengguna handphone, SMS memang lebih jarang digunakan. Namun, dulu SMS pernah menjadi biang keladi penyebab pulsa cepat habis. Terutama bila kamu menggunakan provider yang tidak memberikan promo SMS. Dahulu, biasa mengirim 1 SMS berkisar di angka Rp 350 sehingga kamu rentan boros kalau saling berkirim SMS terus-menerus.

Berlangganan SMS Premium

Banyak orang mengeluh pulsanya cepat habis karena tak sadar sudah berlangganan SMS premium. Kalau kamu juga sedang bermasalah dengan pulsa yang boros, sebaiknya kamu mengecek pesan masuk SMS secara cermat. Cara menghemat pulsa handphone yang mesti kamu lakukan ketika menemukan SMS premium adalah berhenti berlangganan sesegera mungkin.

Bermain Game Online

Salah satu biang keladi penyebab boros yang sulit dihindari adalah aktivitas bermain game online. Ada banyak sekali game online yang seru untuk mengisi waktu senggang. Tak mengherankan jika banyak orang lupa waktu ketika bermain game online. Kalau kuota internet yang kamu miliki sudah habis, maka pulsamu akan segera terpakai untuk mengakses game online sehingga pulsa pun jadi cepat habis.

Membuka Akses Hotspot

Ketika tak ada wifi, banyak orang berusaha meminta akses hotspot kepada orang-orang terdekat supaya bisa mengakses internet secara leluasa. Jadi, sebaiknya kamu tidak sembarangan membuka akses hotspot, ya. Akses hotspot yang digunakan beberapa handphone atau gadget sekaligus tentu membuat pulsa jadi cepat habis. Sebaiknya kamu hanya membuka akses hotspot pada kondisi yang benar-benar penting.

Menonton Tayangan Streaming

Apakah kamu suka menyaksikan tayangan streaming?

Menonton tayangan streaming memang mengasyikkan, ya. Namun, tayangan streaming ternyata juga membuat pulsa boros karena membutuhkan kuota dalam jumlah besar. Semakin panjang durasi tayangan yang kamu tonton, maka semakin besar pula kuota yang kamu butuhkan. Jadi, tak mengherankan deh jika hobi menonton tayangan streaming bisa membuat pulsa cepat habis.

Mengakses Media Sosial

Bermain media sosial sesekali saja sebenarnya tidak membuat pulsa boros. Penyebab pulsa boros adalah mengakses media sosial terus-menerus sepanjang hari, terutama konten berupa video. Sebaiknya kamu membatasi akses media sosial ketika handphone tidak sedang terhubung dengan jaringan wifi.

Menggunakan Ring Back Tone (RBT)

Salah satu penyebab pulsa cepat habis yang jarang disadari banyak orang adalah penggunaan Ring Back Tone (RBT). RBT akan diputar secara otomatis untuk orang-orang yang melakukan panggilan telepon kepadamu. Biaya berlangganan RBT berkisar antara belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah dan langsung dialokasikan dalam bentuk pemotongan pulsa. Jika pulsamu cepat habis tanpa sebab yang jelas, coba periksa ada atau tidaknya RBT pada nomor handphone-mu sehingga kamu bisa segera berhenti berlangganan RBT.

Mengaktifkan Roaming saat Telepon

Ketika kamu melakukan panggilan telepon ke luar negeri, maka handphone akan mengaktifkan fitur roaming secara otomatis. Hal ini tentu akan memicu penggunaan pulsa secara berlebihan sehingga pulsanya lebih cepat habis daripada biasanya. Sebaiknya kamu memilih paket khusus untuk menelepon ke luar negeri sehingga pulsamu jadi lebih hemat.

Cara Menghemat Pulsa Handphone yang Efektif

Jangan kesal dulu bila pulsa handphone-mu sering habis dan bikin kamu boros. Mulai sekarang, kamu bisa melakukan beberapa cara menghemat pulsa handphone berikut ini:

Memanfaatkan Wifi Semaksimal Mungkin

Wifi memang selalu menjadi kebutuhan utama para pengguna gadget. Kamu jadi bebas menelepon, browsing, dan melakukan sinkronisasi software gadget jika menggunakan wifi. Tak hanya bisa digunakan secara gratis, akses wifi biasanya juga memiliki kecepatan yang lebih unggul daripada paket data dari provider. Oleh sebab itu, kamu harus cermat memanfaatkan wifi semaksimal mungkin untuk aktivitas mobile yang butuh kuota internet besar, misalnya menonton tayangan streaming, download aplikasi, atau bermain game online.

Menggunakan Kuota Internet untuk Telepon

Kuota internet yang melimpah nyatanya juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat pulsa. Caranya, gunakan aplikasi chat untuk melakukan panggilan telepon. Kini beragam aplikasi chat memiliki fitur telepon gratis jika terhubung dengan koneksi internet. Dengan cara ini, pun tidak perlu mengeluarkan pulsa hanya untuk menelepon. Panggilan telepon dapat dilakukan dalam waktu lama tanpa memboroskan kuota internet.

Menonaktifkan Sistem Sinkronisasi Otomatis

Handphone yang sistemnya sinkronisasinya aktif akan melakukan update software secara otomatis ketika terhubung dengan internet. Hal ini tentu membuat kuota internet jadi cepat habis hingga menyebabkan pemotongan pulsa yang tidak disadari. Jadi, usahakan untuk melakukan sinkronisasi ketika handphone sedang terhubung dengan jaringan wifi supaya tidak menyebabkan pemborosan pulsa maupun kuota internet.

Meminimalkan Akses Tayangan Streaming dan Media Sosial

Mengakses media sosial atau menonton tayangan streaming memang ampuh membunuh rasa bosan. Namun, tanpa disadari akses media sosial juga bisa membuat kuota internet cepat menipis bahkan rentan menyebabkan pemotongan pulsa jika kuota sudah habis. Solusinya, kurangi intensitas akses media sosial dan tayangan streaming setiap hari. Kamu hanya perlu mengecek media sosial pada waktu tertentu agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

 

Mulai sekarang, yuk lakukan cara menghemat pulsa handphone yang benar supaya kamu tak kewalahan mengatasi pulsa yang cepat habis. Kalau ingin beli pulsa secara praktis, kamu bisa mengandalkan aplikasi BRImo. BRImo tak hanya bermanfaat untuk mengecek saldo dan melakukan transfer saja. Layanan mobile banking BRI ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan dan membeli pulsa. Caranya, login dulu ke BRImo lalu pilih menu pulsa / data. Selanjutnya, masukkan nomor HP yang akan diisi pulsa kemudian klik Lanjut. Jika nomor HP yang tertera di layar smartphone sudah benar, pilih nominal, pilih sumber dana (apabila lebih dari satu), masukkan pin. Maka nomor HP-mu akan segera terisi pulsa dan kamu pun dapat membeli paket kuota data internet sesuai kebutuhan.

Sebagai pengguna handphone pintar, kamu juga harus bertindak cerdas dalam memanfaatkan teknologi sekaligus menghemat pulsa, ya. Pastikan kalau aplikasi BRImo sudah ada di handphone-mu sehingga transaksi apapun jadi lebih mudah.